Vtuber Kiryu Coco Mengundurkan Diri dari Hololive

1
kiryu coco hololive
ⓒ 2017-2020 cover corp

Sebuah kabar mengejutkan datang dari agensi virtual YouTuber Hololive. Pada 9 Juni 2021, diumumkan bahwa salah satu anggota vtuber generasi keempat Hololive, Kiryu Coco, akan mengakhiri aktivitas vtubernya dari agensi tersebut pada 1 Juli 2021 mendatang. Hal tersebut diumumkan lewat surat pernyataan resmi yang diunggah oleh Cover Corporation di laman Facebook, Twitter, beserta web resmi Hololive. Sang vtuber sendiri pun mengumumkan hal tersebut lewat siaran terbarunya pada hari Rabu ini (9/6).

Dalam rilis pengumuman tersebut, tidak diterangkan alasan pasti mengapa Kiryu Coco memutuskan untuk undur diri sebagai anggota vtuber Hololive. Akan tetapi, diterangkan bahwa dalam menanggapi kelulusan Kiryu Coco panggung vtuber, pihak staf Hololive akan membuka perpanjangan waktu untuk pengiriman surat penggemar beserta hadiah dari para fansnya. Selain itu, layanan membership beserta konten member-only kanal YouTube Kiryu Coco akan tetap tersedia untuk tiga bulan kedepan setelah pengunduran dirinya.

Perlu dicatat, bahwa layanan penerimaan surat penggemar beserta hadiah kepada Kiryu Coco akan ditutup pada Senin, 14 Juli, 2021. Serta layanan membership dan konten member-only kanal YouTube-nya akan resmi ditutup pada Kamis, 30 September 2021, pada pukul 11:59:59 PM JST atau 21:59:59 WIB.

Sebagai tambahan, dan seperti yang disebutkan oleh Kiryu Coco pada siaran hari Rabu, akan diadakan sebuah siaran terakhir yang akan dilaksanakan pada 1 Juli 2021 pada pukul 20:00 PM JST atau 18:00 PM WIB.

Ⓒ 2016 COVER Corp

Dikenal dengan karakternya sebagai naga dari dunia lain yang jauh – jauh datang untuk belajar bahasa Jepang dan budaya manusia, Kiryu Coco adalah Virtual YouTuber/vtuber yang tergabung dalam agensi vtuber Hololive Production. Ia bergabung sebagai bagian dari anggota generasi keempat bersama dengan Tsunomaki Watame, Tokoyami Towa, Amane Kanata, dan Himemori Luna. Ia memulai debutnya pada 28 Desember 2019, dan hingga artikel ini ditulis kanal YouTube-nya telah mencapai 1,18 juta subscriber. Ia terkadang akrab disapa sebagai “Kaichou” karena kegemaran luar biasanya kepada karakter Kazuma Kiryu dari seri gim Yakuza.

Selama karirnya, Kiryu Coco terkenal sebagai vtuber yang banyak berkontribusi menjembatani antara penggemar Jepang dan luar negeri, bahkan sesama vtuber Hololive dari seluruh dunia, berkat program – program siarannya. Salah satu siaran stream-nya yang ditunggu-tunggu adalah AsaCoco, di mana ia memberikan info seputar member hololive selama sepekan yang ditayangkan setiap jam 6 pagi waktu Jepang atau 4 pagi WIB. Selain itu ada Reddit Shitpost Review di mana ia bersama member Hololive lainnya me-review berbagai meme yang dikirim oleh penggemar lewat salah satu sub-forum Reddit (sub-reddit), r/Hololive. Bahkan ia pencetus hype nya gim ARK di kalangan anggota Hololive, sampai – sampai ia membelikan gim ARK: Abberation kepada Roboco, dan ketika hype gim ARK berlangsung, ia biasa menjadi bala bantuan ketika pemain lain mengalami gangguan teknis. Selain itu, ia pencetus sharehouse yang dikenal sebagai “Holohouse” dimana sharehouse tersebut ditujukan agar menjadi tempat tinggal bagi sesama vtuber Hololive.

Tercatat pada tahun 2020, Kiryu Coco telah meraih superchat dengan kisaran 85 juta yen (sekitar 1,1 milyar rupiah) sejak debut pada 2019 lalu. Hal ini menjadikannya vtuber pertama yang meraih superchat tertinggi di kalangan seluruh vtuber di dunia. Meskipun sempat tersandung kontroversi, dukungan baik dari fans maupun sesama anggota Hololive tetap mengalir kepada Kiryu Coco hingga saat ini.

KAORI Nusantara

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.