Prabawati Sukarta Sang Seiyuu Shizuka Doraemon Pertama di Indonesia Tutup Usia

0
shizuka
@ Fujiko Pro/Shin-Ei Animation/Asatsu-DK/RRI/Dokumentasi Keluarga Prabawati Sukarta

Prabawati Sukarta binti Imam Suparjo, atau Prabawati Sukarta, jurnalis dan pembaca berita senior RRI yang juga adalah seiyuu dari karakter Shizuka Minamoto dalam serial anime Doraemon dilaporkan telah tutup usia. Dikonfirmasi oleh pihak keluarga, sebagaimana dilansir dari RRI, almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya di usia 64 tahun akibat gagal ginjal pada hari Senin, tanggal 15 Juni 2020 pukul 22.50 WIB, setelah bergulat dengan penyakit sejak tahun 2013 lalu.

Almarhumah Prabawati Sukarta tercatat sebagai seiyuu pertama dari karakter Shizuka di Indonesia, di mana ia memerankan karakter tersebut sejak anime Doraemon ditayangkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Ia sempat pensiun sejenak dari anime Doraemon pada tahun 2006, di mana perannya digantikan oleh Nurul Ulfah. Namun ia sempat kembali sejenak sebagai Seiyuu Shizuka pada tahun 2008, hingga akhirnya benar-benar pensiun di tahun 2009, dan digantikan oleh Merysha Chandra. Saat ini peran Shizuka sendiri telah diteruskan oleh Jessy Milianty.

Para seiyuu Shizuka penerus almarhumah, dari kiri ke kanan: Nurul Ulfah, Merysha Chandra, dan Jessy Milianty

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhumah Prabawati Sukarta. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Sang seiyuu Shizuka pertama kini telah pergi menyusul seiyuu pertama Giant dan Suneo, Is Andersa dan Hamdani Hasni. Selamat jalan Shizuka.

Advertisement Inline

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.