Di tahun 2020 ini yang masih memasuki masa pandemi, salah satu perusahaan smartphone, OPPO merilis salah satu flagship brand-nya yaitu OPPO Reno4 pada bulan Agustus ini. Bukan main buat OPPO di tahun ini mengeluarkan seri Reno4 di Indonesia. Pasalnya seri sebelumnya yaitu Reno3 dirilis di Indonesia pada bulan maret 2020 yang lalu. Artinya, sudah lima bulan dan tiba-tiba sudah muncul lagi seri Reno berikutnya yaitu Reno4 pada agustus ini.

Namun, adapun beberapa fitur yang benar-benar bisa dibilang Upgrade ketimbang seri-seri Reno sebelumnya yang ada di OPPO Reno4.

  • Desain dan warna OPPO Reno4 yang terispirasi barang glamour
Warna Space Black yang terkena efek cahaya akan ada monogram logo Oppo yang mirip produk tas ternama

Desain dari OPPO Reno4 mulai upgrade juga dari seri Reno sebelumya, dari segi body smartphone tersebut benar-benar slim karena ukuran body-nya saja mempunyai berat 165g dan ketebalan 7.7mm. Selain itu, OPPO Reno4 mempunyai warna yang sangat inovatif karena OPPO mengambil berdasarkan barang-barang glamour bermerek. Ada 2 warna yang disediakan yaitu Space Black yang di mana jika terkena efek cahaya akan ada monogram logo OPPO yang mirip tas branded terkenal di dunia yaitu “Gucci”, dan Warna Galactic Blue yang di mana OPPO menggunakan teknik Reno Glow di seri ini dengan memberikan sentuhan akhir berupa tekstur matte dengan kilauan yang sangat halus, karena warna ini berdasarkan dari kilauan pada berlian diamond saat terkena pantulan cahaya.

  • Fitur kamera yang berlimpah 
Kamera yang diterapkan di Oppo RENO4 masih Quad Camera walau terlihat hanya 3 kamera ternyata ada satu di bagian samping kamera pertama yang berukuran kecil di atas flashlight

Di segi fitur fotografi, OPPO Reno4 sudah disematkan 4 kamera belakang dengan kamera utama sebesar 48MP High Definition Main Camera 1/2″ Sensor F1, 8MP Ultra Wide-Angle Camera 1/4″ Sensor F2.2, 2MP Macro Lens 1/5″ Sensor F2.4 dan 2MP Mono Camera 1/5″ Sensor F2.4. OPPO Reno4 juga menyiapkan segala fitur dari sisi fotografi yaitu penambahan AI Color Potrait Mode yang di mana fitur ini membuat hasil foto yang didapat ketika melakukan photo modelling semua background berubah menjadi hitam putih kecuali objek tesebut. Selain itu, OPPO juga menerapkan 960fps Smart Slow Motion untuk segi videography yang di mana fitur ini bisa menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap bidikan gerak lambat di tengah-tengah video, baik saat menangkap ekspresi mikro sepersekian detik maupun saat ada momen seperti percikan air ataupun bubuk warna. Kualitas video ini juga support resolusi 720p. Untuk kamera depannya, OPPO menyematkan sebesar 32MP Single Camera 1/2.74″ Sensor F2.4 di bagian punch hole display-nya dengan fitur Ultra Night Selfie dan fitur video slow motion 240fps dengan resolusi 720p. Tidak hanya itu, OPPO juga menyematkan aplikasi bawaan SoLoop untuk mengedit hasil video yang ditangkap.

Advertisement Inline
  • Performa yang bertenaga 

Di OPPO Reno4 ini sudah dilengkapi processor Qualcomm Snapdragon 720G SoC sebesar 2.3Ghz, dengan fabrikasi 8nm dan RAM Low Power DDR4X Semiconductor sebesar 8GBb yang siap melahap segala aktivitas seperti medsos, foto dan video maupun Gaming. OPPO Reno4 juga punya fitur Quick Return Bubble untuk gamer yang di mana bisa beralih ke layar lain jika menunggu waktu respawn, maupun menunggu room memulai permainan (tetapi fitur ini baru bisa mendukung game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends dan AOV).

  • Fitur keamanan yang klop

OPPO Reno4 menyematkan fitur keamanan terbaru yaitu Smart Spying Protection di mana sensor tersebut hanya mendeteksi wajah pengguna jika ada sebuah notifikasi SMS maupun medsos, tetapi pengguna merasa terusik oleh orang lain untuk melihat notifikasi tersebut. Fitur ini bisa diandalkan karena hanya pengguna yang bisa melihat notifikasi lengkap sedangkan orang lain selain pengguna hanya bisa melihat kotak notifikasi yang tidak ada isinya.

  • Fitur lainnya dan OS tang telah di-update

Di OPPO Reno4 ini ada fitur yang lain seperti Smart Air Control di mana pengguna bisa melakukan penerimaan panggilan tetapi tidak mau menyentuh layar smartphone tersebut karena kotor atau tangan lagi sibuk melakukan sesuatu. Selain itu OPPO Reno4 sudah dibekali baterai sebesar 4015mAh dengan 30W VOOC flash charge 4.0. Tapi sayangnya, OPPO Reno4 di versi Indonesia ini berbeda karena koneksi jaringan hanya support 4G ketimbang versi OPPO Reno4 yang dirilis di luar Indonesia yang sudah support 5G (karena di Indonesia koneksi 5G baru masih dalam tahap uji coba). OPPO telah menyematkan OS terbaru yaitu Color OS 7.2 yang menggunakan android 10 dengan fitur terbaru yaitu aplikasi Oppo Labs.

  • Desain box-art yang berbeda dari versi luar
Box Art OPPO Reno4 yang dibuat secara Grafitti hanya khusus dijual di Indonesia

Ada yang berbeda dari penampilan box pada penjualan OPPO Reno4 di Indonesia ketimbang versi yang dijual di luar Indonesia yaitu di mana box tersebut mempunyai sentuhan grafitti yang menandai fitur yang tersedia di Oppo RENO4. OPPO Reno4 akan dijual perdana pada 15 Agustus 2020 dan sudah mulai masa pre-order sampai 14 Agustus 2020 dengan harga Rp. 4.999.000,-.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.