BAGIKAN
Integrasi antar moda, BRT dengan KRL
Halte Stasiun Cakung (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)

Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Ibukota, Transjakarta kembali memperluas layanan integrasi dengan moda angkutan kereta rel listrik (KRL) milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan membuka layanan menuju Stasiun Cakung dari terminal Pulo Gebang pada Sabtu (16/2). Dengan dua rute baru, Transjakarta optimis rute Stasiun Cakung dapat menambah jumlah pelanggan mereka.

Rute yang melayani hingga Stasiun Cakung terbagi menjadi 2, yaitu rute 11U dan 11T. Kedua rute ini sama-sama melayani perjalanan Stasiun Cakung hingga Terminal Pulogebang, namun yang membedakan kedua rute ini ialah pada rute 11U, Transjakarta melayani hingga wilayah Raya Bekasi Cakung Cilincing. Nantinya rute Stasiun Cakung ini beroperasi setiap hari, mulai pukul 5 pagi hingga 10 malam. Namun sayang, waktu pengoperasian yang tidak mengikuti pola waktu perjalanan Kereta Commuter Indonesia, menjadi hal yang tidak menguntungkan bagi para penumpang Kereta apabila tertinggal perjalanan bus terakhir di rute ini.

Suasana di Dalam Halte Stasiun Cakung | Foto: Farouq Adhari

Di halte Stasiun Cakung, terdapat mesin tap yang dapat melayani seluruh kartu elektronik seperti pada halte Transjakarta pada umumnya. Terdapat pula loket yang melayani pengisian ulang kartu elektronik sehingga penumpang tidak perlu repot saat kehabisan saldo pada kartu elektroniknya.

Advertisement Inline

Halte Stasiun Cakung terbilang cukup luas, penumpang dapat menunggu bus secara nyaman dan tentunya aman. dengan tarif yang sama dengan transjakarta pada umumnya, kita tidak perlu memikirkan biaya tambahan dalam perpindahan kedua moda transportasi umum kebanggan Jakarta. Satu hal yang mungkin akan menghambat masuk dan keluarnya bus Transjakarta ini yaitu kemacetan yang sering terjadi akibat perlintasan stasiun Cakung yang terkenal ramai akan kendaraan.

Akses dari dan menuju Stasiun Cakung terbilang cukup informatif, contohnya di pintu keluar stasiun terdapat papan penunjuk yang menunjukan arah halte Transjakarta Stasiun Cakung yang terdapat pada pintu utara Stasiun. Akses yang cukup mudah dijangkau, juga menjadikan nilai tersendiri dalam menuju halte Stasiun Cakung tersebut.

Akses dari Stasiun Cakung Menuju Halte Transjakarta | Foto: Farouq Adhari

Pada pengoperasian perdananya, masyarakat terlihat cukup antusias untuk mencoba, baik masyarakat sekitar maupun para pengguna KRL yang baru keluar dari stasiun Cakung. Diharapkan dengan integrasi moda antar transportasi ini dapat menambah minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Cemplus Newsline By KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.