Summer 2021 Anime: The Detective is Already Dead

0
the detective is already dead
(© 2021 Nigojū / Umibōzu / KADOKAWA / Tanmoshi Production Committee)

Sinopsis

Kimihiko Kimizuka merupakan seorang siswa SMP yang selalu dilanda sial setiap harinya. Terjebak di TKP pembunuhan di siang hari dan tidak sengaja melihat transaksi narkoba di malam hari merupakan keseharian seorang Kimihiko. Suatu hari, Ia diculik dan dipaksa untuk mengantarkan paket misterius menggunakan pesawat. Di dalam pesawat, Kimihiko bertemu dengan Siesta, detektif cantik yang sedang memerangi sebuah organisasi penciptaan manusia buatan. Siesta kemudian meminta Kimihiko untuk menjadi asistennya, dan mereka berdua pun berkelana keliling dunia untuk menumpas kejahatan, sampai setidaknya satu tahun yang lalu. Kimihiko Kimizuka kembali menjadi dirinya yang lama, menjalani kehidupan normalnya, karena kini Ia telah berpisah dengan sang detektif yang telah tiada.

Komentar

Resi Wisaksono – KAORI Newsline

Sebagai penggemar cerita detektif, saya langsung tertarik ketika melihat judul anime ini. Sayangnya, dalam episode perdananya yang berdurasi 46 menit, anime ini belum menonjolkan cerita misteri yang berbobot.

Kisah diawali ketika Kimihiko bertemu sosok Siesta di pesawat terbang. Mereka berdua kemudian dihadapkan dengan seorang teroris yang sedang membajak pesawat tersebut. Dalam pertemuan ini, terdapat adegan psikologi yang sering ditemui di serial dan film detektif pada umumnya. Sayangnya, adegan ini hanya ditampilkan sebentar saja. Teroris tersebut ternyata merupakan salah satu anggota organisasi “SPES”, organisasi yang sedang mencoba menciptakan manusia buatan. Ia mampu mengeluarkan tentakel dari telinganya, yang menjelaskan bahwa anime ini juga memiliki genre fantasi di dalamnya. Beberapa menit selanjutnya, adegan didominasi oleh aksi pertarungan antara Siesta dan si teroris. Sebagai penonton yang hanya mengharapkan sebuah cerita detektif, saya justru dikejutkan bukan dengan jalan ceritanya, melainkan kualitas animasi yang disuguhkan selama adegan pertarungan tersebut. Pergerakan Siesta yang luwes, mimik wajah si teroris, dan detail – detail kecil yang ditambahkan membuat adegan pertarungan menjadi sangat intens dan seru.

Dari segi ceritanya sendiri, belum banyak yang bisa dibicarakan, karena menurut saya episode ini merupakan sebuah prolog dari cerita sebenarnya. Dalam 46 menit, penonton dibuat mengerti bagaimana latar dunianya (dunia modern dengan unsur fantasi), dan bagaimana sifat kedua tokoh utama. Sehingga, walaupun penonton mungkin saja masih bingung dengan alur cerita kedepannya, premis ceritanya sendiri sudah tersampaikan dengan baik. Karakter Kimihiko yang pada awalnya menginginkan keseharian yang damai, kemudian keinginan tersebut berubah ketika Ia memutuskan menjadi asisten detektif untuk Siesta. Bagian terakhir dalam episode ini menceritakan bahwa sang detektif, Siesta, telah mati, dan cerita sebenarnya baru saja dimulai.

Anime yang karya aslinya adalah sebuah novel ringan karangan Nigojū ini tidak hanya menyuguhkan adegan aksi dan cerita misteri saja. Unsur – unsur komedi ringan yang menghibur, dan bumbu – bumbu romansa juga turut menghiasi. Karena terdapat genre fantasi di dalamnya, saya tidak mengharapkan cerita misteri yang memutar logika, seperti cerita – cerita dalam seri Sherlock Holmes atau karya lainnya yang serupa. Sebaliknya, cerita misteri ringan dengan kombinasi fantasi komedi ala anime (Siesta memiliki sepatu yang bisa terbang) sepertinya lebih masuk akal untuk diharapkan dalam serial ini. The detective is Already Dead dapat ditonton secara gratis melalui kanal youtube Muse Indonesia.

Fakta dan Data

Judul lain Tantei wa Mō, Shindeiru. 探偵はもう、死んでいる (Jepang)
Karya Asli Novel ringan karya Nigojū
Pengisi Suara Saki Miyashita sebagai Siesta
Shin Nagai sebagai Kimihiko Kimizuka
Ayana Taketatsu sebagai Nagisa Natsunagi
Kanon Takao sebagai Yui Saikawa
Maria Naganawa sebagai Alicia
Saho Shirasu sebagai Charlotte Arisaka Anderson
Takehito Koyasu sebagai Chameleon
Yoshitsugu Matsuoka sebagai Kōmori
Sutradara Manabu Kurihara
Penulis naskah Deko Akao (Carole & Tuesday)
Desain karakter Yosuke Ito (Ōsama Game)
Lagu pembuka Koko de Ikiteru” oleh Mary x jon-YAKITORI
Lagu penutup
Kodou” oleh Kagura Nana
Studio ENGI
Situs resmi https://tanmoshi-anime.jp/
Twitter https://twitter.com/tanteiwamou_
Mulai tayang sejak 4 Juli 2021 (1230 GMT, 1930 WIB, 2130 JST)

 

Screenshot dan Video

Desain karakter Siesta (© 2021 Nigojū / Umibōzu / KADOKAWA / Tanmoshi Production Committee)
the detective is already dead
Adanya unsur fantasi dalam anime ini (© 2021 Nigojū / Umibōzu / KADOKAWA / Tanmoshi Production Committee)
Adegan aksi yang ciamik (© 2021 Nigojū / Umibōzu / KADOKAWA / Tanmoshi Production Committee)
the detective is already dead
Pemandangan kota dalam episode perdana (© 2021 Nigojū / Umibōzu / KADOKAWA / Tanmoshi Production Committee)

KAORI Newsline | Panduan oleh Resi Wisaksono

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.