Salah Satu Komposer Vocaloid, SHIKI Telah Berpulang

0

Kabar duka cita datang dari dunia Vocaloid. Komposer lagu Vocaloid dan juga lagu-lagu untuk rhythm game, yaitu SHIKI telah menghembuskan nafas terakhir pada bulan Juli ini.

Pengumuman tersebut diumumkan melalui status Twitter salah satu kerabatnya sesama komposer, yaitu Void (mourfinale) pada tanggal 18 Juli 2021. Berikut adalah isi tweet-nya:

Mungkin ini pengumuman yang mendadak sekali, tapi aku telah menghubungi dari keluarga beliau (SHIKI) dan setelah berkonsultasi dengan mereka, saya, Void, akan mengumumkan sesuatu. SHIKI telah wafat pada Juli 2021. Keluarganya juga mengatakan mereka telah menyatakan keprihatinan tentang keseriusan banyak orang yang akan melihat pesan ini tentang membuat musik, dan itulah alasan mengapa mereka tidak punya waktu untuk peduli/khawatir tentang kesehatan mereka. Mereka berharap semua orang bisa menjaga diri mereka sendiri dan kondisi kesehatan mereka juga.”

Di pengumuman tersebut Void juga memberitahukan tentang hak cipta musik yang dibuat oleh SHIKI setelah wafat. Pihak keluarga SHIKI  menyatakan “untuk lagu-lagu yang dirilis di situs webnya (atau sebagai karya doujin), tidak ada batasan yang akan dikenakan selama masih dalam lingkup yang wajar”. Lebih lanjut, mereka juga mengatakan bahwa untuk para vokalis dan/atau kolaborator, pihak keluarga mempersilakan mereka untuk bisa menggunakan karyanya dalam rilisannya.

Baca Juga: Penayangan Kamen Rider W di RTV Rehat Sejenak

Namun, untuk karya yang dirilis untuk perusahaan lain, seperti KONAMI, SEGA, TAITO dan NAMCO, pihak keluarga akan menghubungi mereka secara terpisah, jadi mereka berharap untuk tetap ikuti ketentuan yang tercantum dalam kontraknya. Pihak keluarga SHIKI juga mengingatkan untuk tidak menggunakan karya-karya sang komposer jika sang kolaborator belum pernah menandatangani kontrak dengan mereka sebelumnya.

Perlu diketahui SHIKI telah membuat karya di dunia Vocaloid dengan menggunakan vocaloid Hatsune Miku sebagai vokalisnya, seperti SETSUNA, Night☆Ignition, Triangle☆Girl’s Heart, dan ENDLESS DREAM. Tidak hanya itu, SHIKI juga dikenal di kalangan pencinta game rhythm, terutama game simulator BMS maupun game rhythm lainnya, dengan lagu-lagu bergenre artcore dan trance seperti AIR, Pure Ruby, Metatron, SEPHIROT dan Lapis.

Selamat jalan SHIKI, semoga karyamu tetap dikenang sepanjang masa.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.