Setelah Libur Panjang, Penumpang KRL Jalur Yamanote Kembali Meningkat

1
Petugas berjaga di peron stasiun Shibuya, Tokyo. (Kevin W)

Setelah libur panjang Golden Week, penumpang mulai kembali memadati kereta di Tokyo. Melalui NHK, dalam kenyataan media di sidang kabinet, Menteri Perhubungan Kazuyoshi Akaba mengumumkan telah terjadi peningkatan penumpang di jalur lingkar Yamanote yang dioperasikan oleh East Japan Railway Co. (JR East).

Rata-rata penumpang harian pada seminggu setelah Golden Week telah meningkat sebanyak 10 sampai 20 persen dibandingkan seminggu sebelum Golden Week dimulai. Hal ini membalik penurunan penumpang yang telah mencapai 70 persen sejak akhir Februari sampai akhir April.  Golden Week merupakan hari libur panjang yang berlangsung pada 29 April sampai 6 Mei.

Kawalan Pergerakan Dimulai, Penumpang Stasiun Shibuya Turun 98%

Menteri Perhubungan mengatakan bahwa peningkatan ini terjadi karena banyak karyawan yang kembali masuk kantor setelah libur panjang untuk melakukan koordinasi di kantor. Walau demikian, Menhub tetap berharap agar masyarakat tidak kembali bekerja di luar rumah.

Advertisement Inline

“Masa-masa sampai tanggal 31 adalah krusial, tekanan memang tinggi, namun sampai akhir kami terus berjuang untuk mencegah penyebaran tanpa lengah,” tuturnya.

Per 9 Mei, jumlah kasus virus corona di Jepang telah meningkat menjadi 15.630 kasus positif dengan jumlah kematian sebanyak 621 orang. Pada 7 April 2020, perdana menteri Shinzo Abe mengumumkan keadaan darurat dan perintah kawalan pergerakan berskala besar di wilayah-wilayah zona merah terdampak corona. Namun, tidak ada sanksi untuk pelanggar kawalan pergerakan ini.

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.