UI Nihon Fair 2021, 6-7 November 2021

0
ui nihon fair

Universitas Indonesia Nihon Fair 2021 (UI Nihon Fair 2021), atau bisa juga disingkat sebagai UINF 2021, merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB UI) yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menyediakan wadah penyaluran kemampuan tentang Jepang dalam bidang akademik kepada siswa-siswa SMA/sederajat skala nasional.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 November 2021 dengan mengangkat tema Wit can be Attained in Creative Ways, berasal dari konsep hidup orang Jepang yang bernama ikigai “生きがい”, yang memiliki makna pengetahuan dapat diraih dengan berbagai cara. Tema yang digunakan ini ditujukan untuk membuat pendidikan tentang Jepang sebagai sebuah pengetahuan yang berharga bagi para siswa-siswi SMA, dan menajamkan kemampuan maupun pengetahuan mereka dalam bidang akademik.

Acara ini melanjutkan visi dan misi rebranding event UI Nihon Fair 2020, yang telah sukses mengadakan sebuah acara dalam lingkup akademik bagi para pelajar yang memiliki minat dalam studi Jepang, dan kembali untuk membawa berbagai kegiatan akademik ke dunia sebagai sebuah langkah untuk membangun masa depan bidang akademik yang lebih baik lagi untuk dengan menghadirkan berbagai macam acara. Acara-acara tersebut meliputi berbagai workshop, webinar, serta lomba-lomba yang dapat diikuti dan dinikmati oleh berbagai kalangan, baik para siswa/siswi SMA/sederajat maupun para penggemar budaya tradisional Jepang.

Terdapat empat mata acara dan empat kategori lomba yang akan dilaksanakan, di mana acara-acara tersebut meliputi UI Nihon Fair Summit, yakni webinar yang akan diadakan secara eksklusif dan pertama kali di UI Nihon Fair 2021 dengan topik warisan budaya Jepang dan Indonesia; webinar Nihon E Manabe yang akan memberikan informasi terkait belajar di Jepang dengan memperkenalkan berbagai beasiswa ataupun program terkait lainnya; Workshop Origami (melipat kertas) yang akan dilaksanakan di bawah bimbingan seorang guru yang telah terkualifikasi; dan Workshop Karuta (permainan kartu Jepang) untuk mempelajari dan mencoba permainan Karuta dibimbing oleh pemain dan guru yang berpengalaman.

Lomba-lomba yang akan dilaksanakan meliputi lomba pidato, lomba esai, lomba storytelling, serta lomba poster dan komik 4 strip untuk menguji kreativitas dan mengasah keterampilan serta pengetahuan para peserta, di mana tema yang akan diangkat dalam masing-masing lomba akan berhubungan dengan Indonesia-Jepang.

UI Nihon Fair 2021 akan dilaksanakan dengan sistem hybrid, yakni dilakukan secara daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Zoom maupun Instagram, dan juga mengadakan tatap muka skala kecil bagi pihak yang telah ditentukan, demi mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan juga oleh pihak kampus. Peserta dan pihak lainnya dapat tetap mengikuti acara secara daring. Penggunaan sistem ini diharapkan dapat membawa kegiatan akademik ke dalam era baru yang memanfaatkan berbagai platform yang kini tersedia secara daring, dengan demikian memberi kemudahan akses bagi peserta yang tertarik untuk mengikuti acara ini dari seluruh Indonesia.

Informasi lengkap terkait UI Nihon Fair 2021 dapat dilihat pada akun Instagram resmi “@ui.nihonfair”.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.