Berkenalan dengan Tag Team GX, Bintang Utama Set 5 Pokemon TCG Indonesia

0
pokemon tcg tag team

Set terbaru dari TCG (Trading Card Game) Pokemon versi Bahasa Indonesia telah hadir. Pada set yang berjudul “Koleksi Tag Team” ini, well, seperti yang sudah tertera di judulnya, Pokemon TCG Indonesia menghadirkan satu mekanisme baru bernama Tag Team. Dalam artikel kali ini, KAORI akan mengupas berbagai hal seputar mekanisme Tag Team dalam Pokemon TCG.

Sebelum memulai pembahasan, mungkin saya ingin membuat disclaimer terlebih dahulu, sekalian menjelaskan sedikit bahwa “Tag Team” yang dimaksud di Pokemon TCG bukanlah format permainan baru di mana permainan berlangsung secara 2 v 2. Dalam game Pokemon sendiri memang ada mode di mana pemain harus bertarung secara “Tag Team”, baik itu dengan pertarungan 2 trainer melawan 2 trainer atau 1 trainer melawan 1 trainer namun masing-masing menggunakan dua Pokemon. Tetapi Tag Team yang dimaksud dalam artikel ini adalah mekanisme kartu baru yang hadir di set ke-5 dari Pokemon TCG Indonesia (sebenarnya secara skala tidak juga bisa dibilang sebagai satu mekanisme utuh, namun lebih tepat disebut sebagai tipe kartu baru).

pokemon tcg tag team
Tentu saja bukan fitur Tag Team ini yang kita maksud.

Sejarah Singkat mengenai Pokemon Tag Team GX

Seperti yang kita ketahui, Pokemon TCG versi Bahasa Indonesia sejak awal rilis pada bulan Agustus 2019 hingga saat ini hadir dengan menampilkan kartu-kartu dari era Pokemon generasi ke-7 yakni “Sun & Moon” (Matahari & Bulan dalam versi Bahasa Indonesia). Dalam setiap era seri Pokemon (yang berlangsung sekitar 3 tahun), lini produk Pokemon TCG selalu menghadirkan sebuah mekanisme baru. Pada seri “Sun & Moon”, mekanisme baru yang dihadirkan adalah “Pokemon GX”, “Prism-Star”, serta “Tag Team”.

Advertisement Inline

Mekanisme Tag Team sendiri pertama kali hadir di Pokemon TCG versi bahasa Jepang dalam ekspansi Tag Bolt yang rilis pada bulan Desember 2018. Ekspansi ini kemudian dirilis dalam versi bahasa Inggris dengan nama Team Up yang rilis di bulan Februari 2019. Pada set Team Up dan Tag Bolt ini, untuk pertama kalinya diperkenalkan sebuah tipe kartu baru yaitu “Pokemon Tag Team GX”.

Mengenal Pokemon Tag Team GX

Pokemon Tag Team GX menjadi bintang utama dari set ke-5 TCG Pokemon versi Indonesia. Sesuai dengan namanya, kartu ini menghadirkan fitur “Tag Team” yang terdiri dari dua atau tiga Pokemon yang memiliki satu tipe sama. Seperti contohnya adalah kartu Pikachu & Zekrom GX, di mana kedua Pokemon ini sama-sama memiliki tipe listrik (Electric-type).

pokemon tcg tag team

Selain memiliki satu tipe yang sama, kartu Pokemon Tag Team GX juga ada yang terdiri dari Pokemon dengan tingkat evolusi berbeda. Seperti contohnya adalah Rowlet & Alolan Exeggutor GX, di mana Rowlet adalah Pokemon tingkat Basic sedangkan Alolan Exeggutor adalah Pokemon Stage 1 yang berevolusi dari Exeggcute. Bahkan ada juga Pokemon Tag Team GX yang terdiri dari Pokemon Mega Evolve dengan Pokemon lain yang bukan Mega Evolve, seperti Mega Sableye & Tyranitar GX serta Mega Loppuny & Jigglypuff GX.

Tidak hanya terdiri dari dua Pokemon, ada juga kartu Tag Team GX yang terdiri dari tiga Pokemon. Kartu yang memiliki tiga Pokemon dalam satu kartu ini sering juga disebut sebagai Tag Team Trio. Ada tiga kartu yang termasuk dalam Tag Team Trio yaitu Togepi & Cleffa & Igglybuff GX, Moltres & Zapdos & Articuno GX, serta Arceus & Dialga & Palkia GX.

Menariknya, meskipun terdiri dari Pokemon dengan tingkat evolusi yang berbeda, semua kartu Pokemon Tag Team GX memiliki tipe dan dianggap (treated as) sebagai Basic Pokemon. Karena itu, seluruh efek atau teks kartu yang merujuk kepada “Pokemon Basic” berlaku kepada seluruh kartu Pokemon Tag Team GX (Yap, Tag Team GX ini bisa diambil dari deck menggunakan Nest Ball/Bola Nest).

Lebih Kuat dari Pokemon GX

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kartu Pokemon Tag Team GX ini adalah “varian” yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kartu Pokemon GX biasa. Sebagai kartu yang secara “lore” terdiri dari dua atau bahkan tiga Pokemon, seluruh kartu tipe ini memiliki HP yang besar (bahkan tertinggi dalam skala kartu era Sun & Moon). HP terendah dari kartu Tag Team GX adalah 240 (Pikachu & Zekrom GX) dan HP tertinggi adalah 300 (Magikarp & Wailord GX).

Selain memiliki HP yang relatif besar, kartu Tag Team GX juga memiliki serangan yang bisa dibilang lebih kuat (lagi, dalam skala kartu era Sun & Moon). Sebagai kartu Pokemon GX, masing-masing kartu Pokemon Tag Team GX memiliki serangan GX (GX-attack) yang menjadi “serangan pamungkas” yang hanya bisa digunakan sekali dalam satu pertandingan (mengadaptasi fitur Z-Move dari gim era Sun & Moon). Menariknya, masing-masing serangan GX dari kartu Tag Team GX ini memiliki tanda ‘+’ (tanda tambah) di sebelah Energy Cost yang dibutuhkan untuk melakukan serangan. Tanda ini berarti jika Pokemon Tag Team GX tersebut memiliki jumlah (kartu) energi tambahan sesuai persyaratan (atau teks) yang tertera di kartu tersebut, maka serangan GX tersebut akan memberikan damage (kerusakan) ataupun efek tambahan.

Mari kita ambil contoh serangan Nyala Api Ganda-GX (Double Blaze-GX) milik Reshiram & Charizard GX. Serangan ini membutuhkan 3+ energi Api dengan damage (kerusakan) 200+. Pemain bisa menggunakan serangan GX ini jika sudah ada 3 energi Api yang di-attach dalam kartu tersebut untuk memberikan 200 damage. Namun jika pemain menambahkan 3 lagi energi Api (total 6 energi Api) maka damage dari serangan tersebut akan bertambah 100, menjadi total 300 damage dan tidak akan terpengaruh oleh efek tambahan dari Pokemon lawan.

Seperti halnya dengan kartu Pokemon GX lainnya di mana ada serangan GX yang tidak memberikan damage, begitupun dengan kartu Pokemon Tag Team GX. Meskipun begitu, serangan GX dalam kartu tersebut tetap memiliki tanda ‘+’ di sebelah Energy Cost yang dibutuhkan dan tetap memiliki efek tambahan jika syarat energi tambahannya terpenuhi. Salah satu contohnya adalah serangan Pilar Api Merah GX (Crimson Flame Pillar-GX) milik Charizard & Braixen GX. Serangan GX ini tidak memberikan damage namun memiliki efek menambahkan 5 kartu Basic Energy (Energi Dasar) di Trash ke Pokemon sendiri. Namun jika serangan ini dilakukan dengan setidaknya 1 energi Api tambahan, serangan ini bisa membuat Active Pokemon (Pokemon Bertarung) milik lawan menjadi Burned (Luka Bakar) dan Confused (Pusing).

Artikel bedah kartu Tag Team dari Pokemon TCG Indonesia berlanjut ke halaman selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.