Mengintip Proses Deep Cleaning Kereta LRT Jakarta

0
deep cleaning lrt jakarta
Kereta LRV LRT Jakarta | Foto: Fathurrachman Uttomo (Kaori Nusantara)

Pada Jum’at (6/3), LRT Jakarta memperlihatkan proses pembersihan menyeluruh alias Deep Cleaning dari rangkaian kereta ringan atau Light Rail Vehicle (LRV) yang dioperasikannya di Depo LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Sejumlah Operator Transportasi Jakarta Siaga Hadapi Virus Korona

Advertisement Inline

Deep Cleaning merupakan kegiatan membersihkan secara menyeluruh, atau dilakukan secara lengkap. Tujuan deep cleaning tak lain menjaga kebersihan kereta yang digunakan ribuan penumpangnya setiap hari agar senantiasa aman digunakan publik.

Sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran Novel Coronavirus (CoviD-19) atau virus Korona, LRT Jakarta menunjukkan bagaimana proses pembersihan LRV dengan cara desinfeksi terhadap kemungkinan bakteri dan virus yang tertinggal di dalam rangkaian kereta.

Salah satu perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut memperlihatkan bagaimana proses perincian langkah – langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran CoviD-19 didalam keretanya dengan cara melakukan Deep Cleaning setiap harinya pada semua sarana kereta yang bertugas.

LRT Jakarta juga menunjukkan bagaimana mereka melakukan pembersihan bagian eksterior armada LRV dengan menggunakan mesin Automatic Train Washing Plant (ATWP) dan juga merasakan prosesnya dari dalam rangkaian LRV ketika dibersihkan menggunakan ATWP. Sementara itu, proses pembersihan interior kereta tetap dilakukan secara manual menggunakan desinfektan khusus yang ramah lingkungan agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

deep cleaning LRT Jakarta
Pembersihan interior rangkaian kereta LRT Jakarta | Foto: Fathurrachman Uttomo (KAORI Nusantara)

Selain pembersihan sarana kereta, LRT Jakarta juga melakukan pencegahan penularan Virus Korona dengan melakukan cek suhu tubuh para calon penumpang di setiap akses masuk dan juga menyediakan cairan antiseptik pembersih tangan atau Hand Sanitizer di beberapa titik di Stasiun LRT Jakarta untuk para penumpang agar selalu menjaga kesehatan sehingga terhindar dari penularan berbagai bakteri dan virus.

Cemplus Newsline by KAORI | Fathurrachman Uttomo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.