Dua Kereta Seoul Metro Bertabrakan di Sanggye, Layanan Terhambat 6 Jam

0
Seoul Metro seri 4000

Tabrakan antara dua rangkaian kereta rel listrik (KRL) terjadi di layanan kereta komuter bawah tanah (subway) ibukota Korea Selatan, Seoul Metro. Akibat kejadian ini, layanan kereta bawah tanah yang menghubungkan Stasiun Nowon dengan Stasiun Danggogae dihentikan selama hampir 6 jam.

Tabrakan terjadi pukul 10.45 siang waktu setempat di Stasiun Sanggye yang merupakan salah satu stasiun di lin 4 yang dioperasikan Seoul Metro. Saat kejadian, kereta yang mengangkut penumpang dari Nowon menuju Danggogae sedang bersiap untuk berangkat dari Stasiun Sanggye, kemudian tiba-tiba muncul kereta tanpa penumpang yang hendak kembali ke depo dari arah belakang di jalur yang sama, sehingga tabrakan tidak dapat dihindari.

Akibat kejadian ini, beberapa bagian di kedua rangkaian kereta mengalami kerusakan terutama pada kedua kabin masinis yang bertabrakan. Beruntung, tabrakan terjadi dengan kecepatan yang rendah dan kondisi kereta yang ditabrak sedang sepi penumpang, sehingga tidak ada penumpang dan kru kereta yang mengalami cedera serius. Hanya terdapat 80 orang penumpang di kereta yang ditabrak dan 5 orang penumpang diantaranya hanya mengalami cedera ringan.

Kecelakaan yang mengganggu layanan lin 4 Seoul Metro selama hampir 6 jam ini membuat penumpang yang hendak menggunakan kereta dari Stasiun Sanggye diarahkan untuk menggunakan transportasi alternatif berupa bus kota yang dapat diakses di sekitar stasiun.

Baik Seoul Metro maupun Korea Railroad (KORAIL) masih menginvestigasi penyebab dari kecelakaan tersebut berdasarkan rekaman CCTV dan informasi dari saksi mata serta kru kereta yang bertugas. Seoul Metro dan KORAIL bekerja sama dalam evakuasi dan pemulihan layanan pasca kecelakaan dengan melibatkan 120 personil gabungan dengan maksimal, sehingga layanan kereta dapat beroperasi kembali sekitar pukul 16.30 sore.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.