BAGIKAN

Argevollen

Dua negara besar tengah dalam peperangan selama bertahun-tahun: Kerajaan Arandas dan Perserikatan Ingelmia. Situasi menjadi begitu genting dan mencapai klimaksnya pada pertempuran di Tembok Besar, dimana menjadi pertahanan terkuat Arandas. Namun, situasi itu segera berakhir ketika musuh berhasil menyusup masuk dan membuka gerbang tembok untuk pasukannya. Cerita itulah yang ditawarkan dalam seri anime aksi berjudul “Shirogane no Ishi: Argevollen”. Berpusat pada pihak Arandas, seri ini menyajikan cerita aksi bertabur mecha dan humor. Seri ini menjadi salah satu seri aksi mecha yang diangkat ke layar kaca anda musim ini.

Seri ini digarap oleh Xebec, yang biasanya mengerjakan seri romansa seperti Love Hina, To Love-Ru, dengan bantuan animasi dari Warner Bros. Jepang. Seri ini menawarkan aksi pertempuran antar mesin berupa robot yang intens, serta berbagai bentuk aksi lainnya. Alur dan koherensi cerita dari satu adegan ke adegan berikut pun terasa ringan dan mudah diikuti. Animasi saat pertempuran pun juga tidak terasa terlalu kasar meski tidak menggunakan teknik animasi 3DCG. Perihal lagu tema dan latar belakang, pemilihan lagu tema dan latar sudah sesuai dengan tempo dan suasana cerita. Pembukaan yang dinyanyikan oleh KOTOKO yang bernada penuh semangat dan penutup merdu yang dinyanyikan oleh Sachika Misawa juga membawa jiwa sendiri bagi seri ini, membuat segala aksi yang terdapat didalam seri ini menjadi lebih terasa. Bumbu penyedap cerita seperti romansa dan komedi juga mewarnai keberlangsungan cerita seri ini, membuatnya tidak monoton dan membosankan. Juga, meski fokus cerita berada di pihak Arandas, cuplikan adegan dari pihak lawan juga menambah penjelasan sendiri akan cerita yang sedang berjalan.

Advertisement Inline

Terlepas dari segala kelebihan yang ada, sebuah karya tentu memiliki kelemahan. Dari seri ini, yang paling mencolok adalah kurangnya latar belakang cerita, yang menyebabkan penontonnya terkadang bingung akan apa yang sedang terjadi. Penjelasan dan pendalaman setiap karakter juga terkesan terlalu lambat dan tidak sesuai dengan alur cerita yang ada.

Seri ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya mengambil keputusan krusial bukan berdasarkan perintah atau arahan, namun berdasar apa yang terbaik saat itu, tidak merugikan dan tentu dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Juga diajarkan dalam seri ini tentang tanggung jawab dalam setiap tindakan yang telah diambil, apapun itu, dan siap menanggung segala akibat dan resiko yang ditimbulkan darinya.

Jadi, bagi kalian yang menggemari seri aksi, atau melihat mecha-mecha bertarung dengan segala kecanggihan dan persenjataannya, inilah salah satu tontonan yang layak diikuti musim ini.

Berikut adalah cuplikan gambar dari episode awal seri ini:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | Oleh Krisma Budianto Irawan | Ikuti diskusi seri anime Argevollen di KAORI Forum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.