Penulis Ceritanya Diciduk, Komik act-age Resmi Dihentikan

1
act age
©Shueisha ©m&c!

act-age, komik asal Jepang ini akhirnya resmi dihentikan oleh pihak Shueisha selaku penerbit majalah Weekly Shonen Jump, setelah penulis ceritanya, Tatsuya Matsuki ditahan oleh Kepolisian Jepang karena kasus tindakan pelecehan terhadap dua gadis usia SMP (sekitar 12-15 tahun) pada tanggal 8 Agustus 2020 lalu. Keputusan ini diambil setelah pihak editorial berunding dengan Shiro Usazaki selaku ilustrator komik tersebut, dan dicapailah kesepakatan bahwa komik ini tak bisa dilanjutkan lagi. Karenanya, chapter terbaru yang telah diserialisasikan pada majalah Weekly Shonen Jump edisi terbaru (36/37) akan menjadi chapter terakhir dari komik tersebut. Lebih jauh, pihak penerbit menyesali insiden ini dan memohon maaf kepada para pembacanya. Hal ini juga menjadi saat yang sulit bagi Shiro Usazaki selaku ilustrator komik act-age. Meskipun begitu, pihak Shueisha memastikan akan tetap mendukung Shiro Usazaki.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Tatsuya Matsuki sang penulis cerita act-age ditahan oleh Kepolisian Jepang karena kasus tindakan pelecehan terhadap dua gadis usia SMP (sekitar 12-15 tahun). Dilansir dari NHK, kasusnya sendiri dilaporkan terjadi pada 8 Juni lalu di kawasan Nakano, Tokyo. Sambil bersepeda, Matsuki disebut menyentuh seorang gadis usia SMP yang sedang berjalan kaki dan kemudian kabur dari lokasi kejadian. Kasus ini kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian setempat untuk diselidiki melalui rekaman kamera pengintai.

Satu jam kemudian, seorang gadis berusia SMP lain juga melapor ke pihak kepolisian karena telah menerima tindakan pelecehan di jalan. Setelah diselidiki, sang pelaku ternyata juga adalah Matsuki yang sebelumnya telah melakukan tindakan serupa dan telah diselidiki melalui rekaman kamera pengawas. Pihak kepolisian setempat mengatakan bahwa Matsuki telah mengakui perbuatannya setelah melewati proses penyelidikan terhadap dua kasus tersebut.

act-age adalah serial komik yang digarap oleh Shiro Usazaki (ilustrasi) dan Tatsuya Matsuki (naskah cerita). Seri komik ini pertama kali terbit sebagai komik one-shot berjudul Welcome to Asagaya Art High School Film Section yang dibuat pada 2017 sebelum dirilis kembali sebagai serial komik pada Januari 2018 di majalah Weekly Shonen Jump. Volume pertama komik ini juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit m&c! pada 5 Agustus 2020 kemarin. Walau belum diadaptasi menjadi anime dan seri/film live-action, seri komik ini telah diangkat menjadi pertunjukkan drama panggung berjudul Act-Age: The Night of Galactic Railroad.

Seri komik act-age mengisahkah Kei Yonagi, seorang siswi SMA miskin yang bercita-cita menjadi aktris. Walau gagal lolos audisi yang diadakan oleh agensi STARS, penampilannya berhasil menarik perhatian Sumiji Kuroyama, seorang sutradara ternama. Sumiji mengajak Kei untuk bekerja bersamanya di Studio Daikokuten yang didirikan olehnya. Keputusan sang sutradara kemudian dikritik oleh CEO agensi STARS, Arisa Hoshi, yang menyebut cara berakting Kei “terlalu berbahaya”. Apa maksud dari ucapan Arisa? Bisakah Kei berhasil bertahan di industri hiburan?

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.