Akhir Desember 2020, Agensi Vtuber upd8 Tutup

0
upd8 agensi vtuber
Para vtuber yang bergabung (atau pernah bergabung) dengan agensi upd8

Memasuki akhir tahun 2020, tren virtual youtuber (vtuber) akhir-akhir ini semakin berkembang. Semakin banyak vtuber yang muncul, semakin banyak pula perusahaan yang didirikan untuk menaungi para talent tersebut. Meskipun begitu, sebuah kabar buruk muncul dari salah satu agensi vtuber ternama Jepang.

Baca Juga: Ikuti Audisi Perdana Agensi Vtuber Harmonia ID!

upd8 (baca: update), salah satu agensi yang menaungi berbagai talent vtuber di Jepang, mengumumkan mereka akan tutup pada 31 Desember 2020. Diumumkan lewat akun Twitter-nya, mereka sebelumnya memohon maaf kepada para fans karena pengumuman yang muncul secara mendadak. Meskipun akan tutup, upd8 memastikan bahwa para vtuber yang sebelumnya didukung oleh mereka masih akan tetap aktif di waktu mendatang.

upd8 adalah agensi vtuber yang didirikan oleh perusahaan induk Activ8 (baca: Activate) pada 31 Mei 2018 lalu. Berbeda dengan agensi lainnya seperti Hololive dan Nijisanji, upd8 didirikan sebagai penghubung antara para vtuber yang bermitra di bawahnya dengan pihak lainnya di industri hiburan Jepang. Beberapa vtuber terkenal yang pernah bergabung ke agensi ini di antaranya Kizuna Ai (yang kemudian memutuskan berkarir secara “independen” dengan mendirikan perusahaannya sendiri pada April) dan Oda Nobuhime yang telah pensiun pada 30 April lalu.

Pada tahun lalu, perusahaan induk Activ8 melaporkan mereka mengalami kerugian pada kuartal ketiga 2019 sebesar 675 juta yen (sekitar 87,7 milyar rupiah). Selain itu, upd8 juga harus kehilangan beberapa talent-nya. Selain Oda Nobuhime, dua grup vtuber yang berasal dari agensi 774 inc, AniMare dan Honeystrap, juga memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan upd8 pada akhir April 2020.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.