BAGIKAN

shirobako poster

Sebuah Anime dari Jepang kembali mengangkat temadunia anime, kali ini menampilkan kehidupan staff sebuah studio anime. Shirobako yang mengudara sejak 9 Oktober 2014 ikut meramaikan daftar anime yang tayang pada Musim Gugur ini. Anime ini diproduksi oleh studio P.A. Works, dengan Tsutomu Mizushima sebagai Sutradara dan Michiko Yokote sebagai Penulis Cerita.

 

Advertisement Inline

Shirobako 1

Kiri-Kanan: Misa Tōdō, Misa Tōdō, oi Miyamori, Midori Imai, Shizuka Sakaki

Shirobako memiliki cerita yang berpusat kepada 5 orang perempuan yang berkarir di dunia pembuatan anime. Kelimanya yaitu Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Shizuka Sakaki, Misa Tōdō, Midori Imai. Mereka adalah teman-teman satu klub animasi ketika masih duduk di bangku SMA. Waktu bergulir selama dua setengah tahun dan cerita lalu berpusat kepada perjalanan karir mereka yang berbeda-beda. Aoi menjadi Asisten Produksi di sebuah studio Mushashino Animation bersama dengan Ema yang menjadi Animator, Shizuka yang meniti karir sebagai pengisi suara, Misa sebagai staff 3D di sebuah studio, dan Midori yang kuliah dan berencana menjadi penulis skrip. Cerita juga mencakup ketika para tokoh utam menghadapi beberapa cobaan dan tantangan di pekerjaan mereka. Seperti bagaimana Aoi menghadapi perubahan animasi secara mendadak pada episode dibawah tanggung jawabnya, atau dilema yang dialami oleh Shizuka ketika melalui audisi pengisi suara yang juga diikuti oleh pengisi suara terkenal.

shirobako 2

Mengantarkan naskah malam-malam juga tugas seoarang staff, paling tidak begitu menurut Aoi

 

Shirobako 3

Revisi mendadak? Bisa jika dilakukan bersama-sama

Dibawakan secara halus dan tidak terkesan menggurui, anime ini mampu membawakan ketat dan susahnya berkarir di dunia anime. Walau tidak menunjukkan tokoh-tokoh yang depresi secara berlebihan, namun suasana dan perasaan yang dialami oleh setiap karakter mampu dirasakan secara jelas. Ditambah dengan lagu pembuka “Colorful Box” oleh Yoko Ishida dan lagu penutup “Animetic Love Letter” oleh Juri Kimura (Aoi Miyamori), Haruka Yoshimura (Ema Yasuhara) dan  Haruka Chisuga (Shizuka Sakaki) yang memang cocok dengan tema dan suguhan yang diberikan di anime ini. Jadi bagi yang ingin merasakan bagaimana cara kerja orang-orang di “dapur masak” sebuah anime, silahkanlah menonton Shirobako.

 

KAORI Newsline | Oleh Shofa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.