BAGIKAN

aikatsu-rcti

Setelah sempat diumumkan sebelumnya, pada acara jumpa pers bersama pihak MNC dan Bandai hari ini mengkonfirmasi bahwa Aikatsu, seri permainan kartu arcade (ding-dong) rilisan Bandai diluncurkan di Indonesia. Seri adaptasi animasinya juga akan ditayangkan di Indonesia.

Aikatsu (Aidoru Katsudou) adalah permainan kartu digital di mana pemain menjadikan tokoh yang dimainkannya sebagai seorang idola yang terkenal. Pemain memasukkan kartu yang terbagi dalam empat set yaitu atasan, bawahan, sepatu, dan aksesoris dan item tersebut akan menempel pada sang idola. Menceritakan perjalanan Ichigo Hoshimiya dan kawan-kawannya yang ingin menjadi seorang idola. Dalam perjuangannya, ia menggunakan Aikatsu Card yang bisa bertransformasi menjadi pakaian dan aksesori-aksesori yang dibutuhkan untuk menjadi idola.

Advertisement Inline

Di Jepang, seri Aikatsu diterima cukup baik di mana 110 juta kartu telah terjual sejak diluncurkan 1,5 tahun lalu, dengan omset keseluruhan produk terjual produksi Bandai Namco mencapai 15,9 miliar yen (1.600 miliar rupiah) per Maret 2014.

Selain mengumumkan peluncuran resmi seri permainannya, juga ditampilkan artis JKT48 yang akan menyanyikan lagu-lagu di seri ini.

Menurut Reino R. Barack, VP Business Development PT Global Mediacom Tbk, masuknya Aikatsu ke Indonesia karena pertimbangan untuk melayani segmentasi pasar anak-anak dan remaja putri. Selama ini ia mengaku segmen remaja putri masih kurang terlayani, sebagian tergambarkan dengan imbangnya demografi penonton pria dan wanita pada seri Satria Garuda BIMA-X.

“Masuknya Aikatsu juga hasil dari diskusi intensif kami dengan pihak Bandai,” menurutnya.

Ditanya mengenai kemungkinan penayangan sampai musim ketiga, ia mengatakan, “bila respon penonton bagus, sangat mungkin kita lanjutkan ke musim ketiga.”

Sedangkan prospek seri lain seperti Precure, menurutnya masih kurang begitu bagus.

Menurut Masashi Harada, Deputy General Manager Business Department Bandai, alasannya memasukkan Aikatsu karena ia melihat potensi anak-anak Indonesia yang begitu besar.

“Kami menyiapkan produk yang dilokalisasi dengan harapan bisa membahagiakan anak-anak Indonesi sekaligus mengajak ibu-ibu Indonesia agar mendampingi anaknya bermain Aikatsu.”

Mengenai rentang umur yang ditarget, Harada menyatakan meski ada pemain berusia dewasa yang memainkan Aikatsu di Jepang, sebagian besar masih sesuai dengan target yang mereka tuju yaitu anak putri.

“Mereka (pemain dewasa -Red) hanya menyumbang sekitar 20% dari pendapatan kami.”

Seri ini akan tayang di RCTI mulai tanggal 20 September 2014 setiap hari Sabtu pukul 06.30 WIB.

KAORI Newsline | oleh Dody dan Kevin

11 KOMENTAR

  1. pokoknya saya mau demo menuntut aikatsu! 😛
    kok nggak ada ghaida sih? ntar fansnya kecewa,lho! huk..huk… :'(

  2. Ihh uda dibelain biar bangun pagi malah uda gak tayang ya?walaupun orang bilang bilang “uda besar kok masi suka kaya gitu” (tetap suka lah gak mungkin sampe nda suka sih ) fakta nya sih orang dah menikah pun masi suka main aikatsu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.