Ulasan Komik Girls Und Panzer Little Army Vol 1: Amatilah dan Ketahuilah

0
Girls Und Panzer Little Army
© 2012 Tsuchii © 2012 GIRLS und PANZER Projekt /Elex Media Komputindo

Kangen dengan Miho Nishizumi? Tahukah #kaoreaders dahulu Miho pernah menikmati senshado bersama teman-temannya?

Inilah komik sampingan Girls und Panzer yang berjudul Girls und Panzer: Little Army. Seri komik ini merupakan prekuel dari cerita utamanya yang diilustrasikan oleh Tsuchii pada majalah bulanan Alive dari Media Factory pada tahun 2012 lalu.

Komik ini telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 9 Desember 2015 lalu. Berikut merupakan ulasan volume pertama dari komik Girls und Panzer: Little Army!

Sinopsis

Girls Und Panzer Little Army
© 2012 Tsuchii © 2012 GIRLS und PANZER Projekt /Elex Media Komputindo

Enam tahun yang lalu, saat Miho masih SD, sebelum dia menghindari tank, Miho pernah memiliki teman-teman yang bersama-sama menikmati senshado.

Bersama pasukan tank kecilnya mereka melampaui satu demi satu bukit kecil yang menghalangi.

Penceritaan Komik – Bukan Seputar Tank Saja

Girls Und Panzer Little Army
© 2012 Tsuchii © 2012 GIRLS und PANZER Projekt /Elex Media Komputindo

Girls und Panzer: Little Army merupakan cerita prekuel yang menceritakan 6 tahun sebelum cerita utama Miho Nishizumi di Girls und Panzer dimulai. Lebih tepatnya, cerita ini dimulai pada waktu Miho masih kelas 6 SD, di mana untuk pertama kalinya Miho memiliki seorang teman berkat seni bela diri “senshado“.

Berkat kakaknya Miho yang menjadi alumni pujian, Miho akhirnya mendapatkan kenalan baru yang tertarik dengan senshado. Miho-pun mengajak temannya yaitu Hitomi Yuzumoto dan Chihiro Yusa untuk melihat dan mengendarai Panzerkampfwagen IV Ausf. D (Panzer IV D). Akan tetapi pada pertangahan perjalanan mereka, kaki Hitomi terkilir dan akan sulit untuk melanjutkan perjalanan mereka, beruntunglah Emi Nakasuga sedang melewati jalan yang sama. Emi akhirnya membantu mereka dan disaat itulah Miho akhirnya memiliki tiga teman baru berkat seni bela diri ini.

Saya tidak menyangka akan merasa begitu senang untuk membaca komik ini walaupun sudah lama tidak pernah mengikuti seri Girls und Panzer. Ceritanya pun tidak terlalu memberatkan kepada cerita utamanya melainkan cerita yang cukup baru sehingga bagi yang belum pernah mengetahui seri utamanya pun tidak masalah.

Premis ceritanya cukup sederhana, yaitu persahabatan dan pertikaian antara teman-teman masa kecil. Miho sangat bahagia karena memiliki teman, namun di sisi lain ia merasa bingung harus bertindak seperti apa agar temannya masih dekat dengannya.

Penggambaran Komik – Visual Yang Baik Antara Karakter dan Tank

© 2012 Tsuchii © 2012 GIRLS und PANZER Projekt /Elex Media Komputindo

Baik itu momen Miho bersama teman-temannya maupun tank, semua momen digambarkan dengan baik oleh tsuchii. Bagi kalian yang menyukai tank, mungkin akan menyukai gambar tank yang diilustrasikan oleh tsuchii. Namun sayangnya, adegan tank sendiri tidaklah banyak sehingga ekspektasi kalian mungkin harus dikurangi bila hanya ingin melihat tank.

Fokus cerita di sini adalah pengenalan masa lalu Miho yang memiliki teman dengan ketertarikan yang sama akan senshado. Setiap momen interaksi antara Miho dan teman-temannya digambarkan dengan baik, dari momen bahagia, sedih, maupun kebingunggan.

Akan tetapi bagi saya pribadi momen tersebut mungkin tidak terlalu terasa detil, masih banyak ekspresi yang terlihat datar dan sederhana, namun itu tidak masalah karena semua karakternya cukup imut (apalagi lihat Miho sewaktu SD~).

Kesimpulan

© 2012 Tsuchii © 2012 GIRLS und PANZER Projekt /Elex Media Komputindo

Bagi kalian yang merupakan penggemar seri Girls und Panzer maupun penggemar baru, komik ini mampu memberikan cerita khasnya sendiri yang tidak begitu kompleks.

Pada volume pertama ini, tank tidak terlalu dibahas dengan detil sehingga bagi pembaca baru hal tersebut tidak akan menjadi masalah, apalagi dengan cerita komiknya yang santai. Bagi penggemar lama-pun, bila kalian sangat tertarik dengan masa lalu Miho mengapa seketika ia tidak ingin melanjutkan senshado pada awal episode animenya, maka komik ini dapat memberikan gambaran yang baik akan masa lalunya.

Dibanderol dengan harga 25.000 Rupiah (untuk pulau Jawa). Komik ini memiliki standar kualitas yang sama dengan komik di rentang harga ini yaitu digunakannya kertas koran untuk bahan cetaknya. Namun dari segi pewarnaan hitamnya, pada komik yang saya miliki kontrasnya sudah sangat jelas dan enak untuk dibaca. Adapun dari segi penerjemahannya saya pikir sudah cukup, namun mungkin hal-hal kecil seperti makna kata pada penunjuk tempat di sini perlu diterjemahkan juga. Hal itu mungkin terlihat minor, tapi kadang saya juga merasa penerjemahan nama tempat jugalah penting untuk mengetahui alur cerita ini, walaupun tidak akan mempengaruhi secara signifikan.

Mengakhiri ulasan komik volume pertama, saya akan sangat merekomendasikan membeli komik ini bila kalian adalah penggemar seri ini, karenanya komik ini adalah bonus yang baik untuk mengenali lebih dalam dunia Girls und Panzer. Namun, karena komik ini sudah lama diterbitkan mungkin sedikit susah untuk mencari di toko buku terdekat kalian. Akhir dari volume ini sangat memberikan saya kejutan dan saya sangat menantikan seperti apakah akhir yang dapat diberikan dari seri ini nantinya.

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.