Bulan Maret selalu menjadi bulan spesial bagi para fans Vocaloid, terutama Hatsune Miku. Ya, setiap tahunnya tanggal 9 Maret selalu dirayakan sebagai Hari Hatsune Miku. Alasannya pun sederhana. Jika ditulis dengan sistem penanggalan di Jepang dan barat (bulan-hari) tanggal 9 Maret bisa ditulis menjadi 3/9. Dalam bahasa Jepang dua angka tersebut berturut-turut diucapkan menjadi “mi” dan “kyu”, dan jadilah hari tersebut sebagai Hari Hatsune Miku.

hatsune racing miku 2021

“Memperingati” hari Hatsune Miku, KAORI Nusantara telah mengumpulkan berbagai lagu-lagu Hatsune Miku yang menjadi favorit dan menarik perhatian para staf. Lebih dari 30 lagu-lagu tersebut juga menggambarkan kreativitas dan berbagai gaya yang digunakan oleh para Producer (sebutan para komposer Vocaloid) dalam menciptakan berbagai lagu dengan suara sang diva digital ini.

Apa saja lagu-lagu Hatsune Miku yang menjadi favorit para staf KAORI? Ini dia daftarnya!

MikitoP – Sayoko (ft. Hatsune Miku)

  • Saya memilih lagu ini karena pernah di keadaan yang sama dengan isi lagu Sayoko. Lagu ini jadi lagu buat saya instropeksi diri. (;¬∀¬)ハハハ… (Widya Indrawan – KAORI Newsline)

GigaP – Hibikase (ft. Hatsune Miku)

  • Lagu ini selalu membawa saya ke masa-masa awal kuliah saya di saat saya masih mulai meraba-raba lebih lanjut di dunia jejepangan. Saya memang selalu senang lagu-lagu yang diproduseri oleh Giga hingga sekarang, tapi lagu ini? Magical dan Catchy. Itu impresi saya dengan lagu ini. Salah satu lagu wajib karaokean wibu saya di zaman-zaman kuliah. Lagu ini juga memunculkan salah satu spin-off lagu Vocaloid yang saya sangat suka, Hibikase x ECHO yang tentunya worth untuk dicek! (Keinda D. Adilla – Indonesia Anime Times)

Hachioji-P – Electric Love (feat. Hatsune Miku)

  • Awalnya dulu saya kenal lagu ini karena ngopi koleksi beatmap lagu-lagu Vocaloid untuk game Osu! dari teman SMA, terus kemudian langsung kecantol sama lagunya. Yang membuat saya suka lagu ini karena melody synth-nya asik dan lagunya benar-benar upbeat dengan vokal imut Hatsune Miku (dan kebetulan saya juga suka dengan lagu-lagu yang seperti ini). Benar-benar cocok sebagai moodbooster. (Tanto Dhaneswara – KAORI Newsline)

HACHI feat. Hatsune Miku – Matryoshka

  • Lagu ini bisa dibilang troll luar biasa ketika pertama kali dirilis, soalnya waktu itu dulu rame di berbagai forum, orang – orang nyari tau makna sebenarnya lirik lagu ini karena isinya sangat edgy.
    Tapi gak taunya, sang produsernya, HACHI, kasih “bom” di blognya kalau sebenarnya lagu ini maknanya kosong. “Matroyshka” adalah konsep dari lagunya sendiri, soalnya dalam pengertiannya Matryoshka adalah boneka Rusia yang semakin dibuka, isi boneka di dalamnya semakin kecil ukurannya, dan pada akhirnya kosong. Para fans yang menggali makna liriknya akhirnya kena jebakan “Matryoshka” itu sendiri. Sialan sih, tapi ini salah satu lagu Vocaloid jenius pada masanya. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

40mP feat. Hatsune Miku – Renai Saiban

  • Waktu pertama kali dengar di konser Magical Mirai 2014, saya langsung suka dengan lagu ini, apalagi produsernya sendiri 40mP memiliki karakter aransemen musik yang selalu crisp. Tapi untuk Renai Saiban sendiri konsepnya sendiri seru, di mana si cowok yang banyak melakukan kesalahan ke Miku dibawa ke persidangan untuk dihakimi atas perbuatannya. Seru memerhatikan bagaimana nasib cowoknya selama MV-nya berlangsung. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

kz(livetune) feat. Hatsune Miku – Redial

  • Saya sangat menyukai lagu Hatsune Miku buatannya kz. Ada sesuatu yang ciri khas dari tuning vokal Miku yang selalu dia gabungkan dengan autotune. Ketika pertama kali melihat MV “Redial“, MV-nya sangat menarik karena setiap frame dari MV-nya bisa jadi wallpaper desktop. Top markotop juga buat Takashi Murakami selaku sutradara dari MV-nya sendiri. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

ryo (supercell) – メルト (Melt) ft. Hatsune Miku

  • Lagu ini merupakan salah satu lagu yg membuat saya terjun ke Vocaloid selain “Double Lariat” dan “Iarufanclub”. Meskipun dulu saya tidak terlalu memperhatikan siapa komposer dibalik lagu vocaloid tersebut. Aransemennya sendiri bisa membuat baper yang mendengarnya jika diputar pada saat yang tepat seperti pada saat akhir dari konser Miku Expo Indonesia pada tahun 2014 silam. Walaupun bakal dibilang wibu tua, saya rasa lagu ini adalah relik klasik yang dapat dinikmati oleh semua generasi saat ini. (Dean Astarada – Media Sosial)
  • STM. This song is one of the reason that makes me into weebs I am right now (Shofa Pranata – KAORI Newsline)
  • Kalau lagu Vocaloid yang timeless, saya bakal bilang “Melt”. Dulu waktu pertama kali mendengarkan lagunya pada saat SMP, pas waktu itu saya masih sangat muda sekali. Lagu ini menjadi salah satu lagu pengantar saya ke dunia Vocaloid. Sekarang jika mendengarkan di umur 20 ke atas juga pun jadi berasa muda lagi. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)
  • Kalau bicara Miku, pasti ingetnya sama Melt karena lagu inilah yang menemani saya di masa-masa awal menjadi wibu di era 2010-an silam. Waktu itu awal-awal banget tahu Miku dan Vocaloid dari temen-temen cosplayer, mulai dikasih-kasih lagunya dan satu lagu yang jadi favorit banget di masa itu adalah Melt. Lagu ini jadi favorit karena memang saya suka banget sama alunan musiknya dan vokalnya juga bagus sehingga mampu membawa emosi menjadi larut saat mendengar lagu ini. Hampir susah menahan keinginan untuk karaoke jika sudah mendengarkan lagu Melt sih. (Rafly Nugroho – KAORI Newsline)

kz(livetune) feat. Hatsune Miku – Last Night, Good Night

  • Mungkin ini salah satu lagu Miku buatan kz yang sangat “emoi”. Jika mendengarkan lagu ini setiap malam, rasanya seperti mengawang – ngawang. Tuning Miku di sini juga dibuat long notes semua jadi vokalnya jadi berasa sangat “manusia”. Terakhir, yang saya suka dari lagu ini adalah artwork buatannya redjuice juga ditampilkan di MV-nya. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

kz(livetune) feat. Hatsune Miku – Tell Your World

  • Ini lagu paling bermakna yang pernah dibuat oleh kz, karena lagu ini sendiri mempunyai makna mendalam bagaimana Miku atau Vocaloid pada umumnya menjadi jembatan semua orang, baik dari produser, illustrator, bahkan para penggemar dan semua orang. Dan ternyata kekuatan pesannya memang nyata, di mana jika kita mengingat lagu Hatsune Miku, Tell Your World termasuk salah satu lagu yang selalu masuk ke benak orang – orang. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

kz(livetune) feat. Hatsune Miku – Hand in Hand

  • Ini lagu “emoi” kz selanjutnya. Lagu ini sebenarnya dibuat untuk lagu tema Magical Mirai 2015, tapi dari liriknya sangat “emoi” agar semua orang untuk bergandengan tangan dalam keadaan apapun. Jadi salah satu lagu favorit di playlist saya kalau mendengarkan lagu – lagunya kz. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

ryo(supercell) – ODDS&ENDS (feat. Hatsune Miku)

  • Lagu ini benar-benar emosional, mulai dari aransemen lagu yang diproduseri oleh produser legendaris ryo(supercell) hingga lirik lagunya yang super bikin “emoi….” Salah satu lagu yang membawa saya mencintai lagu-lagu gubahan ryo hingga sekarang. (Keinda D. Adilla – Indonesia Anime Times)
  • Mungkin ini lagu supercell yang paling emosional yang pernah saya dengar. Arti lagunya sangat mendalam, dari cerita bagaimana para kreator musik yang ingin berkarya, menjadikan Hatsune Miku sebagai jembatan yang menghubungkan semua orang, baik itu komposer, illustrator, maupun para penggemar, dan bagaimana sebagian orang meninggalkan Miku ketika sudah mencapai tujuannya.
    Keseluruhan lagu ini menggambarkan bagaimana hubungan orang – orang dengan Hatsune Miku. Dan saya ingin menjadikan lagu ini sebagai peningat bagi saya tentang sosok Hatsune Miku yang bisa dibilang sudah banyak mengubah hidup saya menjadi lebih baik. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

PinocchioP feat. Hatsune Miku – Arifureta Sekai Seifuku

  • Ini salah satu lagu PinocchioP favorit saya. Lagunya catchy dan saya sangat suka tuning Hatsune Miku Append Dark yang ia arransemen. Ada berbagai insight menarik juga dari lirik beserta MV-nya karena lagu ini bercerita tentang Miku ingin cast out dari semua orang karena ia khawatir semua orang di sekitarnya, bahkan semua orang, sama dengan yang lainnya sehingga tidak ada yang “unik”. Ia kemudian berubah bentuk pada akhir video. Ada juga yang berteori kalau lagu ini tentang dunia yang semakin rusak, dll. Terlepas dari semua teori, memang saya menyukai gaya PinocchioP dalam menulis lirik lagu selalu open interpretation dan lagu Arifureta Sekai Seifuku salah satunya. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)
  • Berawal dari satu komunitas odottemita yang membuat troll dance memakai lagu ini, akhirnya malah jadi ketagihan buat dengerin lagu ini kalau suasananya sepi di tengah cuaca setelah hujan turun yang membasahi jalan dengan setting audionya yang memakai efek suara bergema. (Aldin Firgiawan – KAORI Newsline)

DECO*27 (Remixed by TeddyLoid Allies) – Otome Kaibou (feat. Hatsune Miku)

  • Walaupun memang versi original-nya sudah oke punya, saya ingin meng-highlight remix lagu ini dari TeddyLoid. Remix lagu yang satu ini menambah prespektif baru ke lagu ini dengan mix yang khas dan drop yang sangat hype. Menurut saya sih lagu ini cocok sekali untuk dibawa ke acara dugem. (Keinda D. Adilla – Indonesia Anime Times).
  • Tentu aja karena lagu ini ngebeat dan pernah dipakai cover dance Ness from RAB. Selain itu juga lagu ini diremix oleh Giga, salah satu produser vocaloid dengan aransemen yang memang ngebeat semua hehe…. (Reza Lamunedo – KAORI Newsline)

Artikel “Lagu Hatsune Miku Favorit Para Staf KAORI” berlanjut ke halaman selanjutnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.