LRT di Stasiun Velodrome (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Dalam rangka menuju operasi komersial, PT LRT Jakarta mengundang para blogger untuk berkunjung ke kantor LRT Jakarta di Area Depo Pegangsaan Dua. Kunjungan kali ini digagas untuk memperlihatkan dan mengintip operasionalnya kepada blogger pada saat pengoperasian komersialnya pada 1 Desember 2019.

Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah mencoba pengoperasian simulator LRT, dan juga berkunjung melihat ruangan pusat kendali kereta.

Simulator sarana LRT (KAORI Nusantara/Fathur)
Simulator sarana LRT Jakarta (KAORI Nusantara/Fathur)

Diawali dari mengunjungi ruangan train simulator milik LRT Jakarta. Terdapat 5 unit simulator buatan Inggris yang dimiliki, dan tim Cemplus berkesempatan untuk mencoba salah satu dari 5 unit simulator sarana LRT tersebut. Saat mencoba, tim KAORI merasa seperti memainkan permainan simulasi kereta di komputer, Trainz Simulator (Trainz) dengan konsol yang sama dengan kendali yang digunakan sarana LRT, karena memang train simulator disini digunakan sama seperti aslinya. Sebagian blogger juga terlihat asyik saat mencoba mengoperasikan train simulator.

Advertisement Inline

Setelah puas merasakan simulator LRT, para blogger diajak menuju ruangan pusat kendali kereta. Disini terlihat jelas sistem yang mengontrol semua perjalanan kereta LRT di jalur Velodrome – Pegangsaan Dua dan memonitor seluruh area stasiun untuk mengecek operasional kereta pada saat di stasiun.

Operation Control Center (KAORI Nusantara/Fathur)
Operation Control Center (KAORI Nusantara/Fathur)
Operation Control Center (KAORI Nusantara/Fathur)
Operation Control Center (KAORI Nusantara/Fathur)

Setelah melakukan kunjungan, para blogger dan perwakilan LRT Jakarta melakukan diskusi lepas terkait kesiapan jelang operasional komersil pada tanggal 1 Desember 2019 mendatang. Sejumlah pertanyaan pun dilontarkan pada diskusi kali ini, termasuk pertanyaan seputar metode pembayaran dengan kartu multitrip. Menjawab pertanyaan ini, Pihak LRT Jakarta menegaskan bahwa rencana kartu multitrip tersebut sudah ada, namun izin terkait kartu multitrip ini masih tertahan di Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: LRT Jakarta akan Memulai Operasi Komersil pada 1 Desember 2019

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.