Ulasan Livestream Debut Ayunda Risu: Tupai Menjadi Vtuber? Menarik Sekali!

0
hololive
ⓒ 2017-2020 cover corp.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, pada 6 April lalu, telah diumumkan bahwa ketiga vtuber Hololive Indonesia, Ayunda Risu, Moona Hoshinova, dan Airani Iofifteen, akan melakukan livestream debut mereka mulai 10 April 2020 selama 3 hari berturut – turut. Kini ketiga vtuber tersebut telah menayangkan penampilan debut mereka. Tanpa diduga livestream debut mereka akan menghasilkan kemeriahan yang luar biasa dalam kultur vtuber di tanah air, karena masing – masing live debut mereka telah menarik ribuan orang untuk menonton, bahkan saat ini channelnya mereka telah di subscribe puluhan ribu pengunjung.

Dan kali ini, saya akan mengulik serba – serbi yang menarik dalam isi livestream mereka masing – masing. Dimulai dari Ayunda Risu yang menurut saya atau sebagaimana banyak orang katakan tampak seperti Inugami Korone, baik dari penampilannya maupun kepribadiannya. Namun, kok bisa mereka berdua mirip? Mari simak bersama – sama!

Intro yang Tidak Biasa

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Salah satu kesan yang saya dapatkan dan mungkin tidak didapati oleh vtuber lain ialah apabila vtuber pada umumnya akan memulai debut penampilan mereka dengan postur dan wajah mereka seperti biasanya, Ayunda Risu justru memulai dengan “tupai”. Anda tidak salah baca, Ayunda Risu memulai penampilannya dengan wujud seekor tupai, karena karakter Risu memang merupakan seekor gadis tupai dari hutan ajaib. Namun, itu tidak berlangsung lama setelah Risu melantangkan mantra ajaibnya dan kemudian, puf, jadilah Risu seperti yang Anda lihat sekarang.

Advertisement Inline
ⓒ 2017-2020 cover corp.

Tentunya Anda tidak menyangka ketika bersiap untuk melihat full version dari karakter Risu, ternyata yang Anda lihat malah hanya gambar tupai. Anda kaget? Saya juga kaget. Memang tidak salah juga karena Risu adalah seekor tupai, tapi saya melihat ini sebagai intro yang big brain. Tanpa disadari ternyata Risu memiliki humor yang intelektual, sehingga ia memperlihatkan kepada Anda versi beta dirinya.

Karakter yang Unik dari Berbagai Sisi

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Banyak sekali hal yang menarik dari tupai bernama Risu ini, salah satunya dari penampilannya. Desain karakternya dibuat oleh Yatomi, ilustrator yang sama yang menggambar ilustrasi manga Shirobako, desainnya sangat cantik dari wajah hingga ekornya yang lembut dan panjang, lebih panjang dari cerita sinetron, bahkan jika Anda memperhatikan telinga nya Risu, ternyata telinga nya dapat digerakkan. Selain itu, topi yang tepat di belakang telinga Risu ternyata memliki filosofi tersendiri, karena ulang tahunnya Risu, yaitu 15 Januari, bertepatan dengan Hari Topi Nasional. Dan juga memang Risu senang memakai topi, jadi jangan heran bila Anda sewaktu – waktu melihat Risu di Taman Topi.

Di samping dari topinya Risu, nama Ayunda Risu pun ternyata terdapat filosofinya tersendiri, sebagaimana yang dijelaskan Risu, Ayunda Risu berasal dari jenis tupai yang bernama Tupaia Splendidula, yang mana bila diartikan adalah Pretty Squirrel, dan Pretty tersendiri artinya Ayu. Jadi, Ayunda Risu artinya adalah Tupai yang Cantik, sesuai dengan orangnya.

Risu bisa 3 bahasa, Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Terlihat jelas selama strim berlangsung walaupun dia sendiri bilang dia tidak fasih bahasa manusia. Bahkan lebih jelas lagi ketika ia karaoke lagu Jepang yang diawali dengan “mati lampu”. Namun, bagian karaoke ini sangat menarik dan jarang dilakukan pada debut vtuber, voice range pun bisa bervariasi dari suara cute menjadi berat. Memang sesuai dengan hobinya Risu yaitu menyanyi.

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Akan tetapi, Risu juga suka bermain gim, dia sangat menyukai gim yang bertema retro, indie atau pixel, salah satu gim favoritnya adalah Stardew Valley, yang mana gim tersebut mengingatkannya pada kampung halamannya. Dia juga bisa bermain gim horor, meskipun ia takut dengan hantu.

Risu sangat menyukai yang namanya onee-chan, terlihat jelas dari backstory nya Risu yang tampak seperti Nekopara. Dan dari onee-chan nya pula Risu diperkenalkan kepada hololive karena sebagaimana yang Risu ceritakan, onee-chan nya memang doyan ngidol hololive.

Anda Suka Korone? Dia Juga

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Selain menyukai onee-chan, tentu saja Risu juga menyukai vtuber Hololive, member favorit dia adalah Shirakami Fubuki, Natsuiro Matsuri, Nekomata Okayu, dan yang paling favorit dan utama adalah Inugami Korone. Jadi sudah terjawab mengapa Risu tampak seperti Korone. Namun tak hanya itu, bila diperhatikan dari gaya bicara dan gaya rambut, apalagi mereka berdua sama – sama memiliki ekor yang panjang dan tebal, memang tampak seperti Korone.

Akan tetapi, meskipun ia sangat menyukai Korone, ia takut dengan anjing. Anda tidak salah baca lagi, Ayunda Risu takut dengan anjing. Agak sedikit berlawanan dengan kecintaannya terhadap Korone karena Korone itu seekor gadis anjing. Namun tetap saja, salah satu cita – citanya Risu yaitu untuk bisa kolaborasi dengan semua member hololive yang mana termasuk Korone di dalamnya. Tak hanya kolaborasi dengan hololive saja, tetapi juga dengan semua vtuber Indonesia lainnya.

Dan cita – cita Risu tidak berhenti sampai di situ saja. Ia pun ingin kolaborasi menyanyi bersama Hoshimachi Suisei dan Amane Kanata, mendapatkan PC sendiri karena ia masih meminjam laptop onee-chan nya, melakukan strim ASMR, mendapatkan fanart dari fans, serta yang mendapatkan 50 ribu subscriber, yang kemudian bertambah 50 ribu lagi, tambah 50 ribu lagi, dan seterusnya.

Kesimpulan

Untuk sebuah livestream debut Ayunda Risu, ada banyak hal yang menarik dari segala isi livestreamnya, baik dari suasana, karakter maupun momen – momen yang terjadi pada strim. Tentunya saya sendiri sangat tertarik untuk mengikuti kegiatannya ke depannya. Bila Anda tertinggal livestream debutnya dan ragu – ragu untuk menontonnya tapi penasaran seperti apa vtubernya, maka segera lah menonton debut nya Ayunda Risu dan ikuti semua media sosialnya!

KAORI Nusantara | Oleh Ferdian Tiraska

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.