Berjalan Mendebarkan, Inilah Pemenang Kompetisi IEL University Super Series Season 3

0
Indonesia Esports League

Perhelatan kompetisi Babak Grand Final Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3, kompetisi esports tingkat universitas yang sepenuhnya didukung oleh Tencent Indonesia dan Indonesia Esports Association (IESPA), yang mempertandingkan 2 gim yaitu Dota 2 dan PUBGM dan berlangsung secara online pada 29-30 Mei 2021, berjalan mendebarkan dan berhasil mendapatkan juara unggul pertama Gim Dota 2 yaitu Tim Universitas Diponegoro. Posisi juara kedua dimenangkan oleh Tim Universitas Surabaya, juara ketiga oleh Tim Universitas Gadjah Mada dan juara keempat oleh Tim BINUS University. Sementara itu, Tim Telkom University berhasil meraih posisi unggul      sebagai juara pertama pada gim PUBGM, diikuti juara kedua yaitu Tim Universitas Surabaya; Tim Universitas Tanjungpura sebagai juara ketiga; Tim UPN Veteran Jatim di posisi juara keempat; Tim Universitas Ciputra berada pada posisi juara kelima; Tim Universitas Gunadarma di tempat juara keenam; juara ketujuh yaitu Tim Universitas Kristen Duta Wacana dan juara kedelapan diraih oleh Tim Universitas Andalas. Sebanyak 32 kampus turut berpartisipasi dalam perhelatan kompetisi esports di season 3 ini. “Selamat kepada tim pemenang di setiap pertandingan Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3. Kemenangan tim membuktikan bahwa segala persiapan, perjuangan, serta partisipasi berbagai pihak membuahkan hasil yang membanggakan sekaligus menjadi ruang lahirnya bagi atlet-atlet esports potensial. Semoga bakat dan potensi mereka semakin terasah dengan mengoreksi kekurangan dan meningkatkan kemampuannya agar bisa terus mengukir prestasi unggul di berbagai level kompetisi,” terang Oliver Ye, PUBG MOBILE South East Asia Director.

Seluruh persiapan dari proses pendaftaran, babak penyisihan, hingga babak grand final, perjuangan dan kerja keras para tim sungguh membuahkan kemenangan dan diharapkan dapat menelurkan bakat-bakat dengan prestasi gemilang. “Kami ucapkan selamat kepada para tim pemenang di masing-masing pertandingan kompetisi. Walaupun kompetisi kali ini terselenggara secara virtual, namun seluruh persiapan dan kerja keras para pihak yang terlibat terbayarkan saat kami melihat semangat dan perjuangan para tim mengikuti kompetisi ini mulai dari proses pendaftaran, babak penyisihan, hingga babak grand final. Kami berharap kemenangan para tim di ajang kompetisi Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 dapat memunculkan bibit-bibit unggul yang berprestasi  juga sebagai sebuah kontribusi kami dalam bidang esports di Indonesia,” kata Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

IESPA, salah satu pihak penyelenggara bangga menjadi saksi kemenangan pada Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 dan menegaskan dukungannya untuk gelaran kompetisi esports sehingga dapat memupuk jiwa sportivitas. “Kemenangan para tim di ajang kompetisi Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 adalah suatu kebanggaan berkat kegigihan dan kerja sama tim. Tentunya, kami bangga menjadi saksi dari kemenangan para tim di kompetisi ini. Kompetisi ajang esports seperti ini perlu di gelar secara konsisten sehingga dapat mendukung para pecinta esports disamping memupuk jiwa sportif dan kompetitif secara positif. Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada para tim pemenang”, ujar Eddy Lim, Ketua Umum IESPA.

Sebanyak 4  kampus yang telah berhasil lolos dan maju ke babak Grand Final  untuk Gim Dota 2 yaitu Universitas Diponegoro, Binus University, Universitas Surabaya dan Universitas Gadjah Mada. Adapun tim dari 16 kampus yang berkompetisi dalam gim PUBGM di babak Grand Final adalah Universitas Gunadarma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Pertanian Bogor, Universitas Tanjungpura, Universitas Andalas, Telkom University, Universitas Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bunda Mulia, Universitas Ciputra, Universitas Pendidikan Indonesia, UPN Veteran Jatim, STMIK Pontianak. Para tim kampus yang melaju hingga ke babak Grand Final kompetisi IEL University Super Series Season 3 telah melewati babak penyisihan sebagai penentuan perwakilan dari masing-masing kampus yang telah berlangsung pada bulan Oktober hingga Desember 2020 lalu.  Setelah itu, penyisihan tim kampus dalam babak Group Stage dan Playoff pada Januari lalu.

Tak ketinggalan pula, pengumuman para pemenang kompetisi seperti Ultimate Cosplay Championship, IEL Super Ambassador, Esports Content Creator, Esports Game Master dalam acara Grand Final. Untuk masing-masing pemenangnya dapat dilihat langsung di media sosial dan laman web resmi esportsleagueid. Tujuan terselenggaranya ajang rangkaian kompetisi yang mengusung tema utama “Empowering Passion” ini adalah sebagai bentuk dukungan dengan membuka peluang berkarir di ekosistem Esports bagi para mahasiswa.

Menariknya, gelaran acara Grand Final kali ini berbeda berkat kehadiran para bintang tamu spesial seperti Coki Pardede, Tretan Muslim, Rymot, Akira Kimura, Hiroaki Kato dan Shojo Complex. Secara terpisah, IEL juga mengadakan IEL Masterclass Webinar selama periode Oktober 2020 hingga April 2021 lalu yang dapat ditonton ulang pada platform Vidio. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para mahasiswa seputar karir cemerlang di bidang Esports maupun dalam dunia digital.

This slideshow requires JavaScript.

Kompetisi tahunan di mana tahun ini memasuki season ketiganya, IEL University Super Series mendapat dukungan dari Super Challenge sebagai Official Main Sponsor, Vidio sebagai Official OTT Platform dan Bukalapak sebagai Official E-Commerce Partner. Para sponsor mengucapkan selamat atas kemenangan para tim dan mendukung penuh kemajuan sektor industri kreatif khususnya esports di Indonesia yang terus berkembang pesat terutama ditengah situasi pandemi seperti saat ini disamping sebagai langkah persiapan untuk maju diberbagai tingkatan ajang kompetisi.

“Selamat atas pencapaian kemenangan para tim. Penyelenggaraan kompetisi esports seperti Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 merupakan suatu peluang positif bagi mereka yang ingin menekuni esports dengan harapan dapat memunculkan bakat-bakat potensial berprestasi. Kami berharap dukungan Super Challenge di bidang esport dapat menjadi saluran bagi generasi muda untuk berkiprah tidak terbatas hanya pada menyalurkan hobi gaming namun juga sebagai persiapan pembinaan dini untuk siap menjadi juara di berbagai turnamen esports. Tentunya, kami berharap esports Indonesia dapat semakin berkembang dan berprestasi di kancah dunia,” kata Dhanny Winata Hoeniarto, perwakilan dari Super Challenge.

“Selamat untuk para pemenang. Kami mendukung penuh penyelenggaraan kompetisi esports Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 apalagi dengan perkembangan industri esports saat ini yang menjanjikan. Sebagai sebuah kontribusi di industri esports, Vidio secara konsisten menyediakan konten-konten esports yang menarik dan berkualitas bagi masyarakat khususnya bagi para gamers dan komunitas esports di Indonesia untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka di bidang esports dan secara luas memberikan kemajuan industri esports di Indonesia,” kata Hermawan Sutanto,  Deputy CEO Vidio.

“Partisipasi Bukalapak dalam keseluruhan penyelenggaraan IEL University Super Series season ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Semoga kemenangan dari para tim memacu semangat bagi para gamer dan pecinta game esports untuk dapat menciptakan prestasi gemilang juga sebagai sebuah dukungan untuk memajukan sektor industri kreatif khususnya esports di Indonesia yang terus berkembang pesat terutama ditengah situasi pandemi seperti saat ini,” ujar Erick Wicaksono, VP Marketing Bukalapak.

Penyelenggaran kompetisi esports seperti ini diharapkan dapat membawa angin segar di sektor ekonomi bagi Indonesia dan dapat mengangkat nama Indonesia di berbagai kancah kompetisi esports internasional berkat bekal kesuksesan anak-muda yang sukses menjuarai berbagai macam kompetisi game online salah satunya melalui kejuaraan kompetisi IEL University Super Series Season 3. Apalagi, tawaran peluang lapangan pekerjaan baru di sektor industri kreatif esports ini terbuka lebar jika ditekuni dan diasah sesuai talenta masing-masing.

Walaupun diselenggarakan secara online, seluruh acara kompetisi dipastikan telah mengikuti protokol kesehatan ketat yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai dan sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Tonton ulang kemenangan tim terbaik IEL University Super Series Season 3 di sini. Untuk informasi lebih lanjut dapat disimak di laman www.esportsleague.id.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.