BAGIKAN

peluncuran-grey-jingga
Editor komik KOLONIGupta Mahendra S bersama komikus  Sweta Kartika dalam acara peluncuran Grey & Jingga.

Pada Jumat (12/7) telah dilaksanakan peluncuran versi cetak dari komik romantis karya Sweta Kartika, Grey & Jingga – The Twilight oleh penerbit KOLONI.

Komik ini menceritakan kisah cinta Grey dan Jingga, teman masa kecil yang kehilangan kontak namun bertemu kembali kemudian di kampus yang sama. Grey kini adalah mahasiswa jurusan seni musik, sementara Jingga mahasiswi yang aktif di kegiatan teater. Baik Jingga dan Grey sama-sama menaruh hati, tapi karena berbagai hal, keduanya tak pernah secara langsung menyatakan perasaan mereka kepada yang lain. Sampai akhirnya Jingga duidekati Martin, sosok yang terlihat ideal bagi Jingga. Jingga berharap Grey menunjukkan kecemburuannya dan merebut hatinya dari Martin, namun Grey yang tak mudah menunjukkan emosinya, malah terjebak dalam dilema dengan cintanya yang lama.

Advertisement Inline

Sikap jaim, jaga image baik pada tokoh Grey maupun Jingga (tsundere, ketus namun sesungguhnya suka), tentunya merupakan hal yang bisa diidentifikasi oleh kalangan remaja.

Sweta Kartika, sang komikus, mengawali komik ini dari keisengannya di laman Facebook miliknya. Karya Sweta mendapat sambutan positif dari pada pembaca dan ditunggu kelanjutannya. Sejak Oktober 2012, Sweta mengunggah komik Grey & Jingga setiap Senin dan Kamis sampai musim pertamanya tamat pada awal Januari 2014.

Bukan hal mudah bagi Sweta untuk konsisten mengunggah komik Grey & Jingga. Pengalaman dan cerita teman-temannya yang membuat Sweta tidak kehabisan ide.

“Tidak harus kita menulis fantasi atau khayalan. Gali dan kembangkan apa yang ada di sekitar kita,” tuturnya dalam acara peluncuran ini.

Selain itu, bagi Sweta hal paling penting dalam pengembangan komik adalah kekuatan cerita dan karakter.

“Apa komik Shinchan punya gambar yang bagus? Tapi mengapa laris? Karena intinya ada pada cerita yang disampaikan.”

Ia juga menjawab keyakinannya dalam menyikapi kasus pembajakan. Ia menyerukan pentingnya mengubah tantangan menjadi peluang.

“Jangan khawatir soal pembajakan, toh ada komik yang awalnya dimulai dari internet, setelah terbit versi cetak, justru dicari-cari orang.”

FAKTA & DATA GREY & JINGGA :

Judul Buku : Grey & Jingga: The Twilight
Penulis : Sweta Kartika
Penerbit : m&c
Tebal : 200 Halaman
Tahun Terbit: 2014
Harga: Rp 28,000

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.