Menangkap Minat Kebudayaan Jepang di Gelar Jepang UI

4

karaoke-gjui-d1

Gelar Jepang, acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himaja FIB Universitas Indonesia, tahun ini memasuki dekade keduanya. Dalam dua puluh tahun perjalanannya, hari pertama Gelar Jepang tetap ramai didatangi pengunjung yang tertarik dengan kebudayaan pop Jepang dewasa ini.

Pada hari pertama, ada sejumlah kegiatan yang disajikan oleh panitia seperti seminar komik, galeri robot Gundam, dan acara karaoke (menyanyi lagu) yang dinilai langsung oleh juri orang Jepang.

Misalnya turnamen kartu Cardfight Vanguard. Permainan kartu yang digemari anak muda ini diikuti oleh 23 orang peserta, kebanyakan remaja sekolah dan mahasiswa. Menurut Ardiatma, ini adalah kali pertama Gelar Jepang menyelenggarakan turnamen kartu Vanguard.

karaoke-gjui-d3

“Sebelum ini kami menyelenggarakan turnamen Yu-Gi-Oh, namun menyesuaikan dengan permintaan pasar dan tren saat ini, maka Vanguard dipertandingkan untuk kali pertama mulai tahun ini.”

Dalam turnamen dengan hadiah beberapa pak kartu dan playmat ini, Ardiatma mengharapkan kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahun dan menjadi salah satu acara flagship dalam rangkaian Gelar Jepang.

Di sisi lain, perhelatan karaoke pun disambut antusias oleh para pengunjung. Pengunjung memadati auditorium untuk mendengarkan para peserta yang meng-cover lagu-lagu pop Jepang yang mereka sukai.

Gangguan pada tata suara rupanya tidak menyurutkan minat peserta. Meski ada beberapa kasus mik yang tidak berbunyi atau lagu yang sempat terpotong di tengah-tengah, peserta tetap melanjutkan kompetisi menyanyi dengan dukungan para penonton yang setia menonton.

karaoke-gjui-d2

Selain itu, juga diselenggarakan seminar menggambar komik, galeri Gundam, dan rumah hantu yang dapat dinikmati oleh para pengunjung pada hari pertama dan kedua.

Hari ketiga sekaligus hari puncak Gelar Jepang akan dilaksanakan pada Minggu (24/8) mendatang dan dimeriahkan dengan bintang tamu Yun*Chi, artis yang mengisi lagu animasi khas Jepang (anime) seri Log Horizon.

KAORI Newsline | oleh Sudjono Kartosumitra | foto oleh Kevin W

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.