Kesan Pertama: Gundam Build Fighters Try

1

gundam build fighters try

2014 merupakan tahun yang cukup menggembirakan bagi para penggemar serial Gundam. Apabila di tahun-tahun sebelumnya hanya ada satu judul serial TV Gundam yang ditayangkan dalam satu tahun, maka di tahun 2014 ini ada tiga judul sekaligus serial TV Gundam yang ditayangkan dan dua diantaranya memulai penayangan pada rentang waktu yang sama, yaitu Oktober 2014. Salah satu dari dua serial Gundam yang ditayangkan pada Oktober 2014 tersebut adalah Gundam Build Fighters Try.

Gundam Build Fighters TRY adalah sekuel langsung dari seri Gundam yang tayang pada tahun 2013 lalu, yaitu Gundam Build Fighters. Plot serta karakter-karakter yang terlibat di dalamnya sedikit banyak berhubungan dengan serial prekuelnya yang sukses tersebut.
Kisah Gundam Build Fighters TRY dimulai 7 tahun setelah kisah pada Gundam Build Fighters berakhir. Di dalam serial ini, dikisahkan bahwa permainan “Gunpla Battle”, yaitu permainan adu battle menggunakan model kit Gundam atau biasa disebut Gunpla (Gundam Plastic Model) masih dan bahkan semakin digemari oleh para pecinta Gundam di seluruh dunia. Peraturan mengenai permainan Gunpla pun diperbaharui; tidak seperti pada Gundam Build Fighters yang pesertanya dapat berupa individu atau kombinasi antara builder (perakit Gunpla) dan fighter (penggerak Gunpla), pada saat ini peserta “Gunpla Battle” diharuskan terdiri dari satu tim beranggotakan tiga orang agar dapat berkompetisi di kejuaraan dunia.

Untitled

Advertisement Inline

Di saat demam Gunpla Battle ini semakin meluas, Seiho Academy, sekolah di mana juara dunia Gunpla Battle ke-7 sekaligus tokoh utama Gundam Build Fighters, Sei Iori berasal, justru kekurangan anggota untuk ikut serta di dalam kejuaraan Gunpla Battle. Satu-satunya anggota yang masih tergabung dalam klub Gunpla Battle adalah ketuanya sendiri, Fumina Hoshino. Fumina, yang pada awalnya putus asa karena impiannya bermain di kejuaraan Gunpla Battle hampir tidak dapat terpenuhi, akhirnya mendapatkan satu anggota tambahan yaitu Sekai Kamiki, seorang murid baru yang menguasai ilmu bela diri “Jigen Haoh”. Meski pada awalnya Sekai tidak tertarik dengan klub Gunpla Battle, namun setelah menyaksikan bagaimana ilmu bela diri yang ia miliki dapat diaplikasikan ke dalam Gunpla Battle, akhirnya ia bergabung dengan klub tersebut.

Untitled

Setelah mereka berdua, anggota terakhir yang bergabung adalah Yuuma Kousaka, adik dari salah satu tokoh Gundam Build Fighters, China Kousaka, seorang builder Gunpla yang merupakan juara kontes building (merakit) Gunpla. Pada awalnya Yuuma enggan kembali ke dalam dunia Gunpla Battle karena trauma yang ia dapatkan ketika Gunpla yang ia gunakan dihancurkan dengan sadis oleh lawannya, namun setelah ia mengingat kembali janjinya terhadap Fumina untuk mengikuti kejuaraan Gunpla Battle bersama, ia memutuskan keluar dari klub Gunpla Modelling dan bergabung dengan klub Gunpla Battle. Mereka bertiga memutuskan untuk mengikuti kejuaraan Gunpla Battle bersama dan membentuk satu tim, yaitu tim “TRY Fighters”.

gundam build fighters try 2

3 episode pertama Gundam Build Fighters TRY dialokasikan untuk perkembangan dan dinamika ketiga karakter utamanya serta bagaimana tim “TRY Fighters” terbentuk. Rival pertama yang mereka hadapi muncul pada episode 3, dan dari episode tersebut sudah bisa ditebak bagaimana karakter ketiganya ketika berada dalam satu pertandingan: Sekai yang berdarah panas, kurang berpikir panjang dalam mengambil keputusan, dan menggunakan Gunpla-nya untuk pertarungan jarak dekat; Yuuma yang dingin, merupakan perbandingan 180 derajat dari Sekai yang menggunakan Gunpla-nya untuk menembak dari jarak jauh a la sniper; serta Fumina yang merupakan penyeimbang di antara keduanya, baik secara karakter penokohan maupun kecenderungan gaya bertarung Gunpla yang ia pakai.

Gundam Build Fighters TRY masih menyajikan porsi humor yang sebanding dengan yang ditampilkan pada Gundam Build Fighters, seperti bagaimana seorang Yuuma yang dingin terhadap tiba-tiba berubah menjadi bersahabat hanya karena terpikat dengan kakak dari Sekai, Mirai; atau juga misteri bagaimana Mr.Ral yang (masih) tiba-tiba muncul apabila topik mengenai Gunpla dibahas, dan anehnya tidak ada tokoh yang mempertanyakan kemunculannya yang tiba-tiba.

gundam build fighters try 3

Referensi mengenai serial Gundam yang lainnya juga masih kental terasa di seri ini, salah satu serial Gundam yang referensinya paling kuat terasa di seri ini adalah seri tahun 1994, Mobile Fighter G Gundam. Penggemar Gundam yang menyaksikan serial ini pasti menyadari referensi dari seri tersebut; seperti Sekai yang mencari kakaknya pada awal cerita a la Domon mencari Kyoji, Build Burning Gundam yang muncul dari dalam DOM seperti Master Gundam yang muncul dari dalam Kowloon Gundam, dan bahkan sosok siluet (yang banyak orang menginterpretasikannya sebagai guru bela diri Sekai) yang muncul di opening yang menyerupai siluet tokoh utama Mobile Fighter G Gundam, Domon Kasshu.

Pada akhirnya, Gundam Build Fighters TRY menjadi salah satu seri Gundam yang cukup menarik untuk diikuti. Plotnya yang ringan seakan menjadi alternatif bagi penonton Gundam yang tidak sanggup untuk mengikuti plot dari seri Gundam lain yang tayang pada Oktober 2014, yaitu Gundam Reconguista in G.

Gundam Build Fighters TRY merupakan judul serial Gundam keempat yang merupakan sekuel langsung dari serial sebelumnya. Sebagaimana prekuelnya, Gundam Build Fighters Try dapat ditonton secara legal melalui akun Youtube resmi GundamInfo. Anda bisa mengikuti perkembangan Anime ini secara legal dengan episode terbarunya akan dirilis setiap hari Rabu waktu Jepang dengan tambahan takarir berbahasa Inggris maupun Korea.

KAORI Newsline | Oleh Rian Adhi Purwanto | Penulis adalah mahasiswa Program Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dan seorang penggemar seri Gundam

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.