BAGIKAN

Monster Hunter World adalah game bergenre action rpg dari Capcom. Game ini merupakan instalasi ke-5 dari seri utama Monster Hunter. Dengan tingkat popularitas yang tinggi saat perilisannya pada 26 Januari 2018 lalu di Playstation 4 dan Xbox One, Capcom merilis versi PC melalui Steam mengikuti kesuksesan versi konsolnya pada 9 Agustus 2018 lalu. Di PC, game ini juga tidak kalah populer, di mana ketika baru diluncurkan game ini berhasil meraih player count sebanyak 300 ribu pemain yang online pada saat itu dan bertengger di posisi ke-4 peringkat player base Steam pada saat itu,

Berbagai content update terbaru selalu dirilis untuk game ini dan tentunya membawakan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah Tempered Monsters, yaitu versi monster yang lebih menantang dibandingkan dengan versi normalnya. Dengan menyelesaikan quest tempered monster, para hunter mendapatkan reward yang lebih baik dibandingkan dengan melawan monster biasa, baik itu dalam bentuk Jewel atau material langka yang biasanya lebih sulit didapatkan dari quest monster biasa.

Meskipun tertinggal dari versi konsol, Monster Hunter World PC terus mendapatkan content update yang konsisten, mulai dari content update pertama Deviljho sampai event terbaru yang hadir pada 18 Januari 2019 ini yaitu Extreme Behemoth. Sebuah event quest Behemoth yang sangat menantang sampai Capcom memberi embel-embel nama Extreme daripada Tempered.

Advertisement Inline

Behemoth adalah monster kolaborasi antara Monster Hunter World dan Final Fantasy XIV. Bila Anda familiar dengan seri Final Fantasy tentunya sudah tidak akan asing dengan Behemoth, seekor monster yang besar dan memiliki berbagai kemampuan sihir mematikan yang terinspirasi dari mitologi Ibrani.

Melawan Behemoth di Monster Hunter World tidaklah mudah. Pemain harus berhadapan dengan serangan sihir dari Behemoth berupa Meteor, Charybdis, Lightning, Comet, dan yang paling mematikan Ecliptic Meteor, sebuah serangan yang mampu menghabisi HP dalam 1 serangan. Behemoth juga memiliki sebuah ‘kemampuan khusus’ berupa Enmity. Jika Anda mengenal MMORPG, enmity adalah kondisi ketika Behemoth ter-‘provoke’ oleh seorang pemain yang terus menerus menyerang kepalanya dan sang monster akan memfokuskan serangannya pada seorang pemain itu. Selain sihir, meskipun ukuran badan Behemoth sangatlah besar, dia memiliki serangan fisik yang sangat gesit berupa Body Charge, Spin Attack, dan serangan Grab yang memberikan status Bleeding pada korbannya.

Jadi bayangkanlah semua keganasannya, mulai dari sihir, kemampuan khusus, dan serangan fisik yang mampu dilakukan Behemoth, tetapi kemampuannya ditingkatkan 10x lebih menantang. Maka yang akan Anda hadapi adalah seekor monster yang jadi mimpi buruk semua hunter.

Saya sendiri telah menyelesaikan event quest ini setelah melakukan sekitar dua puluh kali percobaan dan inilah yang bisa saya sampaikan dalam ulasan ini.

Prepare Your Party

©Capcom

Pertarungan dengan Behemoth di Monster Hunter World memiliki beberapa mekanik khusus yang berbeda dengan monster-monster lainnya di game ini. Para pemain disarankan untuk membawa party yang terdiri dari healer, tank, dan DPS yang berbeda dari perburuan monster pada biasanya. Meskipun beberapa role seperti itu tidak terlalu disarankan pada quest Behemoth biasa, di perburuan Extreme Behemoth role party seperti ini adalah kewajiban karena besarnya damage serangan yang dihasilkan oleh Behemoth dan serangan sihirnya yang lebih acak memerlukan seseorang untuk menjadi tank untukmenarik perhatian sang monster dengan cara memukul kepala Behemoth terus menerus.

  • Healer yang bisa diandalkan adalah seseorang yang memiliki skill wide-range dengan senjata sword and shield atau hunting horn, meskipun hunting horn lebih disarankan karena senjata tersebut dapat memberikan buff kepada hunter lainPlayer healer juga disarankan untuk membawa adamant seed dan astera jerky untuk menghilangkan debuff defense down dan bleeding dari serangan Extreme Behemoth.
  • Player tank dibutuhkan untuk menarik kondisi enmity dari Behemoth. Sangat disarankan untuk menggunakan senjata yang memiliki perisai seperti lance, gunlance, dan kalau Anda ingin lebih tantangan lebih bisa gunakan sword and shield dan heavy bowgun yang dipasangi shield. Dua opsi terakhir sangat tidak disarankan jika Anda hanya ingin sekedar menyelesaikan quest ini.

Careful with Magics and Conserve your Flash Pod

©Capcom

Extreme Behemoth pada umumnya memiliki sihir yang sama dengan Behemoth biasa, hanya saja lebih berbahaya dari serangan sihir Behemoth biasa dan sang monster lebih sering menggunakan sihir yang sama berkali-kali. Perbedaan sihirnya adalah :

  • Meteor: Behemoth memanggil 3 meteor sekaligus dan mengincar 3 orang secara acak, pemain yang terhantam oleh Meteor akan mendapatkan debuff berupa defense down jadi siapkanlah adamant seed dan adamant pill atau gunakan skill Iron Skin.
  • Charybdis: Casting time untuk Charybdis dikurangi, sehingga Behemoth bisa lebih cepat menggunakan sihir ini. Bila Anda diincar oleh Charybdis sebisa mungkin larilah ke dekat tembok sehingga angin tornado dari Charybdis tidak akan mengganggu pertarungan Anda.
  • Comet: seperti Charybdis, casting time juga dikurangi jadi berhati-hatilah dalam mengarahkan di mana comet akan mendarat. Dan tidak seperti Behemoth biasa, di sini sang monster hanya menggunakan comet sekitar 1-2 kali.

Untuk sihir dan serangan fisik lainnya tidak ada yang terlalu berbeda. Serangan tersebut hanya menghasilkan damage yang lebih besar. Dan perlu diingat juga Extreme Behemoth hanya bisa dibutakan dengan flash pod sebanyak 2 kali, jadi simpanlah kesempatan itu untuk keadaan darurat.

The Crucial 3rd and 4th Area

©Capcom

Pertarungan Extreme Behemoth berlangsung sepanjang empat area berbeda, sama seperti Behemoth biasa di mana sang monster menggunakan Ecliptic meteor sebagai transisi di tiap area. Tetapi di area ke-3 dan ke-4 Anda harus melakukan objektif tertentu yang sangat penting untuk keselamatan Anda sendiri.

  • Di area ke-3 Anda harus mengasilkan damage tertentu dalam waktu yang terbatas. Jika Anda tidak bisa menghasilkan damage yang cukup maka Behemoth akan menggunakan Ecliptic meteor tanpa menjatuhkan comet terlebih dahulu, jadi Anda tidak memiliki tempat berlindung di belakang comet.
  • Di area ke-4 perlu Anda ketahui Behemoth akan menggunakan sihirnya terus-menerus dan sangat menyebalkan (setidaknya untuk saya). Di area ke-4 sang monster akan menggunakan Ecliptic meteor sebanyak 3 kali sebelum tumbang dan masing-masing memiliki semacam batas damage tertentu yang harus Anda hasilkan ke Behemoth. Berhati-hatilah dengan damage yang Anda hasilkan. Jika terlalu besar maka dia akan menjatuhkan Ecliptic meteor ke-2 tanpa menjatuhkan Comet terlebih dahulu.

Sweet Reward

©Capcom

Jadi apa Anda dapat setelah berhasil mengalahkan Extreme Behemoth? Selamat! Anda berhak mendapatkan Dragoon Layered Armor dan Warrior of Light title untuk guild card Anda. Layered armor yang satu ini tidak berbeda dari versi armor-nya sendiri, tetapi Anda bisa terlihat keren dengan penampilan set Dragoon selama Anda menggunakan armor set campuran yang terlihat berantakan.

Secara keseluruhan quest Extreme Behemoth sangatlah menantang dan menguji kemampuan Anda sebagai hunter, butuh sebuah kerjasama tim yang solid dan kesabaran yang tinggi. So have fun and happy hunting!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.