BAGIKAN
Si Juki seri Jalan-Jalan Petualangan di Thailand

Awal tahun 2018, Penerbit Elex Media memulai kerja samanya dengan salah satu platform komunitas komikus digital terbesar di Thailand, bernama OokbeeU. Setelah mengerjakan beberapa proyek-proyek komik, baik di Indonesia maupun di Thailand, mereka sepakat untuk bekerjasama dalam penerbitan komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Petualangan di Thailand. Komik ini adalah edisi ke dua setelah petualangan sebelumnya di Korea Selatan yang terbit pada pertengahan tahun 2017.

Sakrapee Meebundit, Country Manager OokbeeU Indonesia, yang akrab dipanggi Dew, bersama Ida Bagus Syumanjaya, Managing Editor Elex Media, menjadwalkan kepergian tim dari Elex Media dan PIONICON pada 30 September hingga 6 Oktober 2018 ke Thailand untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti Bangkok Grand Palace, The Temple of Emerald Buddha, Ayyuthaya, hingga wisata unik Congdon’s Anatomical Museum yang menyimpan berbagai mayat dari manusia hingga binatang asli. Tim juga berkesempatan berkunjung ke OokbeeU Headquarters di Bangkok.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement Inline

Thailand juga memiliki ragam kuliner khas yang sangat menarik bagi para wisatawan. Salah satu kuliner khas Thailand yang diangkat dalam pembuatan komik ini adalah Mango Rice dan Thai Tea, dua kuliner khas Thailand yang cukup naik daun di Indonesia. Makanan khas Thailand lainnya yang juga sangat menarik untuk dicoba adalah Roti Sai Mai khas Ayutthaya. Tidak hanya makanan yang menggugah selera, Thailand juga punya jajanan yang unik dan cukup “menantang” seperti serangga dan kalajengking goreng.

Kali ini, Faza Meonk sebagai kreator sekaligus komikus Si Juki, banyak mengeksplorasi tema Negara Thailand dari segi kedekatannya dengan Indonesia dan juga tentang salah satu Negara yang masih sangat baik mempertahankan budaya tradisional di tengah kemajuan teknologi dan modernisasi. Selain itu, Faza juga tetap mempertahankan ciri khas kolaborasi IP (intelectuall property) character dalam Si Juki Seri Jalan-Jalan. Di seri pertama, Petualangan di Korea Selatan, Si Juki berkolaborasi dengan IP terkenal dari Korea Selatan milik Tuba Animation, yaitu Larva. Untuk seri kedua, Petualangan di Thailand ini, Si Juki berkolaborasi dengan Meme, seekor kucing yang menjadi maskot dari OokbeeU Thailand.

This slideshow requires JavaScript.

“Saya berharap dengan terbitnya komik Si Juki Seri Jalan-Jalan di Thailand ini bisa menjadi pintu masuk bagi konten Si Juki untuk bisa masuk ke pasar Thailand.” ujar Faza Meonk selaku kreator dari karakter Si Juki.

Si Juki Seri Jalan-Jalan Petualangan di Thailand ini rencananya akan diluncurkan di event buku tahunan terbesar di Indonesia, Indonesia International Book Fair (IIBF). Acara peluncuran komik ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 7 September 2019 bertempat di Lobby Stage IIBF, Hall A, JCC, Senayan. Peluncuran komik ini akan dihadiri langsung oleh Faza Meonk selaku kreator dari Si Juki. Komik yang menceritakan kisah perjalanan Si Juki di Thailand ini sudah bisa didapatkan di toko buku mulai tanggal 28 Agustus 2019. Saat ini, pihak OokbeeU Thailand pun sedang mengusahakan agar komik ini juga bisa didistribusikan di Thailand, baik dalam format webtoon atau cetak.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.