Si Juki Umumkan Kolaborasi “Duet Maut” Dengan Spongebob Squarepants!

0
spongebob squarepants

Pada tanggal 20 Desember 2019 yang bertempat di Mall Kota Kasablanka, karakter komik anti mainstream karya Faza Meonk yaitu Si Juki mengumumkan kolaborasi dengan karakter kartun yang sangat mendunia yaitu Spongebob Squarepants dalam rangka perayaan ulang tahun ke-20 serial kartun Spongebob Squarepants.

Inisiasi untuk melakukan proyek kolaborasi tersebut sudah dimulai sejak tahun 2018 sebagai bagian dari ulang tahun ke-20 dari serial animasi buatan Nickelodeon tersebut. Sepanjang tahun 2019 pihak nickelodeon memiliki inisiatif untuk menjalin kerjasama dengan brand dan seniman dari berbagai belahan dunia dalam rangka ulang tahun Spongebob Squarepants. Pada akhirnya kolaborasi tersebut sampai di Indonesia dan alhasil Juki yang terpilih untuk berkolaborasi dengan karakter populer ciptaan mendiang Stephen Hillenburg tersebut.

Faza Meonk selaku kreator Si Juki merasa terhormat bisa mendapat kesempatan yang sangat langka untuk mengkolaborasikan karakter ciptaannya dengan Spongebob Squarepants. Faza Meonk juga fans berat Spongebob Squarepants sejak serial tersebut pertama kali tayang di stasiun televisi swasta pada tahun 2000an hingga sekarang dan baginya Spongebob adalah salah satu karakter yang menjadi inspirasi terkuat dalam pembuatan karakter Juki yang masih terus dikembangkan sampai sekarang ini. Pihak Nickelodeon juga mengetahui bahwa Faza Meonk terinspirasi dari Spongebob Squarepants saat mencari informasi Juki di internet, dan itu adalah salah satu hal yang membuat Si Juki terpilih untuk kolaborasi ini dan ternyata, awal dari “duet mautSi Juki dan Spongebob juga tercipta dari fanart iseng juga yang dikerjakan pada tahun 2012 yang lalu.

Awal mula dari “duet maut” Si Juki dan Spongebob / ©PIONICON ©nickelodeon

Faza juga mengatakan “Saya suka Spongebob sejak kecil dan bahkan karakter tersebut menjadi salah satu inspirasi terkuat saya dalam membuat Juki karena Spongebob bisa menyampaikan komedi berlapis yang bisa dimengerti oleh anak-anak maupun orang dewasa. Karena itulah saya membuat Si Juki untuk bisa dimengerti oleh semua umur“.

Faza juga berpendapat, karakter Juki mempunyai kesamaan dengan Spongebob Squarepants. Tidak hanya dari segi komedi berlapis saja, dalam animasi warna suara antara kedua karakter tersebut tidak terlalu jauh berbeda. Secara karakteristik Si Juki memiliki sifat iseng yang mirip dengan Spongebob meskipun Si Juki terlihat lebih licik. Dari sisi visual, Faza juga mengakui bahwa selama ini ia membuat Si Juki dengan gaya gambar yang tidak jauh berbeda dengan gaya gambar Spongebob Squarepants. Maka dari itu Faza tidak terlalu merasa kesulitan saat membuat berbagai artwork untuk kolaborasi ini.

This slideshow requires JavaScript.

Dalam kolaborasi ini, Faza membuat berbagai artwork Si Juki dan Spongebob sebagai teman sepermainan. Nantinya berbagai artwork tersebut dikembangkan ke berbagai media seperti merchandise, fashion, toys dan bentuk kolaborasi lainnya. Kesempatan kerjasama juga terbuka luas bagi yang ingin turut serta berpartisipasi dalam kolaborasi Juki dan Spongebob Squarepants ini.

Terwujudnya kolaborasi antara Si Juki dan Spongebob Squarepants ini menjadi bukti bahwa karakter karya kreator Indonesia memiliki potensi besar di kancah Internasional. Kolaborasi ini menjadi salah satu langkah penting bagi Juki untuk bisa menembus pasar internasional. Setelah ini diharapkan ada banyak lagi karakter internasional yang berkolaborasi dengan Juki dan berbagai karakter lokal lainnya.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.