Bosan #DiRumahAja? Mari Mainkan Novel Visual dan Chat Story di Platform Memories!

0
Memories Interactive

Saat ini kita semua sedang dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit dengan munculnya pandemi virus Corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan. Hingga saat ini sudah terdapat 514 kasus positif Corona di Indonesia, dan pemerintah berusaha menekan angka penyebaran diseluruh pelosok tanah air Indonesia. Beberapa waktu yang lalu melalui berbagai platform jejaring sosial, muncul gerakan #DiRumahAja yang merupakan ajakan bagi setiap orang untuk waspada, bahwa kita semua bisa terhindar dari penyebaran virus Corona dengan #DiRumahAja. Semakin cepat kita menghentikan rantai penyebaran, semakin kita membatasi pertumbuhan eksponensialnya.

Untuk mengatasi rasa jenuh pada saat #DiRumahAja, Agate bekerjasama dengan CIAYO meluncurkan Memories, platform novel interaktif di mana pengguna dapat merasakan pengalaman menjadi karakter utama diberbagai cerita yang berbeda-beda dan menentukan jalan cerita sesuai dengan keinginannya.

“Kami memberikan beberapa pilihan didalam cerita yang nantinya harus dipilih oleh pemain untuk menentukan akhir dari cerita yang sedang mereka mainkan, sehingga para pemain betul-betul merasakan terlibat dalam permainan ini,” ujar Arif Widhiyasa, CEO dari Agate.

Peluncuran awal Memories sudah dilakukan pada tahun 2019 dengan cerita yang sangat terbatas dan di awal tahun 2020 ini, cerita dalam Memories sudah diperbanyak bahkan saat ini sudah tersedia di Apple AppStore setelah beberapa waktu yang lalu hanya tersedia di Google PlayStore.

Memories mempunyai 2 tipe cerita yaitu novel visual yang terdiri dari 13 cerita dan Chat Story yang terdiri dari 7 cerita. Di setiap cerita, pemain akan diberikan pilihan-pilihan untuk menentukan jalan cerita. Ada pilihan yang gratis dan ada juga yang berbayar menggunakan in-game currency diamond, di mana pilihan yang berbayar biasanya memberikan tambahan berupa ilustrasi special yang dapat dinikmati oleh pemain. Akan tetapi, pemain tetap dapat menamatkan cerita tanpa harus memilih pilihan berbayar. Saat ini, untuk mendukung kegiatan #DiRumahAja, Agate juga meluncurkan promosi #FunFromHome yaitu promo gratis 20 diamond untuk memilih pilhan berbayar dengan cara melakukan penukaran voucher “FUNFROMHOME” di gim Memories. Promosi ini berlaku hingga 29 Mei 2020.

“Kami mengerti bahwa orang- orang yang sangat aktif pasti akan merasa jenuh untuk #DiRumahAja, sehingga selain kami meluncurkan cerita lebih banyak lagi di gim interaktif kami, Memories, kami juga mengeluarkan promosi #FunFromHome sebagai terapi dari usaha kita melakukan social distancing. Promo #FunFromHome ini juga kami berikan untuk beberapa gim lainnya seperti Esports King, Juragan Kost, Teka-teki Santai dan Meong Mart,” tambah Arief Widhiyasa kembali.

Di cerita novel visual, pemain dapat menikmati cerita lengkap dengan visual karakter dan background yang menarik. Sedangkan di cerita Chat Story, pemain dapat menikmati cerita dengan tampilan seperti sedang menggunakan aplikasi chatting.

This slideshow requires JavaScript.

Beberapa cerita di novel visual diangkat dari novel popular yang diangkat menjadi film layer lebar, di antaranya adalah:

  1. Mariposa yang diangkat dari novel popular karya Luluk HF dan baru-baru ini tayang di bioskop yang dibintangi oleh Angga Aldi Yunanda dan Adhisty Zara. Dicerita ini, pemain akan berperan sebagai tokoh utama yang berusaha mendapatkan hati cowok pujaannya dengan berbagai selingan komedi-komedi ringan khas anak SMA.
  2. Dilan 1990 & Dilan 1991 yang diangkat dari novel popular karya Pidi Baiq dan juga sudah dangkat menjadi film layer lebar yang berhasil menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Dicerita ini, pemain akan berperan jadi Milea dan akan merasakan rasanya didekati oleh Dilan dengan segala cara uniknya yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

Cerita lainnya di novel visual merupakan cerita asli yang secara eksklusif hanya terdapat di Memories, di antaranya adalah:

  1. Red White Cinderella yang bernuansa fantasi romantic dengan setting kerajaan Indonesia jaman dahulu tetapi dengan ditambahkan twist teknologi masa kni seperti mobil dan gadget.
  2. Dream! Fashion Star yang menawarkan pemainnya bepergian secara virtual ke berbagai destinasi wisata popular dunia, misalnya Jepang, Korea, Thailand dan tentu saja Indonesia.
  3. Catatan Maya yang bernuansa horror dan pemain dapat merasakan pengalaman mencekam melaui audio visual yang imersif.

This slideshow requires JavaScript.

Sama seperti novel visual, beberapa cerita dalam Chat Story juga merupakan cerita asli yang secara eksklusif hanya terdapat di Memories, di antaranya adalah:

  1. Married a Stranger yang menawarkan pemain merasakan pengalaman menjadi seorang wanita berumur 20 tahun yang harus menerima kenyataan menikan dengan laki-laki yang baru saja dikenal.
  2. Love Scenario yang menawarkan pengalaman menjadi seorang manajer artis yang terjebak cinta segitiga.

Saat ini gim Memories sudah didownload oleh hampir 1 juta pemain, dengan lebih dari 100.000 pemain aktif setiap bulannya.

“Kami mengarapkan gim Memories ini dapat membantu meningkatkan minat orang Indonesia untuk membaca dan bisa menjadi wadah baru untuk berkarya bagi para penulis Indonesia,” sambung Arief kembali.

CIAYO sendiri merupakan sebuah perusahaan online comic platform, dimana para penggunanya dapat membaca komik secara gratis, termasuk komik hasil karya komikus Indonesia. CIAYO juga memiliki unit yang focus dalam pengembangan gim bernama CIAYO Games.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.