Seperti Ini Fitur Evolusi dan Skill di Gim Pokemon UNITE!

0
pokemon unite evolusi skillset

Jika ditanya apa hal yang menjadi ciri khas dari seri Pokemon, tentu jawabannya adalah evolusi dan juga adanya “Move Set”. Dua hal ini menjadi poin sentral dari seluruh bentuk gim Pokemon yang ada baik itu gim RPG di konsol sebagai seri utama (seperti “Sword & Shield”), lalu di TCG (“Trading Card Game”), hingga di Pokemon GO sekalipun. Tentu saja, dua unsur ini juga dihadirkan dalam gim Pokemon UNITE.

Baca Juga: Ini Dia Pengganti Fitur “Tower” di Pokemon UNITE!

Sistem evolusi dalam gim ini dibuat menjadi bagian dari sistem “Levelling”. Seperti halnya gim MOBA pada umumnya, pemain akan memulai gim dengan menggunakan “Hero”, atau dalam hal ini Pokemon yang masih berada di level 1. Seiring berjalannya permainan, pemain bisa mengalahkan “Creep” atau dalam hal ini Pokemon liar untuk mendapatkan “Experience Point” yang akan meningkatkan level Pokemon pemain. Semakin tinggi level, semakin kuat Pokemon yang pemain miliki. Tentu saja, karena ini gim Pokemon, semakin tinggi level karakter “hero”-nya maka Pokemon pemain pun akan mengalami evolusi.

pokemon unite evolusi
“Evolution is a mystery, full of change that no one sees” (Motörhead, 2004)

Dalam presentasinya, pihak The Pokemon Company menunjukkan bahwa pemain yang menggunakan Charmander akan berevolusi menjadi Chameleon dan kemudian Charizard. Mengenai evolusi ini, saat memilih karakter sebelum permainan berlangsung pemain memilih karakter evolusi terakhir dari Pokemon tersebut. Jika ketika di “lobby” pemain memilih untuk bermain sebagai Venusaur, saat permainan dimulai pemain tidak langsung mengendalikan Venusaur. Pemain akan mengendalikan Bulbasaur terlebih dulu dan harus meningkatkan level untuk berevolusi menjadi Venusaur.

Advertisement Inline

Namun satu hal yang menarik perhatian dari gameplay yang dipresentasikan oleh The Pokemon Company adalah adanya kemungkinan beberapa Pokemon yang (mungkin) tidak bisa berevolusi. Seperti contohnya adalah sang tikus listrik Pikachu, saat memilih Pokemon di Lobby terlihat bahwa pemain bisa memilih Pikachu. Dalam gim Pokemon sendiri, Pikachu bisa berevolusi menjadi Raichu dengan menggunakan Electric Stone. Bisa jadi pemain tidak akan bisa menjadi Raichu karena secara alamiah evolusi Pikachu menjadi Raichu bukan terjadi karena peningkatan level. Namun belum diketahui juga apakah jika menggunakan Pikachu pemain akan memulai sebagai Pichu atau tidak. Begitupula dengan Snorlax, masih belum jelas apakah jika memilih Snorlax pemain akan memulai permainan sebagai Munchlax.

pokemon unite evolusi
Tampilan Lobby Pokemon UNITE. Jika memilih Venusaur, pemain akan memulai permainan dengan Bulbasaur

Membahas gim MOBA biasanya tidak akan jauh-jauh dari “Skill” apa yang dimiliki suatu “Hero” atau “Champion”. Dalam gim Pokemon UNITE, masing-masing Pokemon sebagai Hero memiliki Move yang berbeda-beda seperti di gim MOBA lainnya. Namun sebagai gim yang pada inti permainannya saja sudah berbeda dari gim MOBA biasa, ternyata gim ini memiliki sistem “Skill” alias “Move Set” yang cukup berbeda.

Jika pada gim MOBA lainnya, satu “Hero” memiliki 4-5 skill (jika bermain DotA 2 atau Vainglory) atau 3-4 skill (jika bermain MOBA smartphone seperti AOV atau ML). Dalam skill set tersebut, skill terakhir menjadi skill pamungkas alias “Ultimate”. Dari presentasi yang ditampilkan pun terlihat Pokemon pemain memiliki 3-4 Skill dan juga terdapat “UNITE Skill” yang bersifat mirip seperti “Ultimate Skill” di gim MOBA pada umumnya. Sepertinya masih terkesan sama bukan? Tetapi gim ini berkata lain.

Dalam gim MOBA biasanya pemain akan mendapatkan skill baru sesuai skill set yang sudah ada di masing-masing “Hero”. Namun dalam gim Pokemon UNITE, “Move Set” yang ada tidak bersifat linear. Pemain bisa memilih, melakukan “mix and match” skill yang akan digunakan.

pokemon unite skillset

Mix and match? Berarti satu Pokemon bisa memiliki kombinasi skill yang berbeda sesuai playstyle pemain? Benar sekali. Kembali lagi merujuk dalam presentasi yang disampaikan oleh The Pokemon Company, disebutkan bahwa 1 Pokemon bisa memiliki “playstyle” yang berbeda. Contohnya saja pemain bisa memainkan Charizard sebagai “Close-Range Attacker” atau “Long-Range Attacker”.

Seperti gim MOBA lainnya, Pokemon pemain akan mendapatkan “skill” baru seiring dengan naiknya level. Bedanya, dalam gim ini jika level Pokemon pemain meningkat, bisa saja pemain tidak mendapat 1 “Move” baru tetapi harus memilih 1 di antara 2 “Move”. Dalam presentasinya, The Pokemon Company menunjukkan Move “Fire Spin” milik Charizard bisa di-upgrade menjadi “Fire Blast” atau “Flare Blitz”, dua Move berbeda dengan efek yang berbeda pula.

Dari sistem “Move Set” ini, sepertinya terlihat bahwa sistem “build” masing-masing Pokemon nanti terletak pada “Move Set” apa yang digunakan oleh pemain. Masing-masing “Move Set” tentu memiliki keuntungan/advantage sendiri ketika berhadapan dengan Pokemon lawan atau situasi tertentu. Selain itu, karena masih belum diketahui apakah gim ini memiliki sistem Item seperti gim MOBA lainnya atau tidak, sejauh ini sepertinya “build” masing-masing Pokemon di gim Pokemon UNITE akan benar-benar bergantung pada “Move Set”.

Mengenai “Item”, gim MOBA umumnya memiliki sistem “Item” di mana pemain bisa mendapat uang dari mengalahkan musuh dan kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli “Item” yang meningkatkan kekuatan “Hero”. Biasanya masing-masing “Hero” memiliki “Set Item” tersendiri yang bisa disesuaikan dengan “playstyle” pemain dan sikon permainan.

Pokemon sendiri sebenarnya juga mengenal sistem “Item”, namun biasanya satu Pokemon hanya bisa memegang 1 “hold Item” saja. Item lain bisa digunakan oleh sang trainer, bukan oleh Pokemon. Sistem 1 “hold Item” ini terus digunakan pada gim RPG utama Pokemon dan juga di TCG di mana 1 kartu Pokemon hanya bisa di-attach dengan 1 “Pokemon Tool” saja.

Balik lagi kepada MOBA, biasanya gim MOBA memiliki sistem di mana “Hero” bisa menyimpan maksimal 6 “item” yang bisa memberikan efek pasif ataupun aktif. Mengingat Pokemon biasanya hanya memiliki 1 “hold item” saja, sepertinya sistem “Item” di Pokemon UNITE kemungkinan tidak akan digunakan. Jika memang benar-benar tidak ada sistem “Item” maka bisa dipastikan “Move Set” menjadi strategi kunci dalam build masing-masing Pokemon. Atau mengingat ini memang game Pokemon yang benar-benar baru, bisa jadi The Pokemon Company dan Timi Studio menghadirkan sistem “item” seperti gim MOBA lainnya. Kita tunggu saja nanti saat gim ini benar-benar rilis dan bisa kita mainkan langsung.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.