BAGIKAN
View Coaster Kazekko, salah satu KA yang akan disewakan (Wikipedia/Ippukucho)
View Coaster Kazekko, salah satu KA yang akan disewakan (Wikipedia/Ippukucho)

Salah satu operator kereta api (KA), Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido) mengumumkan akan menyewa rangkaian kereta wisata dari dua operator KA lainnya yakni East Japan Railway Company (JR East) dan Tokyu Corporation. Rencananya kereta tersebut akan dioperasikan di area Hokkaido sebagai bagian dari pengembangan performa bisnis mereka serta memperbaiki perekonomian lokal di wilayah Hokkaido.

JR Hokkaido sendiri merupakan salah satu dari 6 perusahaan operator KA dari Grup Japan Railway (JR). Perusahaan ini telah diamanatkan oleh pemerintah daerah untuk menaikkan pendapatannya sebagai arahan subsidi dari pemerintah daerah untuk pengembangan operasional keretanya.

JR East dan Tokyu juga berencana akan membantu rekonstruksi Hokkaido yang mengalami penurunan jumlah turis karena gempa bumi yang kuat pada September tahun lalu. Hokkaido sendiri memiliki beberapa destinasi wisata namun karena kondisi cuaca yang sering tidak mendukung, sejumlah destinasi wisata ini kurang dilirik oleh para wisatawan.

Advertisement Inline

“Kami akan mengeluarkan seluruh kemampuan (kami) untuk menarik turis dari dalam dan luar negeri untuk memperbaiki pendapatan” imbuh Osamu Shimada, CEO JR Hokkaido saat konferensi pers di Tokyo seperti dilansir dari The Japan News.

JR East rencananya akan menyewakan rangkaian kereta wisata miliknya yakni “View Coaster Kazekko” yang beroperasi di Jalur Higashi-Rikuu, menghubungkan Prefektur Miyagi dan Yamagata di daerah Tohoku.

Kereta yang disewa ini rencananya akan beroperasi di Jalur Soya yg memiliki daya tarik keindahan pemandangan seperti padang rumput Sarobetsu. Akan ada dua perjalanan pergi-pulang tiap hari yaitu perjalanan kereta wisata antara Stasiun Asahikawa sampai Stasiun Otoineppu, dan Stasiun Wakkanai dan Stasiun Otoineppu pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur mulai tanggal 27 Juli – 3 September 2019.

JR Hokkaido
Royal Express Luxury Train, Armada Tokyu yang akan disewakan | Sumber: Japan Station

Di sisi lain, Tokyu akan menyewakan rangkaian kereta “The Royal Express luxury train” yang melayani rute Stasiun Yokohama di Kanagawa ke Stasiun Izukyu-Shimoda di Shizuoka. Tokyu dan JR Hokkaido sendiri tengah berdiskusi tentang kemungkinan beroperasinya kereta ini antara Sapporo dan bagian timur Hokkaido selama 4 hari dari selama 1 bulan dari Mei sampai Agustus 2020.

Baca Juga: JR Hokkaido Akui Tak Bisa Pertahankan Sebagian Pengoperasian Jalur KAnya

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.