Berburu Shiny Pokemon di Set Terbaru Pokemon TCG Indonesia: Koleksi VMAX Berkilau

0
pokemon tcg vmax berkilau

Pokemon TCG Indonesia kembali merilis produk set kartu terbarunya dengan nama “Koleksi VMAX Berkilau”. Set ini dirilis pertama kali pada tanggal 21 Maret 2021 dan kini sudah bisa didapatkan di berbagai LGS (Local Game Store) yang ada di Indonesia. Set ini menjadi set ke-2 dari Pokemon TCG Indonesia di era Pokemon generasi ke-8 Sword & Shield.

Hadirnya Shiny Pokemon di Set Pokemon TCG Indonesia

pokemon tcg vmax berkilau

Dalam setiap set yang dirilis Pokemon TCG Indonesia selalu menghadirkan hal yang baru kepada para pemain maupun kolektor dari permainan kartu ini. Seperti namanya, kali ini set Koleksi VMAX Berkilau menghadirkan tambahan jenis kartu baru, yaitu Shiny Pokemon. Bisa dibilang inilah pertama kalinya kartu Shiny Pokemon muncul di kartu Pokemon versi bahasa Indonesia.

Bagi pemain game Pokemon di konsol Nintendo tentu sudah tidak asing dengan istilah Shiny Pokemon, sebutan untuk jenis Pokemon yang bisa dibilang sangat langka dan sulit untuk ditemukan. Shiny Pokemon adalah jenis Pokemon dengan warna yang berbeda dari warna biasanya, seperti contohnya Charizard yang biasa berwarna oranye-kemerahan, dalam versi Shiny ia justru memiliki warna hitam-keabu-abuan. Selain memiliki warna yang berbeda, dalam game Pokemon biasanya Shiny Pokemon juga memiliki status yang cukup tinggi dibanding versi biasa. Karena itu mencari dan berternak Shiny Pokemon umumnya menjadi salah satu kegiatan endgame yang dilakukan para pemain game Pokemon.

Charizard versi Shiny di game Pokemon

Untuk di permainan TCG Pokemon sendiri, Shiny Pokemon bisa dikatakan sama spesialnya dengan yang ada di game. Meskipun Shiny Pokemon di TCG memiliki kemampuan yang sama seperti versi biasa (walau warnanya berbeda), bagi para pemain TCG justru ini menjadi hal yang dicari. Sudah bukan rahasia lagi bahwa TCG adalah hobi yang tidak hanya bisa dimainkan saja, tetapi juga bisa menjadi koleksi dan bahkan bagi sebagian orang menjadi investasi. Umumnya kartu dengan versi khusus atau edisi spesial menjadi kartu yang memiliki value lebih. Untuk itulah di TCG Pokemon salah satu kartu yang terbilang sangat spesial adalah kartu Shiny Pokemon. Namun seperti halnya di game, kartu Shiny Pokemon ini terbilang sangat langka untuk ditemukan di set Koleksi VMAX Berkilau ini. Illustrasi spesial dengan tingkat kelangkaan yang sangat tinggi menjadikan harga kartu Shiny Pokemon semakin tinggi di secondary market.

Ada Juga Amazing Rare, Lho!

Kejutan lainnya yang dihadirkan oleh Pokemon TCG Indonesia di set Koleksi VMAX Berkilau adalah kartu dengan rarity Amazing Rare. Selain kartu Shiny Pokemon, di set ini pemain juga bisa menemukan sekumpulan Pokemon legendaris spesial yang hadir dalam bentuk kartu Amazing Rare. Kartu Amazing Rare memiliki hologram yang berbeda dibanding hologram biasanya, sehingga tentu saja kartu ini bisa menjadi target untuk dikoleksi.

pokemon tcg vmax berkilau

Tidak hanya memiliki hologram dan art yang berbeda, kartu Amazing Rare juga memiliki satu mekanisme yang unik. Masing-masing kartu Amazing Rare ini membutuhkan 3 energi berbeda untuk mengaktifkan serangannya. Umumnya deck Pokemon TCG adalah deck dengan tipe fokus 1 jenis energi atau kombinasi 2 jenis energi, meskipun ada juga beberapa deck yang menggunakan strategi 3 jenis energi. Menggunakan kombinasi 3 jenis energi berbeda dalam satu deck biasanya menambah sedikit kerumitan dalam deck yang digunakan. Namun, kartu Amazing Rare memiliki serangan dengan 3 energi berbeda memiliki serangan yang terbilang kuat. Selain itu, semua kartu Amazing Rare adalah Pokemon dengan tipe Basic sehingga pemain bisa langsung menggunakannya dari tangan. Menambah kerumitan deck untuk 3 tipe energi agar bisa mengeluarkan serangan dan taktik yang luar biasa tentu sangat menarik untuk dicoba.

Salah Satu Set yang Cukup Unik Selama Ini

Set terbaru Pokemon TCG kali ini mungkin menjadi salah satu yang cukup unik, karena sesuai namanya set Koleksi VMAX Berkilau ini penuh dengan kartu yang berkilau, mulai dari Shiny Pokemon, Amazing Rare hingga jaminan adanya satu kartu hologram di setiap pack. Namun sayangnya, hal ini justru datang dengan pengurangan jumlah kartu di tiap pack. Jika di set sebelumnya dalam satu booster terdapat 5 kartu, kali ini dalam satu pack hanya berisi 4 kartu saja tanpa adanya kartu energi, cukup sama dengan apa yang ada di set Tag Team.

Pengurangan jumlah kartu yang didapatkan dalam satu pack ini tentu sangat disayangkan meningat harga jual tiap booster juga tidak berubah, namun jumlah kartu yang didapatkan justru berkurang. Tambahan slot hologram juga seakan tidak terlalu menjadi insentif yang sepadan dengan pengurangan jumlah kartu. Karena tidak semua kartu hologram memiliki value yang sama, baik untuk dimainkan ataupun dikoleksi jika dibandingkan dengan kartu Shiny Pokemon dan Amazing Rare. Meskipun kedua kartu tersebut masuk ke dalam slot hologram, namun tetap saja chancenya sangat langka untuk mendapatkannya.

Terlepas dari hal tersebut, satu hal yang patut diapresiasi dari perilisan Koleksi VMAX Berkilau adalah ritme update-nya yang mulai terjaga. Saat awal rilis Pokemon TCG Indonesia bisa dibilang memiliki ritme update yang sangat cepat, mengejar tiga tahun era TCG Sun & Moon hanya dalam satu tahun saja. Hal tersebut membuat dalam setiap set yang dirilis hanya beberapa kartu saja yang mendapat spotlight. Beberapa kartu yang sebenarnya sempat menjadi spotlight di versi Jepang maupun Inggris menjadi kurang diminati karena kartu yang bisa dikatakan jauh lebih kuat dirilis dalam satu set yang sama dengan kartu tersebut.

Pokemon TCG era Sword & Shield sendiri bisa dibilang baru berusia 1 tahun lebih sejak pertama kali rilis di versi Inggris maupun Jepang. Hal tersebut membuat perilisan set versi bahasa Indonesia juga menjadi lebih “teratur”, tidak terlalu ngebut karena pada dasarnya set yang dirilis di versi bahasa Indonesia memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari versi bahasa Inggris maupun Jepang dan ritme update-nya yang cukup setara. Sebenarnya saya sangat berharap era Sword & Shield ini benar-benar bisa membawa permainan TCG Pokemon menjadi lebih variatif dengan banyaknya kartu dan strategi yang bisa menjadi spotlight, tidak seperti era Sun & Moon yang sangat saturated dengan satu-dua kartu dan strategi saja yang bisa digunakan.

Selain itu, saya pribadi juga menganggap mekanisme Pokemon V dan VMAX di era Sword & Shield jauh lebih seimbang dibanding mekanisme GX dan Tag Team GX yang bisa dikatakan sedikit agak chaotic. Karena itu, saat ini adalah waktu yang cukup tepat jika teman-teman membuka beberapa booster Koleksi VMAX Berkilau dan V Starter Deck Teman, baik untuk membuat deck yang kuat ataupun sekadar menambah koleksi. Saat ini kita masih berada di tengah pandemi. Jika memang memungkinkan tetaplah menjaga protokol saat bermain Pokemon TCG Indonesia di LGS favoritmu.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.