Ini Dia Pengganti Fitur “Tower” di Gim Pokemon UNITE!

0
pokemon unite moba
Push rank dulu, gan! (©2020 Pokemon ©2020 Tencent)

Pernahkah membayangkan sebuah gim MOBA tapi dengan karakter dari seri Pokemon? Sepertinya imajinasi tersebut tidak lama lagi terwujud karena pihak The Pokemon Company dan Tencent tengah mempersiapkan gim MOBA berjudul Pokemon UNITE. Namun gim ini sepertinya akan berbeda dari gim MOBA pada umumnya.

Sebelumnya kami sudah membahas bagaimana bentuk “Map” dari Pokemon UNITE yang terlihat sangat berbeda dengan MOBA lainnya. Di saat MOBA seperti DotA 2, LoL, AOV maupun Mobile Legends memiliki 3 jalur (lane), map di gim ini hanya terdiri dari 2 jalur. Tidak hanya itu saja, bahkan “Map” dalam gim ini juga tidak memiliki “Tower” atau “Turret”.

Ketiadaan “Tower” ini membuat gameplay dalam Pokemon UNITE berbeda dari gim MOBA lainnya. Dalam gim ini keberadaan “Tower” digantikan dengan “Scoring Area”. Masing-masing tim memiliki 5 “Scoring Area” yang terbagi menjadi 2 titik di jalur atas, 2 titik di jalur bawah dan 1 titik tepat di depan “Base”.

Pokemon unite moba

Advertisement Inline

Lalu apakah fungsi “Scoring Area” ini? Sesuai namanya, ini adalah tempat di mana pemain mencetak skor, atau lebih tepatnya menyetor poin.  Dari video gameplay yang ditampilkan dalam presentasinya, tim The Pokemon Company menunjukkan bahwa objektif gim ini mengumpulkan poin sebanyak mungkin hingga waktu permainan berakhir. Objektif permainan ini sangatlah berbeda dari gim MOBA pada umumnya yang menuntut pemain untuk berusaha masuk ke markas lawan kemudian menghancurkan objek “Ancients” atau Benteng utama milik tim lawan.

Poin bisa didapatkan dengan menangkap (atau lebih tepatnya mengalahkan) Pokemon liar yang akan muncul di Map. Setelah mengumpulkan poin, pemain bisa menyetorkan poin dengan berdiri tepat di Scoring Area milik tim lawan. Namun berhati-hatilah karena Pokemon tim lawan bisa menggagalkan atau malah mengalahkan Pokemon pemain yang dengan lengah masuk ke area tim lawan tanpa persiapan yang matang.

pokemon unite moba
Tangkap” (atau lebih tepatnya kalahkan) Pokemon Liar di Map untuk mendapatkan skor
Setor poin di Scoring Area yang ada di wilayah musuh

Masih belum diketahui apakah gim Pokemon UNITE ini akan menampilkan unsur “Creep” atau “Minion” seperti gim MOBA lainnya. Jika dalam gim MOBA lain, kehadiran “Creep” atau “Minion” berfungsi sebagai unit yang membantu pemain untuk menyerang Hero maupun “Tower” tim lawan. Namun karena gim ini tidak memiliki “Tower”, bisa jadi keberadaan “Creep” atau “Minion” tidak akan ada dan digantikan dengan keberadaan Pokemon liar sebagai “Neutral Creep” yang diperebutkan oleh pemain dari kedua tim.

Bisa dikatakan bahwa gim Pokemon UNITE ini sangat menitikberatkan pada “Objective Scoring” yang harus diperhatikan dengan cermat. Kekompakkan tim akan diuji ketika pemain harus menentukan apakah akan menyetor poin lebih awal sebelum tim lain atau harus bersabar memancing tim musuh masuk ke area tim sendiri kemudian menyergap tim lawan dan langsung menyetor poin saat semua Pokemon tim lawan sedang “Respawn”. Atau bisa juga menyergap tim lawan saat sedang farming poin dengan mengalahkan Pokemon liar yang ada di “Map”. Banyak strategi yang bisa dilakukan namun satu hal yang pasti, pemain harus mengetahui objektif dengan jelas, tidak boleh sembarangan maju sendiri untuk menyetor poin atau sembarangan membunuh Pokemon lawan.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.