kimetsu no yaiba azan
Sumber: akun twitter resmi Kimetsu no Yaiba

Baru-baru ini, salah satu fans dari Jazirah Arab sempat mengingatkan staf anime Kimetsu no Yaiba melalui akun twitternya. Fans dengan akun @kamel418 tersebut menemukan bahwa salah satu musik latar anime Kimetsu no Yaiba ternyata mengandung suara azan. Lagu yang dimaksud adalah lagu berjudul 竈門炭治郎~次の地へ (Tanjiro Kamado~Connect) yang tersedia dalam album CD spesial sebagai bonus rilisan Blu-ray dan DVD volume 4 seri animenya. Hingga berita ini ditulis, cuitan tersebut sudah di-retweet lebih dari seribu kali dan mendapatkan dua ribu like.

Menanggapi hal tersebut, staf anime Kimetsu no Yaiba secara resmi menyampaikan permintaan maafnya. Melalui laman resminya, mereka menyatakan bahwa mereka tidak bermaksud melecehkan umat Islam dalam pembuatan lagu latar tersebut. Mereka berjanji untuk tidak mengulangi hal ini lagi dengan lebih berhati-hati dalam proses produksi bagian suaranya dan mempelajari lebih dalam mengenai Islam dan budayanya.

Menanggapi hal ini, mereka akan menarik sementara Blu-ray dan DVD tersebut dari peredaran. Selain itu, mereka menerima permintaan untuk menukar Blu-ray atau DVD yang sudah terlanjur dibeli untuk fans yang berdomisili di Jepang. Lagu ini disebut-sebut hanya dirilis di album CD tersebut dan tidak digunakan untuk serial animenya.

Advertisement Inline

Sang komposer musik sendiri, Go Shiina, juga menyampaikan permintaan maafnya. Melalui akun twitter pribadinya @cnago, Shiina menyatakan bahwa pihaknya akan berhati-hati pada saat proses produksi musik latar agar kejadian yang sama tidak lagi terulang kedepannya.

Kimetsu no Yaiba adalah serial anime yang diadaptasi dari serial manga yang dikarang oleh Koyoharu Gotouge. Animenya sendiri diproduksi oleh studio Ufotable dengan disutradarai oleh Haruo Sotozaki (Tales of Zestiria The X) yang juga menulis naskah ceritanya.

Akun @kamel418 sendiri sudah menyampaikan apresiasinya atas permintaan maaf dari pihak Kimetsu no Yaiba dan komposer Go Shiina.

KAORI Newsline

 

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.