wowaka feat. Hatsune Miku – Unknown Mother Goose

  • Salah satu produser yang “memperkenalkan” saya kepada Vocaloid adalah wowaka. Beberapa lagu perdana Vocaloid yang saya kenal salah satunya “Rolling Girl” buatannya. Tapi yang menjadi paling berkesan bagi saya adalah “Unknown Mother Goose“.

    Ada banyak cerita mengapa lagu ini menjadi paling favorit saya, salah satunya pada fakta bahwa ini lagu Vocaloid merupakan lagu comeback wowaka sekaligus lagu Vocaloid terakhir wowaka sebelun dia meninggal. Bahkan dalam wawancaranya bersama dengan DECO*27, wowaka mengatakan bahwa ketika membuat lagu ini dalam proyek album Hatsune Miku 10th Anniversary, dia memilih judul Unkown Mother Goose karena ia saat ini melihat Miku sebagai sosok “ibu” yang menuntunnya, berbeda dengan citra yang ia lihat ketika masih aktif menjadi produser di bawah 2013 silam.
    Terlepas dari itu semua, ada rasa yang sangat emosional dari lagu Unkown Mother Goose karena berdasarkan pengalaman sendiri, begitu mendengar lagunya membuat saya mengalami instant flashback tersendiri kepada lagu – lagu wowaka yang biasa saya dengarkan ketika masa sekolah. Tuning-nya beda dengan lagu – lagu terdahulu-nya, jadi saya terpikir “Wah, dulu suara Miku yang dia tuning nggak sedalamnya ini suaranya”. Tapi ya sayangnya tidak ada kesempatan lagi mendengarkan lagu Miku buatan wowaka dengan tuning seperti ini karena seperti yang ditulis sebelumnya, wowaka telah meninggal pada 2018 lalu jadi hanya ini lagunya yang tersisa.

    Saya juga suka lagu – lagu wowaka lainnya. Namun, Unknown Mother Goose meninggalkan banyak cerita tersendiri bagi saya (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

「supercell」Hatsune Miku – Hajimete No Koi Ga Owaru Toki

  • Sewaktu awal saya masuk ke dunia jejepangan ini, mungkin lagu inilah yang membuat saya cinta dengan Hatsune Miku. Liriknya mengingatkan  denganmasa muda yang indah, walau kenyataannya masa muda saya pahit. (Reza Lamunedo – KAORI Newsline)

Supercell feat. Hatsune Miku – Black Rock Shooter

  • Tentu saja semua yang mendengarkan lagu ini mengira Hatsune Miku adalah pemeran utama dari gim Black Rock Shooter di masa lampau, saya pun juga begitu. (Reza Lamunedo – KAORI Newsline)

Yurrycanon – Odoryanse(ft. Hatsune Miku & GUMI)

  • Sebagai penggemar baru dari The Binary, saya pun menyelam lebih dalam ke sosok pengaransemen salah satu lagunya yang cukup terkenal, yakni “Hana ni Ame O, Kimi no Uta O”. Ternyata lagu yang diciptakan sangat bagus dan berirama sama semua dengan lagunya yg lain. Salah satu contohnya adalah “Odoryanse” (Reza Lamunedo – KAORI Newsline)

doriko feat. Hatsune Miku – letter song

  • Ini lagu Miku paling spesial yang pernah saya dengarkan. Saya selalu menangis tiap kali mendengarkan lagunya, karena ketika saya mendengarkan lagu ini pada saat SMA saya kira lagu ini tentang romance lovey-dovey pada awalnya. Namun, ternyata lirik sebenarnya adalah tentang time capsule, tentang apa saja yang sudah berubah selama sepuluh tahun ini. Jika bercerita tentang kenangan apa saja selama 10 tahun ke belakang, wah rupa – rupa isinya. Ada sedih ada juga yang bahagia. Sudah banyak bertemu orang tapi pernah juga kehilangan banyak orang, beberapa pemandangan yang saya lihat dulu bahkan saat ini sudah berubah, bahkan kenangan ketika pertama kali bertemu Vocaloid. Rasanya waktu pertama kali bertemu masih jadi anak SMP belia dan sekarang sudah menginjak usia diatas 20 ke atas.Saya bisa dibilang sangat berterima kasih dengan doriko selaku produser yang menulis lagu ini karena dengan ini saya bisa melihat apa saja yang berubah dari hidup saya dan bisa bersyukur darinya, bahwa saat ini saya masih hidup agar bisa meningat kembali apa yang terjadi dalam hidup 10 tahun ke belakang. Oleh karena itu, “letter song” lagu paling spesial yang pernah saya dengar selama hidup. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

Jin – Heat-Haze Days / カゲロウデイズ – Kagerou Days

  • TENTU SAJA LAGU INI YANG MENARIK SAYA KE DUNIA JEJEPANGAN YANG KELAM INI. TANPA LAGU INI MUNGKIN SAYA TIDAK AKAN MENJADI PENYUKA JEJEPANGAN INI. INI ADALAH HARTA KARUN. SEMUA ORANG HARUS MENDENGARKAN. INILAH MASTERPIECE! (Reza Lamunedo – KAORI Newsline)

HachiojiP feat. Hatsune Miku – Sweet Devil

  • Saya suka Sweet Devil karena ini lagu jogetnya HachiojiP yang catchy, apalagi waktu dimainkan versi band-nya di Magical Mirai 2013 yang membuat lagunya terdengar lebih mewah. Not to mention kostum Miku yang dipakai juga sangat seksi. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

doriko feat. Hatsune Miku – Uta ni Katachi wa Nai Keredo

  • Ada rasa yang sangat emoi dari lagu ini. Rasa – rasa seperti nostalgik, terutama pada saat pertama kali menemukan lagu ini, ditambah aransemen ballad dari sang produser doriko pada lagu ini. Rasanya kalau mendengarkan lagunya saya ingin saja menangis. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

DECO*27 & sasakure.UK feat. Hatsune Miku – 39

  • Rasanya tidak lengkap bila merayakan Hari Miku tanpa lagu “39”. Lagu ini bisa dibilang sangat sakral dalam dunia Vocaloid larena ada insight tersendiri dari lagu ini dimana angka 39 bila diartikan menjadi “Miku” dari Mi yang berarti 3 dan Ku yang berarti 9. 39 pun juga bisa berarti sankyu yang juga diambil dari arti angkanya. Sankyu sendiri merupakan istilah yang berarti thank you, menjadi arti bahwa lagu ini sebagai rasa terima kasih Miku kepada semua orang yang telah mendukungnya baik para produser, ilustrator, kreator, dan para penggemar. Apalagi durasi dari lagu ini pun 3:39 menit yang menambah identitas tersendiri dari lagu tersebut. Pada akhirnya, 9 Maret menjadi tanggal yang sesuai untuk merayakan Hari Miku dengan lagu tersebut. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

sasakure.UK feat. Hatsune Miku – *Hello, Planet

  • Saya suka lagu ini dan mungkin dari lagu ini juga saya mengenal sasakure.UK. Saya suka lagu-nya yang bernuansa 8-bit, ditambah dengan suara 8-bit Miku yang terdengar sangat cocok dan menjadi identitas Miku tersendiri dalam lagu – lagu sasakure.UK (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

DIVELA feat. Hatsune Miku – Meteor

  • Lagu ini sebuah keajaiban. Saya biasa kenal DIVELA dari remix – remix lagu Vocalaoidnya. Namun, ini lagu nya sangat menarik hati saya. Rasanya ini sebuah lagu pengantar era baru Vocaloid, ditambah lagi bisa dibilang DIVELA merupakan sosok produser baru dalam dunia Vocaloid. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

Otomania – Ievan Polkka (ft. Hatsune Miku)

  • Ini bukan karena saya suka atau apa. Tapi jikalau Anda pernah ikut acara-acara pengembangan motivasi atau pesantren kilat, pasti Anda sudah tidak asing dengan yang namanya senam penguin. Ya, biasanya dengan menggunakan cover Ievan Polkka yang satu ini, kita memulai hari tersebut dengan senam yang satu ini. Lucunya, saya tahu senam penguin duluan dan kemudian baru tahu kalau lagu yang digunakan itu cover-nya Hatsune Miku. (Keinda D. Adilla – Indonesia Anime Times)
  • Alasan kenapa saya memasukkan lagu Ievan Polkka versi Miku sebenarnya bukan karena ini adalah lagu favorit. Lagu ini sebenarnya simpel dan gak neko-neko, sehingga berhasil menggambarkan karakter suara Miku yang cempreng-cempreng imut. Tetapi karena faktor inilah lagu ini berhasil menjadi lagu Hatsune Miku (atau mungkin Vocaloid) paling mainstream. Pernah muncul di iklan, gim rhythm Just Dance, dan for some reason… lagu ini dipakai jadi lagu “senam”. Dan karena hal terakhir lah, lagu Ievan Polkka bisa sampai terdengar tidak hanya di berbagai event jejepangan di kota besar, tetapi hingga ke kalangan “awam” di pelosok desa (ya, serius). (Tanto Dhaneswara – KAORI Newsline

TokuP feat. Hatsune Miku – SPiCA

  • Spica sendiri adalah bintang paling terang di konstelasi Virgo, dan masuk sebagai 15 besar bintang paling terang di luar angkasa. Dari situ saya bisa melihat bahwa lagu ini sangat indah. Dan lagu ini menjadi favorit saya setelah “ARiA” dari produser yang sama, yaitu TokuP. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

ryo(Supercell) – World is Mine

  • Lagu ini, in my very long memory, adalah salah satu lagu Miku yang paling pertama kali saya dengar. Jika kita membahas “lagu vocaloid pertama yang saya dengar”, mungkin jawabannya pastilah berbeda. (Naufal B. Pawenang – KAORI Newsline).
  • Lagu Vocaloid pertama yang didengar. Sebenernya saya dikenalkan dengan Hatsune Miku oleh temen waktu kelas 3 SMA dengan video konser Mikunopolis LA 2011. Pas nonton, lagunya jadi pembuka konser, dan ternyata lagunya asik dengan band pengiring (Andira Indrawan – KAORI Newsline)

DECO*27 feat. Hatsune Miku – Nisoku Hokou

  • Ada banyak lagu Vocaloid favorit dari DECO*27, namun Nisoku Hokou adalah lagu yang paling saya suka. Lagu ini bisa dibilang luar biasa karena dulu ketika memerhatikan liriknya masih belum jelas maksud lagu nya. Namun, beberapa tahun kemudian telah terjawab setelah DECO*27 merilis sekuel dari lagu tersebut dalam versi Reloaded nya. DECO*27 never fails to amaze me (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

doriko – Romeo and Cinderella

  • Salah satu lagu Hatsune Miku yang dicover di game Bandori. Ya, gue budak :9 (Rama VJ – KAORI Newsline)
  • Lagu favorit andalanku tiap main Project Diva di PSP waktu duduk di bangku sekolah dulu. Tiap dengerin lagu ini bawaannya ingin jadi rebel atau tuan putri lol– (Dirman Sugito – KAORI Newsline)

40mP feat. Hatsune Miku – Karakuri Pierrot

  • Ini lagu 40mP yang relaxing tapi sedih juga isinya, soalnya menceritakan depresinya Miku dalam putus hubungan yang menjadikannya “badut” yang malang. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

kz(livetune) feat. Hatsune Miku – Yellow

Lagu ini meskipun judulnya “Yellow“, tapi jika mendengarkannya rasanya sangat ceria dan berwarna. Musik dan lirik dari sang produser kz sendiri isinya membawa kita untuk gembira. Saya selalu mendengarkan lagu ini ketika dalam perjalanan jauh agar tidak jenuh dan monoton. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

Mitchie M feat. Hatsune Miku – Viva Happy

Yang menjadi spotlight dari lagu ini selain karena enerjik, vokal dari lagu ini juga sangat realistis layaknya nyanyian “manusia”. Dan ya, lagu ini cocok untuk joget – joget. Mitchie M memang luar biasa dalam membuat lagu ini. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)


Inilah lagu-lagu Hatsune Miku yang telah dipilih oleh para staf KAORI Nusantara. Apakah #Kaoreaders juga memiliki lagu Hatsune Miku favorit yang belum masuk di artikel ini? Sampaikan komentar Anda di kolom komentar dan juga laman media sosial KAORI!

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.