Indonesia Game Developer eXchange

Pada hari Sabtu, 16 November 2019 satu sejarah di industri game Indonesia telah lahir. Asosiasi Game Indonesia (AGI) sukses menggelar event perdana Indonesia Game Developer eXchange (IGDX) 2019 di Universitas Binus Bandung, Paskal Hypersquare 23 Bandung.

IGDX 2019 adalah sebuah ajang tahunan dari AGI untuk meningkatkan kemampuan developer game Indonesia, sekaligus untuk bertemu, berbagi pengetahuan, dan memperluas jaringan untuk potensi kerja sama di masa yang akan datang, baik dengan sesame pelaku dalam negeri dan luar negeri.

Berbeda dengan program-program AGI sebelumnya, acara IGDX 2019 diorganisir secara gotong royong oleh beberapa developer game Indonesia yang tergabung dalam AGI, mulai dari perencanaan acara hingga eksekusinya. Selama satu hari penuh, tidak kurang dari 300 developer game Indonesia mendapatkan ilmu baru untuk meningkatkan kemampuan mereka lewat dua format berbeda, Super Conference yang berformat seminar, dan Super Class yang berformat semi workshop.

Advertisement Inline

“Pemerintah sangat penting mengadakan dan mendukung program seperti Indonesia Game Developer eXchange 2019 ini,” ungkap Luat Sihombing, Kasubdit Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. “Saat pemerintah paralel menyiapkan infrastruktur akses, maka di saat bersamaan kita tentu membutuhkan hadirnya game developer lokal yang dapat menghadirkan produk yang disukai dan dimainkan banyak masyarakat Indonesia. Event ini diharapkan menjadi event tahunan yang dapat menjembatani game developer dengan lintas sektor industri seperti edukasi, film, dan lainnya. Kita akan mendorong para game developer lokal punya kemampuan yang kuat dalam Business to Business (B2B),” paparnya.

“IGDX adalah suatu ajang mula untuk membangun talenta di sub sektor game,” ungkap Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur dari Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. “Semoga hasil dari ajang ini dapat memberikan masukan kepada semua stakeholder, terutama pendidikan formal dan vokasional untuk mencetak talenta-talenta developer game,” lanjutnya.

This slideshow requires JavaScript.

Antusiasme developer game Indonesia sendiri sangat tinggi dalam acara ini. Kurang lebih 300 tiket yang dijual secara online oleh panitia sudah habis beberapa hari sebelum acara dimulai.

“IGDX 2019 hadir untuk mengisi kekosongan medium pembelajaran bagi developer game Indonesia kelas menengah yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam bersaing di pasar global,” ungkap Cipto Adiguno, Presiden AGI. “Selama ini, developer game Indonesia banyak merogoh kocek untuk mendapatkan ilmu dan membangun jaringan dengan menghadiri event-event konferensi dan B2B di luar negeri seperti Game Developers Conference di San Fransisco, Amerika Serikat. Diharapkan IGDX bisa membantu developer game Indonesia untuk mendapatkan pengalaman serupa tanpa harus mengeluarkan banyak biaya,” lanjutnya.

Seminar dan Diskusi Interaktif di Super Conference

IGDX 2019 menghadirkan dua format acara berbeda. Pertama ada Super Conference, dimana ada para pembicara lokal dan internasional yang akan membagikan pengalaman dan insight mereka seputar industri game. Super Conference menghadirkan materi-materi yang mencakup dari berbagai aspek industri, mulai dari post mortem (kisah di balik layar pengembangan sebuah game), diskusi panel tren industri terkini, hingga tips dan trik seputar pengembangan game.

Lebih dari 200 orang menghadiri Super Conference yang digelar dari jam 9 pagi hingga 6 sore. Beberapa pembicara internasional yang hadir dan membagikan ilmu mereka dalam Super Conference IGDX 2019 ini antara lain Gilbran Imami (Koei Tecmo, Jepang), Justin Ng (Ubisoft, Singapura), Iain Garner (Another Indie, Taiwan) dan Philip Schafer (Zeppelin Studio, Jerman).

Lineup pembicara internasional ini melengkapi daftar pembicara lokal yang berpartisipasi membagikan pengalaman mereka seperti Steve Lie (Game5Mobile), Rahmad Imron (Digital Happiness), Imansyah Lubis (BumiLangit Studio) dan Andi Taru (Educa Studio)

Semi-workshop Intensif dan Intim di Super Class

Sedangkan format kedua, Super Class merupakan sesi pembelajaran semi-workshop yang lebih “intim” dan eksklusif dimana setiap kelasnya terbatas untuk 20 orang saja. Terdapat tiga kelas yang digelar mulai jam 9 pagi hingga 6 sore secara parallel: Game Design/Production, Programming, serta Visual Art. Karena setiap kelas berlangsung selama satu hari penuh, maka peserta hanya bisa memilih satu kelas saja untuk diikuti. Masing-masing kelas terdiri dari tiga sesi yang mana masing-masing sesinya berlangsung selama dua jam.

Beberapa pembicara membagikan pengalaman dan ilmu mereka, seperti P’ng Yi Wei (Kurechii, Malaysia), Desmond Wong (The Gentlebros, Singapura), hingga Chris Murphy (Epic Games, Australia). Mereka juga dilengkapi dengan para pemateri dari studio game Indonesia seperti Maulidan Bagus (Maulidan Games) dan Wafi Harowa (Agate).

Mainkan Karya-karya Terbaru dari Developer Game Indonesia

Satu lantai di atas Super Conference, sekitar 12 studio game Indonesia yang sudah lolos tahap kurasi memamerkan karya mereka. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan masukan-masukan yang positif baik dari para peserta maupun dari pembicara yang hadir.

Tentunya, kehadiran para pembicara yang merupakan sosok-sosok senior di industri game sangat membantu mereka untuk membentuk produk mereka agar lebih matang lagi. Beberapa studio juga tampak memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari peluang kerja sama baru, entah itu pengembangan game secara bersama (co-developing) ataupun publishing.

“Industri game adalah industri yang terus berkembang dan memiliki prospek yang sangat bagus untuk ke depannya,” ungkap Dr. Johan Muliadi Kerta,S.Kom.,M.M, Wakil Rektor Akademik, Penelitian, dan Pengembangan Kemahasiswaan dari Universitas Bina Nusantara Bandung. “Dengan event ini diharapkan muncul talenta-talenta baru yang memiliki ide dan inovasi untuk memajukan industri game di tanah air,” lanjutnya.

“IGDX diharapkan bisa jadi stimulus untuk mengembangkan talenta pengembang game di Indonesia, platform untuk sesama pengembang game bisa bertemu dan berjejaring, dan tempat untuk mencari peluang bisnis baru,” papar Adam Ardisasmita, Ketua Pelaksana dari IGDX 2019. “Sebagai gerakan yang bermula dari inisiatif akar rumput, IGDX mempunyai mimpi untuk menjadi rumah bagi para pengembang game di Indonesia untuk “pulang” setiap tahunnya,” lanjutnya.

Sampai jumpa di IGDX 2020 tahun depan!

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.