BAGIKAN

Apakah Anda fans komik Jepang ingin membaca komik Jepang secara online secara legal dan tidak berbayar? Kabar gembira bagi kamu sekalian pencinta manga Jepang, Shueisha sekarang telah merilis sebuah aplikasi baca komik online yang gratis dan tidak ilegal bagi pengguna khusus ponsel iOS maupun Android secara global!

MANGA Plus adalah sebuah aplikasi layanan manga online yang dibuat oleh Shueisha (penerbit majalah komik Shonen Jump, Jump Square, dan Shonen Jump+). Aplikasi ini telah dirilis sejak 28 Januari 2018 lalu untuk seluruh dunia (kecuali untuk Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan yang sudah memiliki layanan komik online dan legalnya sendiri). Untuk saat ini, aplikasi komik online ini sudah tersedia dalam Bahasa Inggris, versi Bahasa Spanyol untuk pembaca di wilayah Amerika Latin dan Eropa direncanakan akan diluncurkan antara bulan Februari dan Maret nanti.

Hingga artikel ini ditulis, aplikasi MANGA Plus akan memiliki 50 judul komik yang dapat dibaca oleh para fans, dengan 13 judul di antaranya sudah tamat dan selesai. Beberapa judul komik lainnya rencananya akan ditambahkan seiring berjalannya waktu. Yang menarik, chapter terbaru dari beberapa judul komik yang tersedia di aplikasi ini akan dirilis bersamaan dengan jadwal terbit komiknya di Jepang. Salah satu contohnya adalah komik My Hero Academia dan Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai!

Advertisement Inline

Aplikasi Manga Plus sudah bisa diunduh secara gratis baik di App Store (iOS) maupun PlayStore (Android). Anda bisa membaca beberapa chapter manga, baik dari chapter pertama sampai ke chapter yang terakhir terbit secara gratis. Aplikasi ini dilengkapi dengan selingan iklan didalamnya, di mana pemasukan dari iklan tersebut akan disalurkan kepada penggarang komiknya. Selain melalui iklan, Anda bisa membeli secara judul komik edisi tertentu yang dirilis dalam format kompilasi (tankoubon)

Jauh sebelum Shueisha merilis aplikasi MANGA Plus, penerbit Viz Media juga merilis aplikasi serupa buatan dengan menghadirkan beberapa judul komik dari majalah Shonen Jump. Aplikasi ini dirilis pada bulan Desember 2018. Berbeda dengan MANGA Plus, aplikasi buatan Viz ini hanya tersedia di beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irelandia, Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, Filippina, Singapura, dan India. Selain itu, di aplikasi MANGA Plus juga tersedia berbagai judul komik yang dirilis selain di majalah komik Shonen Jump. Beberapa di antaranya adalah judul komik yang belum pernah dirilis secara resmi dalam Bahasa Inggris.

Berikut ini judul komik yang bisa kamu baca di Aplikasi MANGA Plus ini.

Yang masih berlanjut:
‌ONE PIECE
Yakusoku no Neverland
‌Jujutsu Kaisen – Sorcery Fight
‌My Hero Academia
‌Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
‌Haikyu!!
‌Black Clover
‌Chainsaw Man
‌Hinomaru Sumo
Shokugeki no Soma
‌ne0;lation
‌I’m From Japan
‌Teenage Renaissance! David
‌BORUTO
Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai
‌Dr. Stone
‌act-age
‌Hunter × Hunter (terhenti sementara)
‌Hell Warden Higuma
‌Seraph of the End: Vampire Reign
‌Blue Exorcist
‌Platinum End
‌World Trigger
‌Dragon Ball Super
‌Yu-Gi-Oh! Arc-V
‌Terra Formars
‌Jigokuraku
‌Summertime Render
‌Nano Hazard
‌The Sign of Abyss
‌Blue Flag
‌Abyss Rage
‌LAND ROCK
‌Soloist in A Cage
Kaien no Bell de Oyasumi
Kono Koi wa Kore Ijō Kirei ni Naranai
‌Dricam!!
‌Moon Land

Yang telah tamat:
‌NARUTO
‌Bakuman.
‌Rosario + Vampire
‌Nisekoi
‌Claymore
‌Tokyo Ghoul
‌ONE PIECE Part 1
‌Assassination Classroom
‌DEATH NOTE
‌DRAGON BALL
‌Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story
‌Bleach
‌JoJo’s Bizarre Adventure

KAORI Newsline | Sumber: Anime News Network

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.