BAGIKAN

Baru-baru ini para warganet fans JKT48 di media sosial Instagram, terutama fans Anin dibuat geram oleh akun palsu yang mengatasnamakan Anin JKT48. Kasus ini mulai menjadi sorotan ketika sang member yang memiliki nama lengkap Aninditha Rahma Cahyadi ini mengunggah curahan hatinya di akun instagram resmi JKT48 pribadinya lewat fitur Instagram Story.

“Halo aku pengen sharing aja nih…

 Udah dari lama ada beberapa temen aku dari Palembang chat pribadi aku, mereka tanya ‘ini Instagram kamu Nin?’ Sambil menunjukkan Instagram fake account gitu. 

Advertisement Inline

Terus aku jawab “bukan. Instagram aku cuma Instagram official JKT48. Kalo mau follow itu aja” 

Tapi beberapa temen aku di Palembang sempat chat-chatan sama IG fake account yang bernamakan aku dan fotonya juga foto aku. 

Awalnya aku diemin aja, mungkin itu orang cuma iseng. 

Tapi lama kelamaan, aku mencoba search IG fake ini dari akun JKT48 aku dong.. dan hasilnya ga ada (berarti aku diblok)

Terus aku pikir fine, aku bakal lihat IG fake account itu dari IG teman2 aku yang di Palembang.

Dari situ aku bisa lihat siapa aja yang dia follow, ternyata dia follow semua teman2 aku yang ada di Palembang maupun non Palembang. Dan mereka semua mem followback IG fake itu. 

Dan hal yang aku takutin adalah.. aku takut IG fake account beratasnamakan aku itu bisa disalahgunakan atau SUDAH disalahgunakan dengan dia ngepost foto aku dan beberapa teman2 aku comment di fotonya dan dia membalasnya, share Instagram story yang mungkin dia bisa ambil dari Instagram official JKT48 aku seakan-akan itu adalah aku.

Mungkin ini terlihat biasa bagi kalian, karena kalian pikir ini adalah salah satu efek samping karena aku adalah ‘public figure’ 

Tapi coba kalian pikir, banyak teman2 ku yang menjadi korban penipuan kan? Mereka berpikir itu adalah aku? Gimana kalo dia chat yang aneh2 ke orang dan mengatasnamakan aku? 

Dampaknya akan terkena langsung ke aku, padahal itu bukan tindakan yang aku lakukan, itu sangat bisa merugikan diriku…. Buat kalian yang suka bikin account fake menggunakan identitas orang lain, tindakan tersebut bisa berujung ke ranah hukum.”

Instagram story AninJKT48

Setelah mengunggah Instagram Story mengenai kasus ini, banyak akun fanbase yang menyebarkan berita ini. Salah satunya akun instagram fanbase @officialteamanin. Alhasil, banyak masukan semangat dan dukungan yang dikirimkan oleh fans untuk menghibur Anin. Tidak lama setelah Anin mengunggah Instagram Story tersebut, akun palsu tersebut akhirnya ditutup atas kesadaran diri si pelaku.

Seperti yang ditulis Anin JKT48 dalam unggahan Instagram Story-nya, kasus seperti ini memang bisa ditindaklanjuti ke ranah hukum sebagai tindak pidana atas tuduhan pencemaran nama baik. Bagi Anda yang suka membuat akun palsu (fake), dimohon untuk segara menghentikan segala kegiatan dari akun yang mengatasnamakan orang lain tersebut, atau bila perlu ditutup.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.