© 2017 Aiko Koyama / Elex Media Komputindo

Sedang lapar di rumah dan ingin mencoba memasak dengan bahan sederhana? Mungkin komik Juru Masa Para Maiko buatan Aiko Koyama dapat menjadi pilihan #Kaoreaders terutama untuk mencoba belajar memasak di rumah. Komik yang pertama kali terbit pada tahun 2016 oleh Shogakukan dan sempat masuk nominasi di ajang  Shogakukan Manga Awards ke-65, kini diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo pada Oktober 2019. Kira-kira bagaimana sih kisah seorang gadis muda yang berimpian untuk menjadi Maiko tiba-tiba menjadi seorang juru masak?

Sinopsis

© 2017 Aiko Koyama / Elex Media Komputindo

Komik ini mengisahkan gadis-gadis di sebuah wisma di distrik bunga yang berada di tengah kota Kyoto, Jepang. Hiduplah seorang gadis bernama Kiyo yang berumur 16 tahun dan bekerja sebagai juru masak di wisma tersebut, dengan berambisi untuk menjadi seorang Maiko bersama temannya. Namun disayangkan, Kiyo sempat ditolak untuk menjadi Maiko muda, dan suatu peristiwa membuatnya untuk bekerja sebagai juru masak agar dapat menghidangkan masakan sederhana untuk para Maiko di wisma tersebut.

Penceritaan Komik

© 2017 Aiko Koyama / Elex Media Komputindo

Cerita yang awalnya terasa hangat dengan tawa akan gadis menceritakan keseharian dan kehilangan sebuah puding, kisah komik ini diawali dengan konflik sederhana untuk menjelaskan arti dari ‘juru masak’. Dari sinilah kita disambut oleh tokoh utama kita, Kiyo yang memulai paginya lebih awal daripada teman-teman Maiko lainnya karena ia perlu menyediakan sarapan bagi seluruh penghuni wisma. Komik volume pertama ini selain menyajikan latar dari keseluruhan komik ini juga menceritakan kisah singkat akan perjalanan Kiyo dari Aomori menuju Kyoto untuk menjadi calon Maiko. Tidak semua orang memiliki bakat yang sama, namun bila tidak bisa mencapai impian maka pintu lainnya akan terbuka. Itulah yang jalan hidup yang dihadapi oleh Kiyo, di mana ia menggantikan peran bibi juru masak untuk menjadi juru masak muda bagi seluruh penghuni wisma tersebut.

Advertisement Inline

Penggambaran Komik

© 2017 Aiko Koyama / Elex Media Komputindo

Secara pribadi saya sangat menyukai gaya gambaran dari Aiko Koyama di mana karakter yang digambarkan di sini terasa sangat imut dan cantik, dan hal tersebut dapat ditandai oleh berbagai keindahan lingkungan sekitar wisma di Kyoto ini. Namun, karena ini merupakan komik mengenai masakan maka tentu diperlukan masakan yang sangat menggoda selera mulut kan? Tenang, karena penggambaran disini sanggup membuat #Kaoreaders ngiler akan keserdehanaan makanan di sini yang dapat membuat hati kenyang. Tak terkecuali akan hadirnya beragam resep yang dapat ditiru untuk dimasak kembali di rumah.

Kesimpulan

© 2017 Aiko Koyama / Elex Media Komputindo

Volume pertama dari komik Juru Masak Para Maiko ini dapat dibilang cukup memberikan kesan awalan yang baik untuk terus membaca secara berkelanjutan, terutama dengan impian Kiyo yang ingin menjadi seorang Maiko, disertai dengan makanan yang menggoda selera dari setiap chapter membuat komik ini semakin seru untuk dibaca.

Kesederhanaan dari volume 1 ini cukup memberikan kesan santai layaknya anime Yuru Camp yang mampu menunjukkan sisi santai dari perkemahan. Kira-kira seperti apakah latar belakang akan impian Kiyo tersendiri untuk menjadi Maiko? Mari kita tunggu volume selanjutnya.

KAORI Newsline | Oleh: Cakra Bhirawa

1 KOMENTAR

  1. Ane sih sukanya baca Yakumo-san wa Edzuke ga Shitai, karena adem aja gitu bacanya. Tapi keknya si Kiyo ini juga mirip sama Yakumo…bajunya doang si. Mungkin kalo ada di gramedia ane pgn beli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.