Kamen Rider Saber Akan Hadir di Game Kamen Rider City Wars!

0
Kamen Rider City Wars
© Bandai Namco Entertainment / Toei Company

Untuk menyambut debut pertama Kamen Rider Saber yang serinya telah tayang perdana pada Minggu kemarin (6 September 2020), produsen game Bandai Namco Entertainment akhirnya akan menghadirkan si Kamen Rider era Reiwa kedua ini di dalam game Kamen Rider City Wars.

Bagi yang belum tahu apa itu Kamen Rider City Wars, game ini adalah buatan dari Bandai Namco yang bekerja sama dengan Toei Company yang didasarkan pada franchise populer Kamen Rider. Game ini merupakan game Kamen Rider pertama yang dirilis ekslusif pada Android dan IOS. Game ini mengambil konsep dari serial TV tokusatsu populer buatan Toei Company yang tayang rutin setiap hari Minggu di TV Asahi. Sebenarnya game ini sudah lama dirilis sejak tahun 2017 saat penayangan Kamen Rider Build, jadi jangan heran kenapa ada sedikit referensi dari seri Build di game ini. Meskipun sudah lama rilis, pengembang game ini masih tetap setia mengupdate hal-hal baru di dalam franchisenya ini seperti event dan juga Kamen Rider yang baru debut (beserta form barunya) yang saat ini juga sedang muncul di serial TV-nya. Seperti contohnya seri terbaru Kamen Rider Saber di dalam gamenya pun akan turut hadir bersama kawan-kawannya (Blades, Espada, dll) nanti. Terakhir dalam updatetan Kamen Rider Zero-One, juga muncul final form barunya yaitu Zero-Two di dalam game ini dan bahkan Kamen Rider yang juga muncul di filmnya seperti Ichigata yang sempat muncul di film Reiwa The First Generations pun juga ikut muncul di sini.

Kamen Rider Saber bersama Kamen Rider Zero-One dan Kamen Rider Black © Bandai Namco Entertainment / Toei Company

Dari segi gameplaynya, game ini hadir dengan konsep gabungan antara sandbox, RPG, dan beat ’em up. Pada awal pertama kali main kita akan disuruh membangun kota yang masih kosong. Pemain akan ditantang untuk mengisinya dengan berbagai bangunan layaknya konsep game Clash of Clan (CoC). Bangunan tersebut berguna untuk bisa menghasilkan uang dan R-Energy (berlian biru yang dapat digunakan untuk membeli Kamen Rider baru ataupun mengupgrade Rider yang dimiliki pemain). Di samping kedua jenis bangunan tersebut yang menghasilkan uang dan R-Energy, ada juga beberapa bangunan ikonik khas para tokoh utama Kamen Rider di setiap serinya masing-masing yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan dari Kamen Rider di seri tersebut. Contoh seperti Build dengan kafe Nascistanya dan Zero-One dengan gedung perusahaan Hiden Intelligences yang bisa dibangun di kota para pemain.

Konsep City Building mirip seperti Sims dan Coc © Bandai Namco Entertainment / Toei Company

Selain konsep City Building yang mirip dengan CoC ini, Kamen Rider City Wars juga menawarkan konsep RPG dan Beat ‘Em Up yang bisa ditemukan dalam menu Quest. Di sini pemain akan ditantang untuk menyelesaikan misi-misi dengan mengalahkan dan menghajar seluruh musuh-musuh Kamen Rider yang akan menyerang kota pemain. Secara umum ada 3 bentuk Quest dipermainan ini yaitu Story Quest, Event Quest, dan Daily Quest. Story Quest adalah misi di mana pemain bermain sebagai seorang pemimpin di kota dan akan disuruh untuk melindunginya dari ancaman karakter musuh-musuh Kamen Rider. Event Quest adalah misi yang muncul setiap bulannya dan memiliki event yang berbeda-beda tergantung tema Kamen Rider apa yang akan diangkat nanti seperti contohnya dalam event Kamen Rider Kuuga pemain harus memakai Kuuga (meskipun tidak diwajibkan). Di quest ini, pemain juga bisa bermain bersama via online meskipun di saat bersamaan juga harus menyelesaikan seluruh misi dalam quest tersebut. Lalu Daily Quest adalah misi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan item kemampuan demi meningkatkan level kekuatan para Rider, juga point EXP.

Saat memainkan Quest akan ada 4 mode permainan, paling banyak biasanya adalah mode Rider Battle yang berkonsep Beat’ Em Up. Mode lainnya adalah City Battle yang berkonsep RPG biasanya banyak ditemukan di menu Story Quest. Time Attack adalah konsep lainnya dari Beat Em’ Up dengan batasan waktunya dan berapa banyak pemain bisa mengalahkan musuh. Biasanya mode ini selalu akan hadir di menu Event Quest. Boss Battle sama halnya dengan Time Attack yang juga berada di Event Quest. Boss Battle adalah konsep lainnya dari Time Attack di mana selain melawan musuh tipe kroco, pemain juga akan berhadapan dengan tipe boss dan biasanya boss ini memiliki heart bar paling panjang. Terakhir kali di dalam Updatean terbaru Boss Battle juga memunculkan Ark-One yang bisa kita lawan. Baik Time Attack dan Boss Battle adalah mode yang saling muncul berbarengan dan kedua mode event ini hanya bisa dimainkan pada pertengahan atau menjelang akhir bulan.

Selain menu Quest, Kamen Rider City Wars juga menawarkan menu Gacha seperti halnya yang terdapat pada game-game online. Di dalam gacha tersebut dengan menyisikan 25 dan 250 Hero Stone (berlian warna pink) kita bisa mendapatkan form baru untuk Rider kita atau mungkin mendapatkan Hero Kamen Rider baru secara gratis tanpa harus membayar pake R-Energy (berlian biru).

Game ini sendiri masih belum dirilis secara global dan masih terfokus di Jepang saja. Sehingga pemain yang tidak mengerti bahasa Jepang akan sulit untuk bisa memainkannya, dan kalaupun bisa memainkannya, hampir dipastikan akan kesulitan membaca kalimat dan mengerti huruf-huruf hiragana Jepang dalam game ini. Namun game ini juga sedikit menampilkan beberapa kalimat dalam Bahasa Inggris di beberapa sesinya. Game Kamen Rider City Wars ini sendiri adalah game mobile yang bisa diunduh melalui sejumlah aplikasi seperti Playstore.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.