Stasiun televisi MTV yang pernah beroperasi di Indonesia pada era 1990an sampai tahun 2011 akan kembali beroperasi di Indonesia. Jika tidak ada halangan, maka MTV akan kembali mengudara di Indonesia pada 1 November 2014.
Adalah Viacom International Media Networks (VIMN) Asia, salah satu divisi perusahaan Viacom (NASDAQ: VIAB, VIA), bekerjasama dengan FORTE, bagian dari Karsa Group dan juga merupakan partner dalam bidang marketing dan distribusi penjualan MTV di Indonesia yang mencoba menghidupkan kembali MTV di Indonesia.
“MTV sebagai merk global terbesar yang paling menonjol, kalau kita lihat di Instagram aja dia most follow. Anak muda itu populasinya sangat banyak, kita akan menyuguhkan sesuatu untuk generasi muda Indonesia melalui berbagai acara dan konten yang sesuai, nggak terbatas pada musik saja, tapi juga film, sport, fashion, games dan semua aspek anak muda lain,” ujar Surya Arief, CEO Karsa Group, dalam jumpa pers di Exodus, Jakarta, Rabu 22 Oktober 2014.
Jika tahun sebelumnya MTV bekerja sama dengan stasiun televisi nasional, kali ini MTV akan disiarkan lewat empat partner stasiun TV lokal di lima kota besar di Indonesia – Jakarta, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar. Hal itu dikarenakan, MTV ingin memberikan sesuatu yang maksimal untuk anak muda.
“Kenapa nggak di televisi nasional, ada banyak keterbatasan dengan kita. Kita pengen memanjakan anak muda dengan menyesuaikan jam-jam tertentu. Kalau kerjasama dengan televisi nasional mereka ada program lain tentunya yang nggak mungkin diubah. Kalau di televisi lokal, kita bisa mengatur jam tayang sepulang sekolah dan saat mau tidur. Durasinya empat jam,” papar Fary Farghob, CEO Forte.
Sebagai langkah awal menarik perhatian anak muda di Indoensia, MTV menggelar kompetisi MTV VJ Hunt Indonesia yang sudah berjalan sejak bulan Oktober 2014.
KAORI Newsline | Courtesy of Ega from HAI