Sejarah “Berulang”: Bonar Kembali Menyuarakan Baraom di Masked Rider Black yang Tayang di RTV

0
bonar
© Ishimori Production Inc., and TOEI Company, Ltd. All Rights Reserved / Dokumentasi Pribadi

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, stasiun televisi Rajawali Televisi atau RTV akan kembali menayangkan satu lagi serial tokusatsu Kamen Rider asal Jepang. Diumumkan melalui akun Facebooknya, kali ini yang akan ditayangkan oleh RTV adalah Masked Rider Black atau Kamen Rider Black, atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Ksatria Baja Hitam atau Satria Baja Hitam. Masked Rider Black ditayangkan mulai hari Senin, tanggal 24 Agustus 2020, pada pukul 19.30 WIB. Yang menarik, tanggal 24 Agustus sendiri merupakan tanggal ulang tahun dari stasiun televisi RCTI, stasiun televisi yang menayangkan Masked Rider Black atau Satria Baja Hitam pertama kali di Indonesia, sekaligus tanggal di mana RCTI untuk pertama kalinya menayangkan seri tokusatsu tersebut di tahun 1991 dulu.

Sama seperti berbagai serial anime dan tokusatsu yang ditayangkan di RTV, Studio Erfas yang sudah banyak menangani penyulihan suara berbagai serial asing yang ditayangkan di Indosiar, ANTV, TV7 (kini TRANS7), dan RTV kembali dipercaya untuk menangani penyulihan suara seri tokusatsu ini ke dalam bahasa Indonesia. Sejumlah seiyuu seperti Rudi Sukistiyono, Tri Adi, Ojay S. Surianata, hingga Wan Leony Mutiarza turut mengisi suara di seri ini.

Satu lagi seiyuu yang turut menyumbangkan suaranya di seri Kamen Rider klasik ini adalah Bonar. Seiyuu dari Present Mic, Eraser Head, dan Tokoyami di anime My Hero Academia ini turut menyumbangkan suaranya di Masked Ride Black, di mana dirinya berperan sebagai salah satu tokoh antagonis, yaitu Pendeta tertinggi Gorgom, Baraom. Yang menarik, Bonar sendiri merupakan seiyuu yang turut bermain ketika seri Kamen Rider klasik ini dahulu ditayangkan untuk pertama kalinya melalui RCTI di tahun 1991 lalu. Menariknya, saat itu ia juga memerankan Baraom, karakter yang kini juga diperankan olehnya setelah hampir 3 dekade yang lalu. Selain sebagai Baraom, Bonar dulu juga pernah berperan sebagai Nobuhiko si Bayangan Hitam alias Shadow Moon, peran yang kini dimainkan oleh Rudi Sukistiyono.

Advertisement Inline

Bonar memang bukan seiyuu sembarangan. Karir dan rekam jejaknya sudah cukup lama, terutama sejak bergabung dalam Viva Production yang merupakan Sanggar Produksi Sulih Suara langganan PT. Gama Multi Niaga/Komiku yang merupakan salah satu pelopor penayangan anime dan tokusatsu di televisi Indonesia. Salah satu debutnya adalah ketika berperan sebagai Pendeta tertinggi Baraom hingga Bayangan Hitam Satria Baja Hitam, hingga sejumlah peran monumental lainnya seperti Seiya dalam anime Saint Seiya maupun sebagai Yoko dalam serial silat klasik Mandarin, The Return of Condor Heroes. Berbagai serial dari mancanegara termasuk juga Jepang, dari anime, tokusatsu, hingga dorama telah diperankan olehnya selama berkarir sebagai seiyuu. Sebut saja misalnya Ultraman Max, Saint Seiya Lost Canvas, Kamen Rider Kuuga, Ninja Ranger, dan berbagai judul lainnya. Karenanya suara Bonar sudah kerap kali terdengar dalam berbagai serial tokusatsu yang pernah ditayangkan di Indonesia. Bahkan, pada movie Kamen Rider Decade pada tahun 2013 lalu, Bonar pernah bertindak sebagai seiyuu dari sosok Kotaro Minami alias sang Masked Rider Black atau Satria Baja Hitam itu sendiri.

Bonar sendiri juga aktif menjadi seiyuu di Sturio Erfas yang merupakan langganan mendubbing serial anime dan tokusatsu di RTV, selain My Hero Academia itu sendiri. Hal ini menjadikan suaranya akrab terdengar di sejumlah serial anime maupun tokusatsu yang tayang di RTV, dari mulai Super Sentai, Kamen Rider, hingga Power Rangers, dan hampir dipastikan ia juga akan turut berperan di entah serial anime atau tokusatsu apa lagi yang akan ditayangkan oleh RTV ke depannya.

Masked Rider Black adalah seri tokusatsu Kamen Rider yang dirilis di Jepang pada tahun 1987. Dalam seri ini dikisahkan mengenai Kotaro Minami (diperankan oleh Tetsuo Kurata) yang berubah menjadi Kamen Rider Black atau Satria Baja hitam, dalam menghadapi organisasi jahat bernama Gorgom yang ingin menguasai dunia dan menimbulkan kekacauan di masyarakat. Seri tokusatsu ini sendiri sebelumnya juga pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 1991 lalu melalui stasiun televisi RCTI, dan sempat ditayangkan kembali pada tahun 2004 melalui stasiun televisi Indosiar. Kala itu baik RCTI maupun Indosiar menayangkan seri Kamen Rider ini dengan judul Satria Baja Hitam atau Ksatria Baja Hitam, hingga masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan judul tersebut.

Sebelumnya pada bulan Februari lalu, RTV juga sempat memberikan teaser yang mengindikasikan bahwa mereka akan menayangkan sekuel dari Satria Baja Hitam, yaitu Satria Baja Hitam RX (yang juga pernah ditayangkan di RCTI). Meskipun begitu, masih belum ada kelanjutan informasi apakah RTV nantinya akan melanjutkan penayangan hingga seri RX atau tidak.

Baca juga:

Kilas Balik: Beginilah Suasana Ketika Satria Baja Hitam Didubbing

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.