Ulasan Komik Regarding Reincarnated to Slime Vol.2: Aku Bukan Slime Jahat

1
Tensei Shitara Slime Datta Ken
© 2015 Fuse / Taiki Kawakami, Elex Media Komputindo

Tensei Shitara Slime Datta Ken merupakan seri dari novel ringan karangan Fuse dan diilustrasikan oleh Mitz Vah. Seri ini telah diadaptasi menjadi anime pada musim gugur 2018 dan akan berlanjut ke musim keduanya pada tahun 2021 mendatang. Selain itu sebuah adaptasi komik yang digambar oleh Taiki Kawakami juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Elex Media sejak bulan Januari 2018 dengan judul Regarding Reincarnated to Slime.

Volume kedua telah terbit pada 11 April 2018, dan ulasan kali ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya yang menceritakan latar belakang reinkarnasi Satoru Mikami menjadi sebuah slime bernama Rimuru di dunia lain. Setelah ia berteman dengan beberapa monster, ia sedang mencari seseorang untuk turut membantu membangun desa monster yang tengah dibangunnya oleh karena itu ia pergi ke kerajaan Dwarf. Kini ia harus melewati pengadilan di kerajaan tersebut karena melakukan pelanggaran hukum yang berlaku di sana. Bagaimanakah kisah Rimuru selanjutnya dalam pengadilan ini?

Sinopsis

Regarding Reincarnated to Slime
© 2015 Fuse / Taiki Kawakami, Elex Media Komputindo

Setelah lolos dari pengadilan di Kerajaan Dwarf, kota para Goblin yang dipimpin oleh Rimuru mendapat kunjungan dari sekelompok petualang. Ternyata satu dari mereka adalah manusia dari dunia lain, sama seperti Rimuru.

Penceritaan Komik

Tensei Shitara Slime Datta Ken
© 2015 Fuse / Taiki Kawakami, Elex Media Komputindo

Cerita pada volume kedua ini dimulai di pengadilan kerajaan Dwarf, di mana Rimuru bersama Kaijin tengah disidang akibat perlakuannya terhadap Bester. Berutunglah Rimuru dapat pergi dari kerajaan Dwarf tanpa terkena sanksi ataupun hukuman berat. Setelahnya Rimuru akhirnya bertemu dengan sosok yang telah diramal sebelumnya pada volume pertama, dan pertemuan itu dapat dibilang cukup singkat untuk dikatakan sebuah takdir indah.

Advertisement Inline

Bagi saya pribadi penceritaan volume kedua ini cukup menarik karena dapat langsung melanjutkan alur sebelumnya dan dapat mentransisikan cerita itu menjadi halus. Kali ini eskalasi ceritanya cukup menarik khususnya menjelang akhir volume, di mana perlahan Rimuru memulai interaksi dengan manusia dan mulai mengenali dunia ini secara perlahan. Lalu bagi pembaca yang mungkin sedikit bosan ketika melihat kembali beberapa adegan yang mungkin mirip dengan novel ringan ataupun adaptasi animenya, maka catatan pengamatan Veldora saya pikir adalah cerita singkat yang cukup menarik karena melalui cerita singkat itu dapat terlihat pandangan berbeda yang sebelumnya tidak ada dari novel ringan ataupun animenya.

Penggambaran Komik

That Time I Got Reincarnated as a Slime
© 2015 Fuse / Taiki Kawakami, Elex Media Komputindo

Mungkin komentar saya akan penggambaran komik ini akan sangat mirip dengan volume sebelumnya. Khususnya dalam penggambaran lingkungan pada latar setiap panel. Komik ini terasa sangat hidup oleh penggambaran itu dan bagi saya hal itu adalah salah satu aspek yang penting khususnya dalam membangun dunia fantasi ini agar lebih teresapi dalam penceritaan yang ingin disampaikan.  Sayang sekali mungkin penggambaran di sini tidak terdapat momen spesial yang begitu terkenang. Mungkin hal ini dikarenakan penggambaran yang sudah cukup detil sehingga setiap panel terasa bagus semuanya.

Kesimpulan

tensura
© 2015 Fuse / Taiki Kawakami, Elex Media Komputindo

Akhir kata volume kedua ini merupakan kelanjutan yang cukup baik dari volume perdananya. Walau terasa cepat sekali perkembangan kisahnya, namun saya pikir semua dieksekusi dengan baik dari segi transisi antara kejadian hingga penyelesaiannya. Namun sayangnya bagi yang telah menonton adaptasi animenya mungkin tidak akan melihat adegan yang baru ataupun pandangan berbeda sehingga pada volume ini akan terasa sama tanpa ada perubahan.

Bagi yang baru mengikuti seri ini, maka volume kedua ini adalah volume yang bagus untuk lebih memahami dunia yang Rimuru tempati saat ini. Sehingga volume ini sangat wajib untuk dibaca agar lebih memahami latar dan sejarah dari dunia Regarding Reincarnated to Slime.

Baca juga:

Ulasan Komik Regarding Reincarnated to Slime: Yuk Bereinkarnasi!

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.