Seiyuu Video Sejarah Pocari Sweat, Paradhito Telah Tutup Usia

0
pocari sweat
Copyright © PT. AMERTA INDAH OTSUKA All Rights Reserved / Koleksi Foto Paradhito

Supandi Haryanto bin Supandi Kasturi, atau lebih dikenal sebagai Paradhito, salah seorang seiyuu kawakan Indonesia telah tutup usia. Almarhum diketahui telah berpulang pada tanggal 8 Juli 2020 lalu. Hal ini juga sempat dikonfirmasi oleh rekannya sesama seiyuu, Darmawan Susanto atau @ajidarmapatrick melalui akun instagramnya pada tanggal 8 Juli 2020 lalu, tak lama setelah almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di Bekasi.

https://www.instagram.com/p/CCYroZ7hV56/

Memulai karirnya sebagai Seiyuu progam-progam radio bersama Sanggar Prathivi, almarhum Paradhito aktif dalam berkarir dalam program-program sandiwara radio yang sempat digemari masyarakat pada masanya. Kemudian ketika televisi swasta mulai bermunculan di kancah pertelevisian Indonesia, almarhum juga turut aktif menjadi Seiyuu untuk program-program asing yang disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia. Beberapa film yang pernah diperankan oleh almarhum Paradhito di antaranya adalah serial anime YAT yang pernah tayang di stasiun televisi TV7 (sekarang TRANS7) pada tahun 2001 lalu, maupun serial anime Death Note yang pernah tayang di stasiun televisi Global TV (sekarang GTV) pada tahun 2008 lalu. Selain itu, dirinya juga turut bermain dalam film Walt Disney Studios The Good Dinosaur yang sempat diputar di bioskop dengan bahasa Indonesia, dengan judul Dinosaurus yang Baik. Almarhum Paradhito juga aktif menjadi penyiar di Radio Samhan.

Advertisement Inline

Lahir di Bandung pada tanggal 17 November 1959, salah satu peran almarhum Paradhito yang juga cukup ikonik adalah video History of Pocari Sweat atau Sejarah Pocari Sweat. Dalam video dokumenter berdurasi 30 menit mengenai sejarah Pocari Sweat tersebut, almarhum menyuarakan karakter Akihiko Otsuka, chairman dan representative director dari Otsuka Holding Co.Ltd yang juga adalah penemu dari minuman energi Pocari Sweat tersebut. Video dokumenter tersebut bisa disaksikan melalui akun youtube resmi dari PocariID.

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Supandi Haryanto bin Supandi Kasturi alias Paradhito. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.