Ulasan Gim Pokemon Sword & Shield

0
Pokemon
©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Pokemon Sword & Shield merupakan gim utama dari seri Pokemon pertama yang dirilis untuk Nintendo Switch setelah sebelumnya Pokémon: Let’s Go, Pikachu! and Let’s Go, Eevee! yang merupakan remake dari Pokémon Yellow menjadi gim Pokémon pertama yang hadir di Nintendo Switch.

Gim Pokemon sendiri pada umumnya memiliki ciri khas yang tidak lepas dengan sejarahnya sehingga seri utama Pokemon kerapkali memiliki template yang selalu sama, dengan cara bermain dan penceritaannyalah yang membedakan masing-masing gim. Pada generasi terbaru ini, kita melihat untuk sekian kalinya tema dari Pokemon itu sendiri tidak berdasarkan daerah di Jepang melainkan daerah Inggris Raya yang dikenal dengan nama daerah Galar, sebuah daerah baru yang dikenali akan kekuatan misteriusnya yang dikenal sebagai Dynamax, dan diketahui dapat membuat Pokemon menjadi raksasa dibandingkan Pokemon biasanya. Kekuatan misterius tersebut merupakan alur utama petualangan di daerah Galar demi menjadi Pokemon Champion selanjutnya. Berikut ulasan gim Pokemon Sword & Shield versi video di kanal Youtube KAORI Nusantara:

Premis Cerita

Mari memilih Pokemon pertamamu | ©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Cerita dari Pokemon Sword & Shield berlatar di daerah Galar yang mengambil refrensi dari negara Inggris Raya, di mana daerah ini terkenal atas turnamen Pokemonnya serta fenomena unik dengan sebutan Dynamax. Pemain akan berperan sebagai pelatih Pokemon muda yang akan segera mengeksplorasi serta menantang Leon sang juara dari Pokemon League yang tidak terkalahkan. Pokemon League tersendiri merupakan liga yang dinantikan oleh warga di seluruh penjuru daerah Galar, di mana pemain akan menantang berbagai Pokemon Gym terlebih dahulu dan mendapatkan medali khusus untuk memasuki liga utama. Namun kali ini premis penantangan Pokemon Gym sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya, kini Pokemon Gym berbentuk seperti pertandingan sepak bola dengan banyaknya penonton yang mendukung kedua belah pihak. Berikut merupakan video promosi dari Pokemon Sword & Shield yang dirilis di konsol Nintendo Switch

Advertisement Inline

Dengan diperkenalkannya Pokemon pertamanya pemain ketika memulai gim ini, pemain akan segera berkelana menantang Pokemon Gym beserta mengungkap misteri dari fenomena Dynamax ini. Kali ini premis yang disajikan oleh seri Pokemon sangat sederhana terutama dengan konflik yang jauh lebih sedikit, dengan fokus utama perjalanan pemain menjadi sang juara liga Pokemon. Namun bukan berarti premis yang cukup sederhana ini akan memberikan pengalaman yang singkat bagi pemain. Karena masih banyak keseruan yang dapat dinikmati oleh pemain di gim ini baik sebelum ataupun sesudah tamat.

Melompat menuju grafis HD

Untuk pertama kalinya melihat iklan terasa lebih hidup | ©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Tentu yang dapat pemain lama atupun baru lihat secara langsung ialah perbedaan grafis antara konsol portabel Nintendo (Nintendo Gameboy, DS, dan 3DS) dengan konsol rumahan Nintendo Switch. Kali ini seri utama gim Pokemon hadir dalam grafis yang lebih bagus lagi dibandingkan seri sebelumnya. Dengan tenaga yang dimiliki Nintendo Switch tentu membuka kemungkinan agar pemain dapat melihat Pokemon dalam habitat aslinya. Dan pada gim ini pemain dapat melihat Pokemon berkeliaran di rerumputan dibandingkan sebelumnya yang berupa random encounter. Berpergian ke berbagai kota yang ada di Galar juga memberikan impresi yang sangat indah, terutama ketika pergi ke kota besar di mana kota tersebut terasa lebih hidup dengan adanya orang berpergian melakukan aktivitasnya.

Akan tetapi walaupun Pokemon kini hadir di konsol rumahan, masih terdapat bagian yang kurang optimisasi terutama pada bagian tekstur dari lingkungan sekitar. Selebih dari itu dengan hadirnya di konsol tentu ada harapan untuk tersedianya opsi suara karakter di gim ini. Akan tetapi hal tersebut tidak terwujud. Walaupun di beberapa efek suara terdapat suara sorakan dan dukungan para penonton dalam pertandingan pemain.

Formula klasik seluruh penggemar

Bersiaplah untuk bertarung dengan beragam Pokemon trainer yang ada | ©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Walau sudah berada di lingkungan konsol yang berbeda, Pokemon Sword & Shield tetap mempertahankan tradisi dari formula Pokemon itu sendiri. Sehingga bagi pemain lama, tidak perlu khawatir bahwasannya tidak akan banyak yang berubah di seri baru ini. Namun tentunya ada suatu keunikan, bila dahulu di Kalos (Pokemon X & Y) terdapat Mega Evolution dan di Alola (Pokemon Sun & Moon) terdapat Z-Moves, maka di Pokemon Sword & Shield terdapat Dynamax. Dynamax sendiri merupakan fenomena yang unik di Galar, di mana Pokemon dapat berubah menjadi lebih kuat dalam bentuk raksasa. Namun yang membedakan kali ini ialah fenomena ini hanya dapat berlangsung hingga 3 putaran saja dan di area tertentu saja. Sehingga hanya sesekali saja fenomena ini bisa diciripi di gim ini, tidak seperti di seri-seri sebelumnya yang hampir dapat dipakai di seluruh kondisi yang ada. Selain itu terdapat juga Gitantamax, sebuah fenomena serupa yang selain membuat Pokemon menjadi raksasa juga mengubah bentuk fisik dari Pokemon itu sendiri.

Bila menjelajahi area tertentu, pemain akan menemukan suatu lubang yang memungkinkan pemain untuk melawan Pokemon Gigantamax / Dynamax yang ada secara alami. Dengan kuatnya Pokemon tersebut (terutama yang *5) maka pemain akan ditemani hingga 3 pemain lainnya dalam pertarungan itu, sehingga pertarungan ini akan berupa 4 melawan 1 Pokemon. Bila pemain sedang tidak memiliki internet, maka komputer akan menggantikan dukungan yang membantu pemain. Namun perlu dicatat bahwa komputer di sini memiliki kecerdasan yang sedikit terbatas. Karenanya ada suatu kemungkinan komputer akan membawa tipe Pokemon yang lemah dibandingkan Pokemon yang dilawannya. Seusai pertandingan selesai, pemain akan diberikan hadiah berupa barang-barang yang dapat membantu pemain dalam melatih Pokemon yang mereka milikinya. Peningkatan level Pokemon di gim ini juga terasa lebih cepat dan memudahkan untuk bermain dengan cepat tanpa lelah untuk melakukan grinding agar memiliki tim Pokemon yang diidamkan.

Kustomisasi karakter kini kembali!

Mulai dari pakaian hingga gaya rambut dapat diubah | ©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Salah satu fitur menarik dari gim seri utama Pokemon yang terbaru (Pokemon X & Y, Pokemon Sun & Moon, Pokemon Sword & Shield) ialah fitur untuk mengubah dan memodifikasi karakter utama yang pemain mainkan. Fitur sederhana ini membuat pengalaman bermain mengeksplorasi daerah baru ini terasa unik dan spesial, di mana kita dapat menjadikan karakter kita menjadi apa yang kita idamkan (walaupun fitur kustomisasi ini belum bisa maksimal hingga bagian tertentu saja). Selain dari fitur untuk memodifikasi karakter, kali ini pemain dapat membuat kartu uniknya agar dapat bertukar informasi satu sama lain.

Animasi statis

Pertarungan yang terasa hambar tanpa ada gerakan | ©Pokémon. ©Nintendo / Creatures Inc./GAMEFREAK inc.

Walaupun sudah berpindah ke konsol rumah Nintendo Switch, animasi di gim terbaru ini masih tetap terasa kaku dan tidak bernyawa. Wujud Pokemon yang statis tanpa adanya pergerakan terasa cocok jika memang sedang bertarung secara kompetitif, namun bila hanya bermain dengan santai maka selayaknya ada suatu animasi untuk menarik minat dari pemain itu sendiri.

Ulasan Pokemon Sword & Shield berlanjut ke halaman berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.