Rudi Sukistiyono si Seiyuu Tukang Tahu Nge-drift Kini Jadi Seiyuu Tenya di My Hero Academia

0
my hero academia
© Kohei Horikoshi / Shueisha, My Hero Academia Production Committee / Dokumentasi Pribadi

My Hero Academia atau Boku no Hero Academia, sebagaimana telah diberitakan sebelumnya anime tentang kisah Deku dan kawan-kawannya yang menimba ilmu di sekolah kepahlawanan ini ditayangkan di Indonesia. Adalah stasiun televisi Rajawali Televisi, atau RTV yang telah menayangkan anime ini di Indonesia sejak tanggal 18 Juli 2020, dan ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 18.00 WIB. Anime ini sendiri ditayangkan sebanyak 2 hingga 3 episode sekaligus dalam sekali penayangan.

Sama seperti berbagai serial anime dan tokusatsu yang ditayangkan di RTV, Studio Erfas yang sudah banyak menangani penyulihan suara berbagai serial asing yang ditayangkan di Indosiar, ANTV, TV7 (kini TRANS7), dan RTV kembali dipercaya untuk menangani penyulihan suara anime My Hero Academia ke dalam bahasa Indonesia. Adalah Mahindra Yudha Permana yang dipercaya untuk memerankan sang karakter Izuku Midoriya alias Deku. Beberapa seiyuu lainnya yang turut bermain di anime ini di antaranya ada Tri Adi yang berperan sebagai Bakugo, Bonar yang berperan sebagai 2 guru Akademi U.A. sekaligus, yakni Hizashi Yamada dan Shota Aizawa, dan tak lupa Rio Fitra yang berperan sebagai All Might sang pahlawan super idola Deku.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement Inline

Satu lagi seiyuu yang turut berperan dalam My Hero Academia adalah Rudi Sukistiyono yang berperan sebagai Tenya Iida (di RTV dirubah menjadi Tenya Lida) sang ketua kelas 1-A. Rudi Sukistiyono, atau juga dikenal sebagai Ruddy Bonham sendiri adalah seiyuu yang memulai debutnya sebagai seorang seiyuu pada tahun 2000, dan sudah banyak mengisi suara sejumlah serial anime yang tayang di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sebagai Takumi Fujiwara dari anime Initial D hingga Ichigo Kurosaki dari anime Bleach. Bahkan ia juga pernah mendubbing Spongebob dalam serial Nickleodeon Spongebob Squarepants. Rudi Sukistiyono sendiri juga aktif menjadi seiyuu di Sturio Erfas yang merupakan langganan mendubbing serial anime dan tokusatsu di RTV, selain My Hero Academia itu sendiri. Hal ini menjadikan suaranya akrab terdengar di sejumlah serial anime maupun tokusatsu yang tayang di RTV, dari mulai Super Sentai, Kamen Rider, hingga Power Rangers, dan hampir dipastikan ia juga akan turut berperan di entah serial anime atau tokusatsu apa lagi yang akan ditayangkan oleh RTV ke depannya. Bagi para fans yang kerap kali menonton serial anime maupun tokusatsu yang tayang di RTV, suaranya kerap kali terdengar dalam sejumlah judul seperti Kamen Rider Ex-Aid sebagai Emu Hojo, Kyuuranger sebagai Naga Ray,  Lupin Ranger vs Patranger sebagai Good Striker & Jackpot Striker, hingga Power Rangers Ninja Steel sebagai Preston.

Dikenal di Jepang dengan judul Boku no Hero Academia, anime ini sendiri diangkat dari serial komik berjudul sama karya komikus asal Jepang Kohei Horikoshi. Serial komik ini pertama kali terbit di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Jump pada Juli 2014 dan serial komiknya masih berjalan hingga kini. Karena kesuksesannya, komik ini akhirnya diadaptasi menjadi serial anime oleh Studio BONES yang telah tayang selama tiga musim. Serial yang juga dikenal di Jepang sebagai Boku no Hero Academia ini juga telah dibuat menjadi film layar lebar, dan sebuah proyek live action juga telah direncanakan oleh akan diadaptasi menjadi film live action oleh Legendary Pictures, yang sebelumnya dikenal dengan adaptasi film Godzilla ala Amerika, berikut jagat sinema para monster-monster raksasa, alias Monsterversenya yang terkenal itu. Di Indonesia sendiri komiknya telah diterbitkan oleh penerbit m&c!.

2 orang berkecepatan tinggi ini didubbing oleh orang yang sama!
© Shuichi Shigeno / Kodansha • to max • OB PLANNING
© Kohei Horikoshi / Shueisha, My Hero Academia Production Committee

Dalam komik My Hero Academia dikisahkan mengenai petualangan dari Izuku Midoriya alias Deku, seorang anak yang terlahir tanpa kekuatan super di dunia yang banyak dipenuhi manusia dengan kemampuan unik yang disebut quirk. Meski demikian, ia tetap ingin dapat memiliki kekuatan bagaikan seorang pahlawan super seperti superhero favoritnya, All Might. Ia akhirnya mendapatkan kekuatan quirk-nya dan akhirnya bergabung di sekolah pahlawan Akademi U.A. dan bertemu dengan para calon superhero-superhero lainnya di sekolah tersebut. Sejak itu dimulailah kisah petualangan Deku dan kawan-kawannya dalam menimba dan memperdalam ilmu mereka demi menjadi pahlawan super atau superhero sejati yang akan melindungi warga dari marabahaya.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.