Gim Lost Saga yang telah berjalan 9 tahun di Indonesia telah menutup layanannya pada tahun 2020 lalu, dengan meninggalkan sejumlah pengalaman dan kenangan yang tak ternilai bagi para pemainnya. Kini Lost Saga kembali dengan kemasan baru yang mengajak para pemainnya untuk bermain kembali. Selamat datang di Lost Saga Origin.

Sebelumnya, gim casual-fighting besutan IO Entertainment ini dibawa kembali ke Indonesia dengan konsep yang jauh berbeda dari Lost Saga yang kita kenal. Gim yang dirilis kembali dengan judul Lost Saga Remastered oleh Gravity Game Link memang sudah dirilis pada tahun lalu. Dengan basis yang masih sama, namun dengan user interface yang berbeda, desain karakter, balancing game, dan fitur yang ditambahkan ternyata kurang berhasil untuk menarik para pemain lama Lost Saga. Tetapi masih dengan publisher yang sama, Gravity Game Link membawa kembali gim orisinilnya ke Indonesia, tentu dengan atmosfir yang lebih kita kenal dan juga nuansa nostalgianya. Lalu apa itu Lost Saga Origin?

Lost Saga Origin adalah gim casual-fighting yang telah kita kenal selama bertahun-tahun ketika masih berjalan di Indonesia. Pada masa CBT, patch gim ini mengikuti update terakhir dari versi asalnya yang dirilis di Korea Selatan, atau yang lebih dikenal dengan Lost Saga Korea. Sehingga hero, gear, mode, balancing, dan fitur-fitur pada gim ini sesuai dengan gim orisinilnya.

User Interface yang familiar

Tentunya kalian tidak bisa melanjutkan progress akun lama kalian di Lost Saga Origin karena gim ini dikemas dengan bungkus yang baru, sehingga seluruh progres, item, level, dan cash telah direset ke nol. Memang itu adalah langkah yang bagus untuk balancing ulang seluruh akun pemain Lost Saga agar hal-hal yang tak diinginkan yang terjadi di masa lampu tak terulang lagi di masa kini. Tentunya reset akun itu tidak menarik jika kita benar-benar bermain dari nol. Lost Saga Origin memberikan sejumlah event yang tak kalah menarik untuk mengajak para pemain lamanya kembali bermain Lost Saga.

Hero baru yang kalian bisa coba di masa CBT

Dengan banyaknya update hero terbaru yang belum dikenali oleh para pemain lama karena adanya time gap setelah penutupan server Lost Saga Indonesia, kita pun bisa mencoba para here tersebut di CBT Lost Saga Origin secara gratis untuk menilai apakah hero ini cocok untuk kita mainkan atau tidak. Selain dengan mencoba hero-hero terbaru, kita diberikan 1.500.000 Gold (Mata Uang Cash di LSO) untuk menjajal berbagai hero, gear, dan item in-game yang belum pernah kita gunakan sebelumnya, walau nantinya semua itu akan direset kembali ketika Lost Saga Origin dirilis secara resmi di Indonesia. Tetapi, bonus cash tersebut berhasil menarik para pemain lama yang ingin merasakan nuansa nostalgia di gim ini. Selain event-event CBT yang menggairahkan semangat kembali bermain, nantinya akan diberikan sejumlah puluhan hero permanen dari beberapa event yang diadakan oleh Lost Saga Origin. Memang memulai semua progress dari awal itu penuh dengan tantangan, tetapi lebih baik lagi ketika para pemain diberi sebuah doping agar bisa bersaing di medan perang gim ini.

Progres yang membuat gim ini semakin seru

Untuk mekanis permainannya masih sama dengan gim pendahulunya, di mana swapping hero masih bisa digunakan untuk menggunakan kombo antarhero lainnya. Selain itu, untuk beberapa item gear pasifnya mengalami perubahan dengan adanya gauge yang bertujuan untuk balancing antara hero satu dengan hero lainnya. Setelah itu juga banyak efek baru yang memberikan debuff atau buff pada lawan yang tentunya bisa di-counter oleh beberapa gear evade khusus.

Bagi kalian yang lebih menyukai bermain dengan satu hero, kalian masih bisa menghajar musuh dengan beberapa hero yang bisa melakukan kombo secara individual. Tetapi mengingat ada beberapa hero yang sudah di-nerf dan di-reform maupun evolution, mungkin pengalaman yang diberikan agak berbeda ketika para pemain lama bergabung ke dalam permainan. Sayangnya, hero Premium (hero kolaborasi) sudah dihapus dari toko dikarenakan lisensi mereka sudah lama habis seperti gim pendahulunya, sehingga kita tidak bisa mencoba kembali Hazama dari Blazblue, Jin Mori dari God of Highschool, Mai Shiranui dari King of Fighters, atau bahkan hero Assasin dari gim Dragonest.

Hero Agent

Mode yang ditawarkan di Lost Saga Origin masih sama dengan versi orisinilnya, tanpa penghapusan mode-mode yang ikut meramaikan pemainnya. Mode Faction War dan Ladder pun masih ada untuk para pemain yang ingin bermain secara kompetitif. Dengan memilih peran sebagai faksi Orde atau Legiun, para pemain harus memenangkan permainan sebanyak mungkin untuk menambahkan poin pada masing-masing faksi, yang nantinya akan diakumulasi pada setiap pertengahan bulan untuk penetapan peringkat dan hadiah pada guild yang bersangkutan.

Untuk opsi grindingnya, pemain bisa melakukan grinding tradisional pada mode Raid dan Dungeon untuk mendapatkan exp yang melimpah, atau opsi AUTO GB KP (DEATHMATCH)/(POWERSTONE) yang memang opsi ini tidak banyak pemain yang tahu karena lebih dikenal oleh para pemain veteran. Selanjutnya untuk para pemain yang bermain secara casual tetapi tidak ingin kehilangan peringkatnya, bisa bermain mode Tawanan 1 vs 1 pada map Flat Cube, atau bermain secara tim 3 vs 3 pada map Matrix. Tanpa melupakan para pemain yang ingin bersantai saja dan ingin mengobrol bersama dengan orang lain, fitur Plaza yang memang didesain seperti lobby publik pada gim lainnya masih dihadirkan oleh Lost Saga Origin.

This slideshow requires JavaScript.

Sedikit opini untuk gim Lost Saga versi orisinil atau Origin, sebenarnya gim Lost Saga adalah gim yang sangat bagus secara konsep, mekanis, dan desain. Tetapi karena mengusung mekanik RPG yang bisa menaikan level dan status heronya, gim ini secara perlahan mulai kehilangan keseimbangannya antara hero satu dengan hero lainnya. Dan juga seiring updatenya gim ini, mulai banyak hero dan gear baru yang powercreep-nya sangat-sangat kuat dibandingkan dengan gear lama. Sehingga pemain yang ingin bertahan di gim ini mau tidak mau harus benar-benar mengikuti pace gim Lost Saga ini.

Hal tersebut semakin terasa pada waktu dirilisnya hero Unique yang membuat keseimbangan pada gim ini sudah berat sebelah. Hero Unique adalah tipe hero dengan tier paling atas di antara hero lainnya yang memiliki harga sangat mahal dan harus dibeli dengan mata uang asli untuk bisa memainkan hero terkuat ini. Bisa dibilang hanya dengan hero Unique kita bisa mengalahkan seluruh hero-hero lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika kalian bermain secara kasual, kalian akan bertemu musuh yang bisa menggunakan skill di awal permainan, ataupun bisa membuat kalian emosi karena dikalahkan di 30 detik pertama karena perbedaaan status, level, dan hero. Jadi jika kalian ingin berusaha untuk kompetitif di gim ini mau tidak mau harus mengikuti pace dari gim ini.

Gim Lost Saga Origin adalah gim casual-fighting yang fenomenal di masa lampau, di mana gim ini hadir pada zaman gim warnet tengah berjaya. Namun dengan mulai redupnya gim-gim online yang telah berkibar lama di tanah air ini, mampukah gim Lost Saga Origin sebagai gim dengan basis komputer ini bersaing dan mengembalikan kejayaannya di era sekarang di mana para pemain lebih menyukai gim smartphone? Untuk kalian yang ingin bermain silahkan langsung daftar dan download saja di website resminya di Lost Saga Origin.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.