BAGIKAN
sound voltex
© 2018 Konami Amusement

Memasuki tahun 2019, Konami telah merilis sekuel terbaru dari salah satu gim musik rhythm Bemani andalan mereka yang berjudul Sound Voltex atau dikenal juga sebagai SDVX. Sekuel yang diberi judul Sound Voltex Vivid Wave atau SDVX V tersebut telah dirilis pada 28 Februari 2019 lalu. Kabar yang juga cukup menggembirakan adalah Sound Voltex Vivid Wave juga telah tersedia di sejumlah gerai dingdong yang ada di Indonesia, di antaranya adalah Element Lippo Mall Puri Jakarta, Maxx Fames Maxxbox Lippo Village Tangerang, Game Master Ciwalk Bandung, Festival Citylink Bandung, dan Element MTC Makassar. Apa saja kah fitur-fitur yang tersedia di gim ini? Berikut panduan dari KAORI.

Selamat datang di Vivid Wave!

Fitur Baru

Automation Paradise

Automation Paradise adalah salah satu fitur tambahan terbesar sepanjang sejarah SDVX. Fitur ini sejatinya adalah mode baru dengan fitur memainkan 3 lagu dari sejumlah track lagu ikonik SDVX dalam 1 chart tunggal. Automation Paradise bisa dimainkan dalam level light, standard start, hingga dedicated paradise start. Yang menarik, dalam level dedicated paradise start pemain bisa memilih 3 lagu pilihannya sendiri, tidak seperti dalam light atau standard start di mana lagunya akan terpilih secara acak.

Memilih lagu di paradise start

Resolusi 1080p

Pemain kini dapat menikmati bermain Sound Voltex dengan resolusi HD mutakhir. Ilustrasi dari dari tiap-tiap lagu kini juga telihat lebih baik dan memanjakan mata. Grafik yang lebih baik juga membantu pemain untuk bermain dan berkonsentrasi, termasuk staff KAORI sendiri yang sudah mencobanya secara langsung.

Live 2D Navigators

Advertisement Inline

sound voltex vivid wave

Selama bermain Sound Voltex Vivid Wave, pemain pada awalnya akan dipandu oleh 2 navigator imut, Grace dan Rasis, yang kini tampil indah dengan grafik animasi 2D, yang artinya mereka terlihat bergerak. Meskipun begitu, Rasis sendiri hanya akan muncul bila pemain berhasil menyelesaikan login bonus mission di gim sebelumnya, yaitu Sound Voltex Heavenly Heaven (SDVX IV). Adapun sejumlah karakter yang juga akan turut menemani pemain di Sound Voltex Vivid Wave juga akan dianimasikan, di antaranya adalah Kureha.

Perubahan Gameplay

Sound Voltex Vivid Wave atau SDVX V merupakan SDVX pertama yang tidak menyertakan fitur gameplay baru. Sebagai perbandingan, SDVX II menyertakan  chip FX notes, SDVX III menyertakan BT+FX overlap dan tombol yang bisa dimulai di mana saja dan tidak terpaku dengan lebar jalur, sementara itu SDVX IV menambahkan hitsounds ke FX notes. Namun, ada sejumlah perubahan dalam penilaian tombol di SDVX V. Bagaimana detilnya masih diperdebatkan, namun berdasarkan pengalaman tim KAORI yang mencoba langsung, saat ini lebih sulit untuk menyepam tombol (tak ada lagi  free Firestorm scores) dan kenop putaran kini bisa diputar lebih lambat dan masih bisa mengenai sasaran dengan tepat. Terlepas dari itu semua, style charting selalu berubah-ubah dari setiap sekuel SDVX, termasuk SDVX V. Karenanya, jangan ragu-ragu untuk mencobanya!

User Interface

SDVX V memiliki user interface yang berbeda dibandingkan prekuel-prekuelnya. Inilah di antaranya:

Saat memasuki permainan anda akan diminta untuk memilih 5 mode permainan: normal, friend, paradise, blaster, skill analyzer. Bandigkan dengan SDVX IV, yang terbagi dalam light, standard and blaster. Ini berarti mode permainan ‘normal’ di SVDX V tak lai memasukkan local matching (yang harus dipilih secara jelas melalui ‘teman’) sebagaimana skill analyzer (yang juga dikenal sebagai dan’i nintei). Ini berati jika skill analyzer gagal di track 1 atau 2, maka pemain tidak bisa melanjutkan ke track selanjutnya, dan permainan berakhir. Ini cukup mirip dengan Sound Voltex Gravity Wars atau SDVX III

Penyortitan Lagu

Dalam menyortir lagu, SDVX V cukup berbeda dengan prekuel-prekuelnya. Jika dalam SDVX IV pemain bisa menyortir berdasarkan kategori seperti level track ataupun clear mark dengan menekan FX-L, maka dalam SDVX V, tombol FX-L juga bisa digunakan sebagai tombol kembali. Layar daftar lagu juga akan tertutup dengan menekan FX-L, dan layar akan berganti dengan daftar folder dari kumpulan sortiran pemain dan kategori khusus yang tidak ada di sortiran FX-R, seperti folder Omega Dimension dan Automation Paradise. Seluruh informasi ini ditampilkan di layar utama, berbeda dengan prekuelnya, di mana layar lagu akan meredup, sementara itu daftar kategori akan terlihat di bagian kiri layar. Adapun tombol FX-R tidak akan mengalami banyak perubahan, yaitu untuk merubah cara penyortiran. Namun informasi mengenai metoda penyortiran mana yang akan digunakan kini ditampilkan secara permanen di layar pemilihan lagu, tepat di bawah informasi lagu.

Result Screen

Result screen, atau layar yang menunjukkan hasil akhir permainan kini hanya akan menunjukkan skor, nilai, dan status pemain saja. Sementara itu informasi lainnya seperti jumlah critical/near/error dll bisa dilihat dengan menekan kedua tombol FX.

This slideshow requires JavaScript.

Jadi tunggu apa lagi? Mari mainkan Sound Voltex Vivid Wave, alias SDVX V!

KAORI Newsline | Diterjemahkan dari tulisan Robert Setiadi dalam The Indonesia Anime Times

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.