Tanpa Tower? Inilah Perbedaan Pokemon UNITE dengan AoV dan ML!

0
pokemon unite moba
Push rank dulu, gan! (©2020 Pokemon ©2020 Tencent)

Menggandeng studio Timi dari Tencent, pihak The Pokemon Company mengumumkan gim baru berjudul Pokemon UNITE. Berbeda dari gim Pokemon yang sudah ada, gim ini mengambil konsep permainan dari genre MOBA. Meski begitu, ternyata gim ini memiliki gameplay yang berbeda dari gim MOBA pada umumnya.

Secara garis besar bisa dikatakan bahwa Pokemon UNITE memiliki beberapa unsur yang ada dari game MOBA lainnya. Dalam gim ini pemain masih harus memilih 1 Pokemon yang digunakan sebagai karakter “Hero” atau “Champion”. Permainan juga tetap berlangsung antara 2 tim di mana masing-masing tim terdiri dari 5 pemain.

pokemon unite
“Team Battle 5v5” masih seperti MOBA pada umumnya

Namun berdasarkan presentasi event Pokemon Presents yang disiarkan pada hari Rabu (24/6) lalu, terlihat bahwa gim ini memiliki pola permainan yang berbeda dari gim MOBA ponsel pada umumnya, seperti Arena of Valor maupun Mobile Legends. Perbedaan paling mencolok terlihat dari bentuk “Map” atau arena tempat permainan berlangsung. Struktur “Map” yang ada di gim Pokemon UNITE sangat berbeda dengan “Map” yang ada di gim MOBA lainnya baik itu DotA 2, AoV, ML LoL, dan gim lainnya.

Bentuk “Map” yang ada di gim Pokemon UNITE ini lebih mirip dengan Map yang ada di gim Heroes of the Storm. Meski begitu, sepertinya map di gim ini tidak terbagi menjadi 3 “Lane” atau jalur (Top/Atas, Mid/Tengah, Bottom/Bawah) melainkan hanya terbagi menjadi 2, yakni atas dan bawah. Bagian tengah “Map” tidak bisa diakses langsung dari area “Base” dan terlihat seperti area “Jungling” dengan bentuk “Poke Ball” di tengahnya.

Advertisement Inline
pokemon unite
Bentuk map yang sedikit menyerupai Poke Ball, dengan jalur tengah yang tidak dapat langsung diakses dari area Base

Perbedaan paling mencolok dari bentuk map di gim Pokemon UNITE dibandingkan gim MOBA lainnya adalah tidak adanya “Tower” atau “Turret”. Umumnya dalam sebuah gim MOBA, keberadaan “Tower” di masing-masing Lane memiliki peran penting dalam penentuan strategi dan juga gameplay yang berlangsung. Bahkan, gim Heroes of the Storm sendiri yang memiliki bentuk Map yang tidak jauh berbeda pun masih memiliki “Tower”.

Walau memiliki bentuk berbeda dengan gim MOBA lainnya, map di gim Heroes of The Storm masih memiliki tower.

Keberadaan “Tower” atau “Turret” dalam gim ini digantikan oleh “Scoring Area” yang menjadi objektif utama. Dalam gim ini, tim yang mencetak skor terbanyak di “Scoring Area” milik lawan menjadi pemenangnya. Poin bisa didapat dari mengalahkan Pokemon yang ada di “Map” dan menyetorkan poin tersebut di “Scoring Area” milik lawan.

Tidak ada Tower yang menyerang tim lawan, hanya ada Scoring Area untuk menyetor skor.

Bentuk Map yang berbeda ditambah ketiadaan “Tower” atau “Turret” yang digantikan oleh “Scoring Area”, membuat Pokemon UNITE sepertinya terlihat memiliki gameplay yang berbeda dibanding gim MOBA pada umumnya. Namun mengingat gim ini masih cukup baru diumumkan dan belum ada informasi lebih lanjut, masih belum bisa dipastikan dengan jelas bagaimana gameplay gim ini berlangsung.

Apakah memang gim ini hanya akan menampilkan 1 map ini saja ataukah bisa saja akan ada map baru dengan mode gameplay berbeda yang akan hadir setelah gim-nya dirilis? Mari kita nantikan perilisan Pokemon UNITE!

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.