priyanto

Guru Besar Desain Komunikasi Visual ITB, sekaligus Karikaturis Majalah Tempo, Priyanto Sunarto meninggal dunia pada hari Rabu 17 September 2014. Pri S.–nama inisial di karyanya–wafat sekitar pukul 13.00 WIB di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung pada umur 67 tahun. “Rencananya, (almarhum) akan dimakamkan besok (Kamis) di pemakaman Sirnaraga, Bandung,” kata Andriyanto, anak almarhum, di rumah duka.

Priyanto, menurut kerabatnya, sebulan terakhir menjalani perawatan di RS Santo Borromeus. Menurut anaknya, ia meninggal karena komplikasi penyakit diabetes. Saat ini almarhum telah disemayamkan di rumah duka, Jalan Sekeloa Nomor 23, Bandung.

Advertisement Inline

Lahir di Magelang, 10 Mei 1947, Pri merupakan sarjana seni rupa Institut Teknologi Bandung lulusan 1973 dan doktor dari universitas yang sama pada 2005. Selain membuat karikatur di Tempo, ia pernah mengajar seni rupa di ITB dan Institut Kesenian Jakarta. Priyanto meninggalkan seorang istri, Euis Sukmadiana, dan lima anak.

Banyak karyanya yang mendapat penghargaan, seperti penghargaan Karya Grafis Terbaik pada pameran tahunan Seni Rupa ITB 1969 dan Kartun Editorial Terbaik sejak 1988 hingga 1994 dari Persatuan Wartawan Indonesia Jakarta Raya.

Puluhan karya dua ilustrator Tempo, yakni Priyanto S. dan mendiang S. Prinka, sempat dipamerkan di Galeri Soemardja ITB pada Februari hingga Maret 2014. Sebanyak 40 karya yang dipamerkan dalam eksibisi bertajuk “Opini dan Legasi” ini buatan sejak 1960-an akhir.

Mayoritas karya merupakan ilustrasi dua dimensi, misalnya pada halaman majalah Tempo, buku, serta karya seni rupa. Karya Priyanto terlihat lebih usil, nakal, dan lucu lewat gambar kartunnya. Ia pun punya karakter tokoh bernama Sartempe, lelaki kurus dengan rambut tegak.

Segenap Keluarga Besar KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhum. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisi-Nya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan, serta semoga karya-karyanya dapat menjadi inspirasi bagi semua. Beristirahatlah dengan tenang di alam sana.

KAORI Newsline | Courtesy of  Tempo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.