BAGIKAN
©GAF Project/Kadokawa

Sinopsis

Makhluk terbang misterius bernama Zai menyerang umat manusia. Untuk melawan invasi Zai, mereka membuat pesawat tempur berkemampuan khusus yang dijuluki “Daughter”. Pesawat ini dikendalikan oleh Anima, yaitu automata yang menyerupai gadis manusia. Cerita anime ini mengisahkan tentang tokoh utama, Kei yang ingin dapat terbang dan gadis Anima bernama Gripen.

Komentar

KAORI Newsline – Karim Ibrahim

Kesukaan saya terhadap pesawat terbang sudah ada sejak memainkan game Ace Combat di konsol Playstation 2 (PS2). Setelah menonton teaser Girly Air Force, ketertarikan saya muncul untuk mengikuti serinya.

Di episode pertama anime Girly Air Force memang tidak menampilkan porsi durasi pertempuran yang lama. Dimulai dari penyerangan oleh makhluk atau entitas terbang asing yang menyerang kapal pengungsi dari Cina di laut sebelah timur dari negara tersebut. Kei bersama teman masa kecilnya Minghua sempat melakukan evakuasi dengan kapal pod. Satu hal yang mungkin tidak terbesit bagi penonton yang mengetahui bahwa perahu sekoci biasanya digunakan untuk evakuasi.

Advertisement Inline

Jika ingin mengetahui kemampuan dan informasi pesawat jet sesungguhnya, anime ini kurang cocok untuk diikuti. Penggemar Ace Combat mungkin mentolerir hal tersebut karena ada pesawat dan teknologi fiktif seperti penggunaan senjata laser. Aksi pertempuran dimulai ketika kapal kelas perusak Cina yang dilengkapi anti-air-missile menjadi sitting duck (baca: tidak berdaya) terhadap kemampuan mahkluk asing terbang Zai. Bahkan bala bantuan pesawat Chengdu J-7 pun dipencundangi dalam kemampuan manuver maupun elektonik. Setelah Gripen mengalahkan Zai, pesawat tersebut kehilangan daya dorongnya dan jatuh di perairan dan mengapung. Dengan setengah sadar Gripen pun mencium Kei. Suatu awal yang klise yang mengingatkan saya pada anime Darling in the FranXX.

Terlalu dini untuk berspekulasi terhadap perkembangan dari segi romance antar karakter. Sikap Minghwa yang bossy terhadap Kei juga ditampilkan sewajarnya dan tidak menampilkan cringe yang berlebih. Di episode ini juga belum muncul gadis Anima lain seperti Eagle dan Phantom. Untungnya, Episode pertama ini menjelaskan sisi teknis pertempuran dari kemampuan Zai dan Gripen. Teknologi tersebut diantaranya HiMAT adalah teknologi pesawat manuver berkemampuan tinggi. Itulah mengapa Anima seperti Gripen memang bukan manusia biasa atau bahkan bukan manusia. Dengan kemampuan tinggi manuver tersebut, manusia biasa tidak akan sanggup mengalami  tekanan gaya 9G terus-menerus bahkan lebih apalagi dengan flight suit tanpa peralatan tambahan yang mengurangi efek tersebut. Selain itu, kontrol atas pesawat tersebut bukan dibuat secara konvensional yang ada pada pesawat tempur biasa. Salah satu teknologi lainnya EPCM, yang  dapat mengecoh misil yang diperlihatkan pada bagian awal episodenya.

Kesan cerita yang  generik memang terlihat pada episode pertama ini. Art dan aksi-nya ditampilkan dengan baik oleh studio Satelight yang juga menangani seri Symphogear dan Macross Delta. Seri ini cocok bagi yang suka “anime gadis angkatan bersenjata” lainnya seperti High School Fleet dan Girl und Panzer.

Fakta dan Data

Judul lainガーリー・エアフォース (Jepang)
Karya AsliNovel Ringan karya Natsumi Kouji
Pengisi SuaraMorishima Yuuka sebagai Gripen
Osaka Ryuta sebagai Narutani Kei
Ohwada Hitomi sebagai Eagle
Izawa Shiori sebagai Phantom
Lynn sebagai Song Minghua
SutradaraOno Katsumi
Penulis SkenarioNagai Shingo
Desain KarakterImanishi Tooru
Lagu PembukaBreak the Blue!!” oleh Run Girls, Run!
Lagu Penutup
Colorful☆Wing” oleh Gripen (Yuuka Morishima), Eagle (Hitomi Ohwada), Phantom (Shiori Izawa)
StudioSatelight
Situs Resmihttp://gaf-anime.jp/
Twitter@GAF_anime
Mulai Tayang Pada10 Januari 2019 (1500 GMT/ 2100 WIB / 2300 JST)

 

Screenshot dan Video Trailer

©GAF Project/Kadokawa
©GAF Project/Kadokawa
©GAF Project/Kadokawa
©GAF Project/Kadokawa
Anime girly air force
©GAF Project/Kadokawa

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.